SOAL LATIHAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 1
Soal Pilihan Ganda :
1. Saat akan membuat teks hasil observasi, terlebih dahulu perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teks observasi, seperti….
a. mengetahui objek dengan baik d. melakukan penelitian terhadap objek
b. menilai objek secara keseluruhan e. meneliti objek dengan sesama
c. mengamati objek yang akan diobservasi
b. menilai objek secara keseluruhan e. meneliti objek dengan sesama
c. mengamati objek yang akan diobservasi
2. Berkaitan dengan aspek kebahasaan, dalam pembuatan teks laporan hasil observasi ini harus memperhatikan penggunaan bahasa. Salah satunya memperhatikan penggunaan….
a. kelas kata d. hubungan antarparagraf
b. Paragraf e. keterkaitan antara kata satu dengan lainnya
c. hubungan antarkalimat
a. kelas kata d. hubungan antarparagraf
b. Paragraf e. keterkaitan antara kata satu dengan lainnya
c. hubungan antarkalimat
3. Informasi yang dihadirkan dalam teks laporan adalah hasil dari observasi dan analisis secara….
a. tersusun baik d. terealisasi
b. sistematis e. terarah dan terencana
c. Terprosedur
a. tersusun baik d. terealisasi
b. sistematis e. terarah dan terencana
c. Terprosedur
4. Kegiatan interprestasi lebih memfokuskan dan memprioritaskan pada pengkajian bagian-bagian yang ada dalam sebuah….
a. Teks b. teks deskripsi c. teks narasi d. teks argumentasi e. teks laporan
a. Teks b. teks deskripsi c. teks narasi d. teks argumentasi e. teks laporan
5. Berikut ini termasuk fungsi dari teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan
b. memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, kepustusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan
c. merupakan sumber informasi
d. merupakan bahan untuk pendokumentasian
e. merupakan hasil analisis dari teks laporan
a. memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan
b. memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, kepustusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan
c. merupakan sumber informasi
d. merupakan bahan untuk pendokumentasian
e. merupakan hasil analisis dari teks laporan
6. Berikut ini termasuk jenis-jenis kalimat yang biasa digunakan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. kalimat tanya d. kalimat definisi
b. kalimat simpleks e. kalimat deskripsi
c. kalimat kompleks
a. kalimat tanya d. kalimat definisi
b. kalimat simpleks e. kalimat deskripsi
c. kalimat kompleks
7. Perhatikan teks berikut!
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor. |
Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan tersebut adalah….
a. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
b. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
c. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam.
d. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam.
e. Bencana alam di Indonesia, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
a. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
b. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
c. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam.
d. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam.
e. Bencana alam di Indonesia, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
8. Perhatikan contoh teks eksposisi berikut!
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama. |
Isi teks tersebut adalah siklus….
a. peresapan air d. terjadinya hujan
b. penggumpalan awan e. terjadinya laut
c. penyinaran matahari
a. peresapan air d. terjadinya hujan
b. penggumpalan awan e. terjadinya laut
c. penyinaran matahari
9.Perhatikan teks berikut!
Pemerintah akan memberi bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakan. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 Juta. Warga yang rumahnya rusak sedang akan mendapatkan bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dan pengawasan dari pihak LSM. |
Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi….
a. Proses b. klasifikasi c. ilustrasi d. perbandingan e. laporan
a. Proses b. klasifikasi c. ilustrasi d. perbandingan e. laporan
10. Perhatikan teks anekdot berikut!
Pada teks tersebut yang termasuk struktur koda adalah….
a. Seorang tua tengah mengembalakan keledainya di padang rumput.
b. Tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh.
c. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan.
d. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua.
e. Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
a. Seorang tua tengah mengembalakan keledainya di padang rumput.
b. Tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh.
c. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan.
d. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua.
e. Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
11. Suatu paragraf eksposisi yang mempunyai isi mengenai pengertian akan sesuatu hal.
Pernyataan tersebut merupakan definisi dari....
a. eksposisi proses b. eksposisi klasifikasi c. eksposisi pertentangan d. eksposisi definisi e. eksposisi ilustrasi
12. Perhatikan teks berikut!
a. eksposisi proses b. eksposisi klasifikasi c. eksposisi pertentangan d. eksposisi definisi e. eksposisi ilustrasi
12. Perhatikan teks berikut!
Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini mempunyai kandungan berupa minyak asiri dan zat yang sanggup bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga bisa meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan meminum air perasan dari jeruk nipis yang sanggup dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang. |
Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi....
a. teks b. analisis c. berita d. perbandingan e. proses
a. teks b. analisis c. berita d. perbandingan e. proses
13. Salah satu tujuan dari dibuatnya teks anekdot adalah untuk….
a. mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya d. refresing dari berbagai aktivitas
b. menghibur pembacanya e. mengetahui kehidupan manusia sesungguhnya
c. menghilangkan stress
a. mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya d. refresing dari berbagai aktivitas
b. menghibur pembacanya e. mengetahui kehidupan manusia sesungguhnya
c. menghilangkan stress
14. Berikut ini termasuk mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot, kecuali….
a. mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dianggap sebagai karangan utuh (lengkap)
b. mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak dibaca atau dimengerti orang lain
c. mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai
d. mempertanyakan apakah ada paragraph yang menyimpang
e. mempertanyakan apakah ada paragraph yang susah dimengerti
a. mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dianggap sebagai karangan utuh (lengkap)
b. mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak dibaca atau dimengerti orang lain
c. mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai
d. mempertanyakan apakah ada paragraph yang menyimpang
e. mempertanyakan apakah ada paragraph yang susah dimengerti
15. Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek….
a. isinya b. struktur teksnya c. unsur kebahasannya d. makna tersirat e. makna tersurat
a. isinya b. struktur teksnya c. unsur kebahasannya d. makna tersirat e. makna tersurat
16. Berikut ini termasuk struktur teks anekdot, kecuali….
a. abstraksi b. orientasi c. puncak pertikaian d. krisis e. Koda
a. abstraksi b. orientasi c. puncak pertikaian d. krisis e. Koda
17. Salah satu unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks anekdot adalah pertanyaan retoris, yang artinya….
a. pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban c. pernyataan dari tokoh yang mengalami peristiwa dalam cerita
b. pernyataan singkat d. pernyataan umum dari peristiwa e. pernyataan khusus dari peristiwa
18. Perhatikan kalimat berikut!
Di sebuah desa, hiduplah seorang janda dengan anaknya. Hari ini tidak ada kepulan asap di dapur. |
Kalimat tersebut termasuk struktur teks anekdot bagian….
a. abstraksi b. orientasi c. krisis d. reaksi e. koda
19. Perhatikan teks anekdot berikut!
Seorang tua tengah menggembalakan keledainya dipadang rumput, tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua. “Lalu apa peduliku dengan siapa yang akan ku layani? Toh bebanku sama saja.” Si Tua pun berlari meninggalkan keledai. |
Konjungsi yang digunakan pada teks tersebut adalah….
a. tetapi dan sedangkan d. tiba-tiba dan meskipun
b. sedangkan dan tiba-tiba e. tiba-tiba dan tetapi
c. tetapi dan namun
20. Susunan anekdot berikut ini yang sesuai dengan strukturnya yaitu...
1. Bu guru pun tersenyum
2. Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu guru di depan kelas.
3. Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
4. Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
5. Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.
6. Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
1. Bu guru pun tersenyum
2. Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu guru di depan kelas.
3. Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
4. Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
5. Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.
6. Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
a. 1-2-3-4-5-6
b. 2-4-5-3-6-1
c. 2-4-3-5-1-6
d. 1-2-4-5-3-6
e. 3-2-1-4-5-6
ESAI
21. Jelaskan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam membuat teks laporan hasil observasi!
22. Sebutkan berbagai ciri kebahasaan dari teks laporan hasil observasi!
23. Apa yang dimaksud dengan anekdot?
24. Sturuktur bagian apa saja yang terdapat pada teks anekdot? Jelaskan!
25. Pada teks eksposisi mempunyai struktur bagian, tulislah struktur bagian teks eksposisi tersebut
Demikian Contoh Soal Materi Bahasa Indonesia Semester 1
Semoga dapat membantu.
No comments:
Post a Comment