Thursday, October 1, 2020

SOAL PG TEKS ANEKDOT KELAS X SEMESTER 1

 

SOAL PG TEKS ANEKDOT KELAS X SEMESTER 1


1. Perhatikan struktur  anekdot :

(1) Koda

(2 ) Krisis

(3 ) Abstraksi

(4) Reaksi

(5) Orientasi

Urutan struktur teks anekdot yang tepat adalah ….

A. 3-5-4-2-1                      D. 3-2-4-5-1

B. 3-5-2-4-1                      E. 3-4-2-5-1

C. 3-4-5-2-1

 

2. Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah….

A. Struktur teks orientasi-krisis-reaksi            

B. Memiliki pesan moral                      

C. Memiliki unsur lucu

D. Berbentuk cerita

E. Menggelitik

 

3. Berikut ini yang termasuk unsur kebahasaan kecuali ...

A. Konjungsi menyatakan yang menyatakan hubungan waktu

B. Kalimat retoris

C. Kalimat tanya

D. Kata kerja aksi

E. Kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu

 

4. Bacalah teks anekdot tersebut!

Kisah Pemulung

Pada siang hari di sebuah kompleks perumahaan yang kelihatan mewah terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak Pemulung. Masalah yang mereka debatkan adalah hal remeh yaitu di lingkungan perumahan itu, memang sudah banyak ditempel papan dengan tulisan “Pemulung Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada pemulung yang tidak menaati aturan tersebut.

Pak RT     : “Pak sedang cari apa di tempat sampah itu?”

Pemulung :“Ya, sudah tentu cari barang bekas atau botol plastik yang dapat didaur ulang.”

Pak RT  : “Maaf ya Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu gerbang perumahan ini, tidak?”

Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”

Pak RT  : “Di papan itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di perumahan ini?”

Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca tulisan yang   di papan itu, tentu saya tidak akan jadi pemulung, Pak!”

Pak RT kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia tidak bisa baca papan larangan pemulung.

 

Dari teks anekdot di atas, makna tersiratnya adalah...

A. Masih banyak orang miskin di sekitar kita!

B. Pemulung dilarang masuk!

C. Banyak pemulung yang tidak menaati peraturan.

D. Ternyata angka buta aksara disekitar kita masih banyak.

E. Teranyata masih banyak pemulung disekitar kita.

 

5. Dari teks anekdot di atas, konjungsi yang menyatakan hubungan waktu adalah ...

A. Kemudian                

B. Dan                        

C. Yang

D. Dengan

E. Di

 

Perhatikan teks di bawah ini !

 

(1) Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200 selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $200 ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll –nya. (4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai Roll Royce perlu pinjaman $200 lalu jawabnya, “Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10? “ (5) Si petugas melongo dan sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce.

 

6. Orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat ….

A. (1)                          D. (4)

B. (2)                          E. (5)

C. (3)

 

7. Bagian krisis pada teks anekdot tersebut adalah …

A. Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan menjaminkan mobilnya.

B. Seorang pemilik Roll Royce meminta bank menahan mobilnya sampai utangnya lunas.

C. Seorang pemilik Roll Royce membayar utang dan mengambil mobilnya.

D. Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan menitipkan mobilnya dengan cara menjaminkan mobil tersebut.

E. Seorang pemilik Roll Royce memberikan jawaban yang membuat si petugas bank melongo dan tertawa.

 

Perhatikan teks di bawah ini !

 

Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Ali bertanya pada dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?” Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Ali!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar si Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.

 

8. Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian …

A. Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana.

B. Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.

C. Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara.

D. Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad.

E. Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawab pertanyaan dosen.

 

9. Arti istilah ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks tersebut adalah ….

A. Setiap perkara dikenai biaya

B. Setiap perkara dapat ditindaklanjuti dengan uang

C. Setiap perkara dapat diselesaikan dengan uang

D. Setiap perkara tidak dapat diuangkan

E. Setiap perkara tidak dapat diselesaikan

 

10.  Makna tersirat pada teks anekdot di atas adalah...

A. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana.

B. Mengkritik Bapak dosen sedang memberikan kuliah hukum pidana.

C. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.

D. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap.

E. Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP.

 

11. Yang bukan termasuk partisipan dalam teks anekdot di atas adalah ...

A. Dosen                        

B. Ali                                

C. Ahmad

D. Mahasiswa

E. Saudara Ahmad

 

12. Teks anekdot berjudul KUHP terdapat kritikan dalam kalimat ...

A. Apa kepanjangan KUHP, Pak?

B. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!

C. Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan

D. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan  kepala  seraya  menambahkan pertanyaan kepada  Ahmad

E. Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas

 

Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama!

 

Holmes dan Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi . Di tengah malam, Holmes terbangun dan membangunkan Watson. “Watson,” katanya,”Lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat.” “Saya melihat jutaan bintang, Holmes,” kata Watson.

“Dan apa kesimpulannya, Watson?”

Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya, “ Berdasarkan astronomi, ada jutaan galaksi dan mungkin milyaran planet. Menurut astrologi, saya mengamati bahwa Saturnus berada di dalam Leo. Menurut horologi, saya menyimpulkan bahwa waktu mendekati tiga seperempat pagi, menurut meteorology, saya kira besok harinya bagus. Menurut teologi, saya lihat bahwa Tuhan Mahakuasa dan kita begitu kecil tak berarti. Menurutmu sendiri apa, Holmes?”

“Watson, tenda kita dicuri orang!”

 

13.  Isi teks anekdot tersebut adalah …

A. Holmes dan Watson sedang berkemah.

B. Holmes membangunkan Watson dan menanyakan sesuatu kepadanya.

C. Watson menjawab pertanyaan Holmas dengan rinci.

D. Watson menguasai beberapa ilmu.

E. Watson tidak menyadari tenda mereka dicuri.

 

14. Dari teks anekdot diatas yang menunjukkan seru adalah ...

A. Dan apa kesimpulannya, Watson?

B. Saya melihat jutaan bintang, Holmes

C. Lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat

D. Watson, tenda kita dicuri orang!

E. Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya

 

Bacalah susunan teks anekdot berikut ini dengan saksama!

(1) “Kita sudah memenuhi permintaanmu.” kata editor itu memberitahu si pengarang.

(2) Artikel itu disertai dengan sepucuk surat dari pengarangnya : “Atur saja pemberian tanda bacanya dengan benar dan terbitkan seluruh ceritanya.”

(3) “Tapi di waktu yang akan datang, silakan kirimkan saja pemberian tanda bacanya. Lalu kita terkenal karena menulis artikel kita sendiri.”

(4) Gondolin, seorang penerbit dan editor yang terkenal dari harian Italia IL Mesagero, menerima sebuah artikel yang agak buruk dari seorang temannya yang sekaligus seorang politikus.

 

15.  Susunan potongan-potongan teks yang tepat hingga menjadi anekdot yang utuh dan padat adalah …

A. (4)-(1)-(2)-(3)                          D. (4)-(2)-(1)-(3)

B.  (4)-(3)-(1)-(2)                         E. (4)-(3)-(2)-(1)

C. (4)-(2)-(3)-(1)

 

Bacalah teks anekdot berikut ini

 

Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.

 

16.  Pada anekdot tersebut, kalimat yang menunjukkan koda adalah …

A. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.

B. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.

C. Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya

D. Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya

E. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi

 

Bacalah teks berikut!

Cuma Takut Tiga Roda

(1) Suatu hari, saat Abdurahman Wahid menjabat sebagai Presiden RI, ada pembicaraan serius yang dilakukan seusai menghadiri sebuah rapat di istana Negara.

(2) Pembicaraan bertopik isu terhangat.

(3) Diketahui, pembicaraan itu mengenai wabah demam berdarah yang kala itu sedang melanda kota Jakarta.

(4) Gusdur pun sibuk memperbincangkan penyakit mematikan tersebut.

(5)“Menurut Anda, mengapa demam berdarah saat ini semakin marak di Jakarta, Pak?” tanya seorang menterinya.

(6) “Ya karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang bemo, becak, dan sebentar lagi bajaj dilarang beredar di Kota Jakarta ini.

(7) Padahal kan, nyamuk sini cuma takut sama tiga roda.”

 

17.  Krisis yang terdapat pada teks anekdot ditunjukan dengan nomor

A. 1 dan 2                      D. 5 dan 6

B. 2 dan 3                      E. 7

C. 4

 

Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!

 

Malik  : “Tuan Abdul, saya sudah cari kemana-mana tetapi saya tidak menemukan kambing  yang punya taduk sejengkal manusia.”

Abdul : “Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat pengumuman keseluruh negeri bahwa kita membutuhkan seekor kambing  yang memiliki tanduk sejengkal manusia untuk disembelih.

 

18. Abstraksi yang tepat untuk kutipan teks anekdot di atas adalah…

A. Pada suatu hari Tuan Malik mencari kambing yang sudah seminggu menghilang.

B. Tuan Abdul membuat sayembara perihal pencarian kambing.

C. Akhirnya kambing itu ditemukan.

D. Tuan malik tidak mencari kambing yang punya tanduk sejangkal manusia.

E. Kemudian Tuan malik dan tuan Abdul bersepakat membuat sayembara untuk mencari kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia.

 

19. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk...

A. Menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata

B. Mempertahankan bangsa agar berpegang tegus terhadap Pancasila

C. Sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis

D. Menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan tersebut

E. Memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan

 

20. Yang termasuk kedalam sifat-sifat anekdot secara umum adalah....

A. Aneh                            D. Nyata

B. Membosankan             E. Nyaman

C. Khayalan

 

21.  Perhatikan teks berikut !

 

Manager               : “Perusahaan kita butuh satpam yang kredibel. Syaratnya harus punya wajah galak, tegas, tak kenal kompromi dan ditakuti orang. Apakah diantara pelamar kerja, ada kandidat yang memenuhi kriteria tersebut ?

Staff HRD           : “Kalau diantara pelamar, tidak ada Pak. Tapi saya punya calon yang sangat cocok dengan kriteria bapak tersebut.”

Manager               : “Bagus. Siapa dia?”

Staff HRD           : “Istri saya, pak”

 

Teks tersebut merupakan teks...

A. Anekdot                     D. Narasi

B. Eksposisi                    E. Dialog

C. Humor

 

Perhatikan teks di bawah !

 

Suatu hari ada tukang roti yang lewat depan rumah, terus teman gue si Enggar manggil. Tidak lama kemudian tukang roti tersebut datang menghampiri kami yang lagi duduk santai di taman depan rumah.

Enggar                 : “Roti apa aja yang ada bang ?”

Tukang Roti         : “Macam-macam, dek.”

Enggar                 : “Yang ini roti rasa apa yah bang ?”

Tukang Roti         : “Yang ini coklat.”

Enggar                 : “Kalau yang ini rasa apa bang ?”

Tukang Roti         : “Ini rasa strawberry dek.”

Enggar                 : “Kalau ini rasa apa bang ?”

Tukang Roti         : “Kalau yang ini rasa nanas dek.”

Enggar                 : “Terus rotinya mana bang ? dari tadi kok ngomongnya buah-buahan terus ? emangnya abang jual buah apa jual roti ? Kalo kaya gini caranya gue enggak jadi beli bang.”

Tukang Roti         : *Hening*

Seketika itu tukang roti mendadak pingsan.

 

22.  Kalimat menyatakan peristiwa masa lalu yang ada dalam teks anekdot di atas adalah ...

A. Kemarin                      D. Besok

B. Suatu hari                    E. Kemarin

C. Minggu lalu

 

23.  Teks di atas termasuk dalam teks...

A. Humor                       D. Cerita

B. Anekdot                     E. Deskripsi

C. Eksposisi

D. Narasi

 

24. Isi dari teks di atas adalah...

A. Menanyakan tentang roti coklat saja

B. Si Enggar membeli roti coklat, strawberry, dan nanas.

C. Enggar hanya menanyakan rasa roti, tidak jadi membeli roti.

D. Bercerita di depan rumah dengan tukang roti

E. Tukang roti membawa buah.

 

Perhatikan teks di bawah ini !

            Tiga orang tengah terdiam menikmati kehangatan sauna, yaitu orang dari Amerika, Jepang dan Indonesia. Keheningan di dalam ruangan sauna dipecahkan oleh bunyi bip..bip..bip… Orang Amerika membuka telapak tangan kirinya, dan membaca tulisan yang tertulis ditelapak tangannya itu,. Dua rekannya itu dengan kagum melihat tulisan yang muncul ditelapak tangan orang Amerika tersebut.

            “Oh, telapak tangan saya telah ditanamkan chips, sya dapat langsung menerima pesan SMS tanpa alat, SMSnya langsung tampil ditelapak tangan saya…”ujar si Amerika ketika melihat kedua rekannya bengong.

            Sesaat kemudian, terdengar dering telepon, orang Jepang mengangkat tangan kanannya, jempol di dekatnya ke telinga sedangkan jari kelingking ke bibirnya, “Oh maaf, saya terima telepon dulu, tangan saya sudah berisi chips, saya dapat menerima dan berbicara melalui dua jari saya tanpa menggunakan HP” kata si Jepang.

            Melihat semua itu, orang Indonesia mulai gugup. Apa yang bisa saya tunjukkan untuk mengalahkan orang-orang ini ? pikirnya. Karena stress, keinginannya untuk buang air besar tidak tertahankan lagi.

            Usai buang air, dia kembali lagi ke ruang sauna, tetapi karena tidak biasa membasuh bokongnya dengan kertas toilet, seuntai kertas toilet masih berjuntai di belahan bokongnya. Dengan keheranan orang Jepang dan orang Amerika menunjuk ke untaian kertas ‘sisa’ tersebut dan berkataa “kertas apa itu yang terganutng dibokong anda…?”. “oh maaf, saya baru terima Fax..” jawab orang Indonesia tersebut

 

25.  Teks di atas merupakan teks…

A. Anekdot                                 D. Humor

B. Eksposisi                                E. Singkat

C. Narasi

 

26.  Tujuan teks tersebut untuk…

A. Menyindir                              D. Observasi

B. Menangis                               E. Mencari Ide

C. Menghibur

 

27.  Contoh anekdot dalam kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...

A. Keramik

B. Lukis pasir

C. Karikatur

D. Lukisan Abstrak

E. Puisi cinta

 

28. Cerita yang lucu dan mengesankan serta singkat dan menarik, biasanya mengenai orang penting berdasarkan kejadian sebenarnya, merupakan pengertian dari....

A. Teks Eksposisi

B. Teks Anekdot

C. Teks Laporan Hasil Observasi

D. Teks Negosiasi

E. Teks Prosedur Kompleks

 

29. Yang merupakan unsur-unsur teks anekdot, kecuali....

A. Judul

B. Partisipan

C. Humor

D. Kritik

E. Pujian

 

30. Struktur teks anekdot yang tepat, yaitu....

A. Abstraksi – Koda – Orientasi – Krisis – Reaksi

B. Orientasi – Abstraksi – Reaksi – Krisis – Koda

C. Abstraksi – Orientasi – Krisis – Reaksi – Koda

D. Koda – Reaksi – Krisis – Orientasi – Abstraksi

E. Reaksi – Abstraksi – Krisis – Orientasi – Koda

 

31. Bagian terjadinya masalah atau hal unik dalam struktur teks anekdot disebut....

A. Krisis

B. Abstraksi

C. Koda

D. Reaksi

E. Orientasi

 

32. Bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut....

A. Abstraksi

B. Orientasi

C.  Krisis

D. Reaksi

E. Koda

 

33. Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana.

Kutipan kalimat diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu....

A. Koda

B. Krisis

C. Reaksi

D. Abstraksi

E. Orientasi

 

34. Saat sesi tanya jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak ...!”

Kutipan paragraf diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu....

A. Abstraksi

B. Krisis

C. Koda

D. Reaksi

E. Orientasi

35. Kelas kembali berlangsung normal.

Kutipan kalimat diatas merupakan salah satu bagian struktur teks aneksot, yaitu....

A. Abstraksi

B. Orientasi

C. Koda

D. Krisis

E. Reaksi

 

36. Yang merupakan tujuan penulisan teks anekdot, yaitu....

A. Memberi petunjuk

B. Memberi argumentasi

C. Membuat bingung

D. Menghibur

E. Menganalisis

 

37. Sindiran dalam teks anekdot dapat diungkapkan dengan antonim. Pasangan kata dibawah ini yang merupakan antonim, kecuali....

A. Benar – Salah

B. Adil – Tidak adil

C. Kaya – Miskin

D. Rajin – Malas

E. Target – Sasaran

 

38. Anekdot yaitu jenis teks yang berisi .... lucu, konyol, atu menjengkelakan seabgai akibaat dari krisis yang di tanggapi dengan reaksi, adalah.....

a. Jawaban-jawaban

b. Pertanyaan-pertanyaan

c. Peristiwa-peristiwa

d. Kalimat-kalimat

e. Sanggahan- sanggahan

 

39. Ciri-ciri anekdot yaitu, kecuali....

a. Bersifat menyindir

b. Lucu

c. Membuat sebagian orang tersinggung

d. Meenjengkelkan

e. Membosankan

 

40. ..... merupakan suatu riangkasan yang lengkap  dan menjelaskan keseluruhan isi artikel ilmiah dan di tempatkan pada bagian awal artikel ilmiah. Adalah pengertian dari....

a. Koda

b. Krisis

c. Abstraksi

d. Orientasi

e. Reaksi

 

41. Persyaratan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk bernegosiasi, adalah....

a. Banyak kawan

b. Ditakuti oleh pihakk lawan

c. Banyak berbicara yang tidak jelas

d. Mempunyai kemampuan berkomunikasi

e. Acuh- tak acuh

 

Teks bacaan untuk no 42-45

KUHP Dalam Anekdot

 

Seoraang dosen fakultas hokum suatu universitas sedang membrikan kuliah hokum pidana. Uasanaa kelas biasa-biasa saja.

Saat sesi Tanya-jawab tiba, ali bertanya kepada pak dosen.”apa kepanjangan KUHP pak?” pak dosen tiba menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada ahmad. “saudara ahmad, coba dijawab pertanyaan saudara ali taadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas ahmad mejawab, “Kasih Uang Habis Perkara, pak...!”

Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanyaa menggeleng –gelengkan kepala seraya menmbahkan pertanyaan kepada ahmad. “ saudara ahmad, dari mana saudara tahu jawaban itu?”dasar ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “peribahasa inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, pak....?”. Semua mahasiswa dikelas itu tercengang. Mereka berpandang pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.

Gelak tawa mereda. Kembali berlangsung normal.

 

42. Pada teks bacaan diatas tentukanlah pada paragraph berapakah yang termasuk struktur teks abstraksi, adalah...

a. Paragraf 1

b. Paragrap 2

c. Paragrap 3

d. Paragraph 4

e. Paraagraf 2 dan 4

 

43. Pada kalimat, “mahasiswa tercenggang dan tertawa, sedangkan dosen menggeleng-gelengkan kepala (paragraf 3)”, adalah termasuk kalimat struktur teks....

a. Orientasi

b. Abstraksi

c. Koda

d. Krisis

e. Reaksi

 

44. Pada kalimat dibawah ini pilihllah mana yang termasuk kalimat struktur teks orientasi adalah....

a. Seorang dosen memberikan kulih hokum pidana (paragraf 1)

b. Suasana kelas biasa-bisa saja (paragraf 1)

c. Dengan tegas ahmad menjawab, “ Kasih Uang Habis Perkara, pak...! (paragraf 2)

d. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak. (paragraf 3)

e. Kelas kembali berlangsung normal ( paragraf 4)

 

45. Siapakah partisipan yang digambarkan dalam anekdot tersebut, adalah

a. Pak dosen

b. Ali

c. Ahmad

d. Ali dan ahmad

e. Pak dosen dan ali

 

46. Berikut termasuk cara memperoleh bahan-bahan referensi untuk teks anekdot, keucali….

a. Koran

b. Internet

c. Lawakan

d. Imajinasi

 

47. Kalimat berikut yang termasuk unsur lucu/konyol/jengkel dari teks anekdot adalah….

a. Katakanlah hal kebenaran.

b. Perhatikan kehidupan orang miskin.

c. Kesenangan sesaat akan menghancurkan masa depat.

d. Ibu yang memuji tindakan anaknya yang salah.

 

48. Perhatikan penggalan teks anekdot berikut!

 

Pada malam jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah kebetulan disana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.

 

Dalam teks tersebut yang termasuk peristiwa penting adalah….

a. Pada malam jumat, sejumlah politisi melakukan ”blusukan” ke daerah-daerah banjir.

b. Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama).

c. Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah.

d. Kebetulan disana banyak wartawan meliput.

 

49. Perhatikan teks anekdot berikut!

 

Seorang tua tengah menggembalakan keledainya dipadang rumput, tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua. “Lalu apa peduliku dengan siapa yang akan ku layani? Toh bebanku sama saja.” Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.

 

Konjungsi yang digunakan pada teks tersebut adalah….

a. Tetapi dan sedangkan

b. Sedangkan dan tiba-tiba

c. Tetapi dan namun

d. Tiba-tiba dan meskipun

 

50. Perhatikan teks anekdot berikut!

 

Setiap hari orang tua Iwan selalu bekerja. Mereka jarang pulang kerumah karena harus mengisi acara seminar maupun diklat. Sudah satu bulan lamanya mereka tidak bertemu anaknya. Rasa kangen pun mendera. Sang bapak ingin menguji anaknya, apakah dia mencintai dan merindukannya.

Bapak: Wan, apakah kamu sayang terhadap orang tuamu?

Iwan: Sangat sayang. Aku selalu merindukan ayah dan ibu ketika aku sendiri di rumah (jawab Iwan bohong).

Bapaknya lega mendengar perkataan Iwan. Beliau percaya kalau anaknya sangat menyayangi orang tua.

Ayahnya kemudian berdoa, ‘Ya, Tuhan terima kasih Kau telah titipkan kepada hamba seorang anak yang baik. Berikan dia hukuman jika salah.” Seketika itu, Iwan jatuh pingsan. Bapaknya segera melarikannya kerumah sakit. Iwan langsung mendapatkan pertolongan tim medis dan masuk ruang ICU. Ayahnya hanya menangis.

 

Partisipan yang terlibat dalam teks anekdot itu adalah….

a. Bapak

b. Iwan

c. Bapak, Iwan, dan tim medis

d. Bapak dan Iwan

 

51. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam membuat teks anekdot, kecuali….

a. Melakukan pengamatan atau perenungan untuk menemukan ide cerita yang minimal mengandung krisis dan reaksi unik yang lucu.

b. Ide cerita yang paling sederhana adalah dalam bentuk tanya-jawab yang jawabannya aneh dan bisa membuat pembaca tertawa.

c. Mengembangkan ide cerita menjadi teks anekdot dengan memberi latar, tokoh, dan dialog.

d. Mengusahakan rangkaian dialognya membentuk rangkaian event, krisis, dan reaksi.

 

52. Membandingkan antara dua kriteria dengan kenyataan baik dari segi struktur ini maupun bahasa (kosakata, ejaan, dan struktur kalimat). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

a. Mengidentifikasi

b. Menelaah

c. Menganalisis

d. Mengabstraksi

 

53. Berikut ini termasuk mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot, kecuali….

a. Mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dianggap sebagai karangan utuh (lengkap)

b. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak dibaca atau dimengerti orang lain

c. Mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai

d. Mempertanyakan apakah ada paragraph yang menyimpang

 

54. Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek….

a. Isinya

b. Struktur teksnya

c. Unsur kebahasannya

d. Makna tersirat

 

55. Berikut ini termasuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan saat mengevaluasi teks ankedot, kecuali….

a. Apa yang dilakukan?

b. Siapa partisipan/tokoh dalam teks tersebut?

c. Siapa yang kita sindir?

d. Sudah runtutkah rangkaian peristiwanya?

 

56. Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki….

a. Unsur kebahasaan

b. Struktur teks

c. Struktur da nisi teks

d. Unsur lucu/jengkel/konyol

 

57. Berikut ini termasuk struktur teks anekdot, kecuali….

a. Abstraksi

b. Orientasi

c. Puncak pertikaian

d. Koda

 

58. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!

Pada suatu hari, Onyod si Tukang Becak berniat membeli makan siangnya selepas mengayuh becaknya selama setengah hari. Tibalah ia disebuah rumah makan sederhana milik Odah.

Kalimat ke dua pada penggalan anekdot di atas tergolong ke dalam bagian…

A. abstraksi                

B. orientasi

C.  krisis

D.  reaksi

E.  koda

 

59. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!

(1) “Anda telah membuang sampah sembarangan, yaitu puntung rokok”, tegas petugas itu. (2) Dengan sigap Azam menjawab, “Oh…, maaf terjatuh.” (3) Lalu, diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya lagi. (4)Petugas itu hanya terbelalak keheranan. (5)Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.

Koda yang terdapat pada paragraf di atas adalah...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

 

60. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!

Suatu ketika si Azam sedang  berlibur, tetapi tampaknya  ia tak tahu akan adanya peraturan itu. Ia merokok sendirian sambil duduk di bangku. Karena rokoknya sudah hampir habis, ia membuang puntung rokoknya begitu saja dan jatuh persis di sisi kaki kanannya. Tanpa  disangka-sangka,  tiba-tiba  datang  petugas dan  menegur Azam dengan suara tegas.

Abstraksi yang tepat untuk teks di atas adalah...

A. Singapura termasuk salah satu negara yang bersih.

B.  “Tahukah Anda bahwa Anda telah melakukan pelanggaran?” “Tidak tahu.

C. Diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya lagi.

D.  Pada suatu hari Zuki sedang berlibur.

E. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.

 

61. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!

(1) Saat sesi  tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. (2) “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” (3) Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. (4)“Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. (5) Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”

Krisis yang terdapat pada teks di atas adalah...

A.   1

B.   2

C.   3

D.   4

E.    5

 

62. Bacalah teks berikut!

 

Cuma Takut Tiga Roda

 

(1) Suatu hari, saat Abdurahman Wahid menjabat sebagai Presiden RI, ada pembicaraan serius yang dilakukan seusai menghadiri sebuah rapat di istana Negara. (2) Pembicaraan bertopik isu terhangat. (3) Diketahui, pembicaraan itu mengenai wabah demam berdarah yang kala itu sedang melanda kota Jakarta.

(4) Gusdur pun sibuk memperbincangkan penyakit mematikan tersebut.

(5) “Menurut Anda, mengapa demam berdarah saat ini semakin marak di Jakarta, Pak?” tanya seorang menterinya.

(6) “Ya karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang bemo, becak, dan sebentar lagi bajaj dilarang beredar di Kota Jakarta ini. (7) Padahal kan, nyamuk sini cuma takut sama tiga roda.”

 

Krisis yang terdapat pada teks anekdot ditunjukan dengan nomor…

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 4

D. 5 dan 6

E. 7

 

63. Bacalah teks berikut!

 

Obrolan Presiden

 

(1) Seperti biasa, setiap presiden selalu ingin memamerkan apa yang menjadi kebanggaan negerinya. (2) Tidak lama presiden Amerika, Cliton, mengeluarkan tangannya dan sesaat kemudian dia berkata, “Wah kita sedang berada di atas New York!”

(3)  Presiden Indonesia (Gus Dur), “Lho, kok, bisa tau, sih?”

(4)  “Itu… Patung Liberty kepegang!” jawab Clinton dengan bangganya.

(5)     Enggak mau kalah, Presiden Prancis, Jacques Chirac, ikut menjulurkan tangannya keluar.

Orientasi yang terdapat pada teks tersebut ditunjukan dengan nomor…

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

 

64. Bacalah teks anekdot berikut!

 

KUHP DALAM ANEKDOT

 

Seorang dosen  fakultas hukum suatu  universitas sedang  memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.

Saat sesi  tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?”  Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada  Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”

Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan  kepala  seraya  menambahkan pertanyaan kepada  Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana  Saudara tahu  jawaban  itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen  dijawabnya  dengan tegas, “Peribahasa  Inggris mengatakan pengalaman adalah  guru  yang  terbaik,  Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.

Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.

 

Makna tersirat pada teks anekdot di atas adalah...

A. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana.

B. Mengkritik Bapak dosen sedang memberikan kuliah hukum pidana.

C. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.

D. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap.

E. Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP.

 

65. Bacalah teks anekdot tersebut!

 

Kisah Pemulung

 

Pada siang hari di sebuah kompleks perumahaan yang kelihatan mewah terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak Pemulung. Masalah yang mereka debatkan adalah hal remeh yaitu di lingkungan perumahan itu, memang sudah banyak ditempel papan dengan tulisan “Pemulung Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada pemulung yang tidak menaati aturan tersebut.

Pak RT: “Pak sedang cari apa di tempat sampah itu?”

Pemulung :“Ya, sudah tentu cari barang bekas atau botol plastik yang dapat didaur ulang.”

Pak RT : “Maaf ya Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu gerbang perumahan ini, tidak?”

Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”

Pak RT: “Di papan itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di perumahan ini?”

Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca tulisan yang   di papan itu, tentu saya tidak akan jadi pemulung, Pak!”

Pak RT kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia tidak bisa baca papan larangan pemulung.

 

Dari segi makna tersirat, teks anekdot di atas dapat diinterpretasikan sebagai...

A. Masih banyak orang miskin di sekitar kita!

B.  Pemulung dilarang masuk!

C. Banyak pemulung yang tidak menaati peraturan.

D. Ternyata angka buta aksara disekitar kita masih banyak.

E. Teranyata masih banyak pemulung disekitar kita.

 

66. Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!

Malik  : “Tuan Abdul, saya sudah cari kemana-mana tetapi saya tidak menemukan kambing  yang punya taduk sejengkal manusia.”

Abdul : “Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat pengumuman keseluruh negeri bahwa kita membutuhkan seekor kambing  yang memiliki tanduk sejengkal manusia untuk disembelih.

 

Abstraksi yang tepat untuk kutipan teks anekdot di atas adalah…

A.   Pada suatu hari Tuan Malik mencari kambing yang sudah seminggu menghilang.

B.   Tuan Abdul membuat sayembara perihal pencarian kambing.

C.   Akhirnya kambing itu ditemukan.

D.   Tuan malik tidak mencari kambing yang punya tanduk sejangkal manusia.

E.    Kemudian Tuan malik dan tuan Abdul bersepakat membuat sayembara untuk mencari kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia.

 

67. Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!

Petugas SPBU : …??

Menyadari kekonyolan pertanyaan itu muka mahasiswa berubah menjadi merah. Mesin SPBU menunjukkan angka 20.000, si mahasiswa segera membayar dan pergi dengan perasaan malu.

 

Orientasi yang tepat untuk cuplikan teks anekdot di atas adalah…

A. Seorang mahasiswa yang membeli bensin ikut mengantre dan ia berada di urutan      belakang.

B. Muka mahasiswa itu berubah merah.

C. Pada suatu hari di sebuah Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum sedang ada antrean panjang.

D. Si mahasiswa segera membayar dan pergi dengan perasaan malu.

E.  Suatu hari seorang mahasiswa sedang berlatih mengemudi.

 

68. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!

 

Rokok

 

Andi berjalan menuju halte, dimana orang-orang ingin menunggu bus. Setelah sampai di halte, dia bertanya kepada seorang buruh pabrik yang sedang menunggu bus kopaja sambil merokok. Lalu Andi memulai percakapan.

“Haduh... tebal dan jorok sekali asap bus Mayasari Bakti.”

Lalu buruh pabrik itu merespon pernyataan Andi, “Iya nih.. Asap kopaja juga tebal.” Lalu Andi membalas.

“Bagaimana tanggapan Anda jika melihat orang yang menyebabkan polusi lebih dari asap bus itu?”

 

Abstraksi yang tepat untuk teks anekdot di atas adalah...

A. Suatu hari banyak sekali penumpang menunggu bus di halte.

B. Suatu hari, Andi sedang menunggu bus di terminal.

C. Ketika itu, Andi sedang menunggu seorang buruh pabrik di stasiun.

D. Andi pergi meninggalkan buruk pabrik itu di halte.

E. “Haduh tebal sekali asap kopaja itu!”

 

69. Teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang….

a. Ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum

b. Suatu fakta

c. Realita kehidupan

d. Opini dari para tokoh

 

70. Salah satu tujuan dari dibuatnya teks anekdot adalah untuk….

a. Mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya

b. Menghibur pembacanya

c. Menghilangkan stress

d. Refresing dari berbagai aktivitas

 

71. Anekdot merupakan sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan….

a. Kehidupan pribadi

b. Kisah manusia dan kehidupannya

c. Manusia dan realitanya

d. Pengalaman seseorang

 

72. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali….

a. Bersifat menghibur

b. Mengungkapkan kebenaran yang lebih umum

c. Bersifat mengejek seseorang

d. Terilhami dari kejadian nyata

 

73. Abstraksi merupakan bagian awal paragraf yang berfungsi memberikan gambaran tentang isi teks dan biasanya menunjukan….

a. Hal yang unik

b. Latar belakang peristiwa itu terjadi

c. Hal yang tidak biasa terjadi pada tokoh cerita

d. Tokoh cerita menyelesaikan masalah pada bagian krisis

 

74. Salah satu unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks anekdot adalah pertanyaan retoris, yang artinya….

a. Pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban

b. Pernyataan singkat

c. Pernyataan dari tokoh yang mengalami peristiwa dalam cerita

d. Pernyataan umum dari peristiwa

 

75. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menganalisis teks anekdot, kecuali….

a. Membaca teks anekdot dengan seksama anekdot

b. Memahami teks anekdot dengan baik

c. Menganalisa struktur teks, yaitu memisahkan bagian abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda

d. Menemukan kata kias, konjungsi, kalimat retoris (jika ada)

 

76. Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal berdasarkan….

a. Penelitian dilapangan

b. Cerita fiksi

c. Hasil observasi

d. Kejadian yang sebenarnya

 

77. Bagian dalam teks anekdot, yang memunculkan hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan adalah….

a. Orientasi

b. Krisis

c. Koda

d. Konkluksi

 

78. Berikut ini termasuk bagian yang ada dalam teks anekdot, kecuali….

a. Orientasi

b. Krisis

c. Reaksi

d. Analisis

 

79. Perhatikan teks berikut!

 

Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.

 

Makna tersirat dari teks tersebut adalah….

a. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilaangkan bau amis.

b. Pasaran buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan dalam negeri tetapi sudah merambah hingga perdagangan luar negeri.

c. Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola, tetapi memiliki khasiat yang tidak kecil seperti bentuknya.

d. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat menyembuhkan penyakit

 

80. Perhatikan kalimat berikut!

 

Di sebuah desa, hiduplah seorang janda dengan anaknya. Hari ini tidak ada kepulan asap di dapur.

Kalimat tersebut termasuk struktur teks anekdot bagian….

a. Abstraksi

b. Orientasi

c. Krisis

d. Reaksi

Monday, September 28, 2020

20 Soal PG dan Jawaban Tentang Teks Prosedur Kelas XI Semester 1

Di bawah ini soal Pilihan Ganda  B.Indonesia kelas 11 semester satu dan kunci jawaban untuk siswa SMA/SMK/MAK/MA/Sederajat dilengkapi dengan pembahasannya.

1. Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat ….

a. imperatif

b. interigatif

c. baku

d. tanya

e. ke Satu

Jawaban: a. imperatif

Pembahasan:

Kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung unsur perintah..

2. Cermatilah teks berikut!

Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik sampai hampir roboh. Tandanya pisang jangan sampai membentur tanah agar tidak trusak. Sebelum tandan dekat ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.

Kutipan tersebut merupakan bagian dari ….

a. cara memanen buah pisang

b. cara memanfaatkan buah pisang

c. tanda-tanda buah pisang siap panen

d. buah pisang sebagai bahan keripik pisang

e. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja

Jawaban: a. cara memanen buah pisang

Pembahasan:

Teks diatas termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana cara memanen buah pisang dengan baik dan benar.


3. Bacalah teks prosedur berikut!

Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.

Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ….

a. pemilihan bahan pembuatan cincau

b. bahan-bahan pembuatan cincau

c. salah satu langkah pembuatan cincau

d. perlengkapan untuk pembuatan cincau

e. manfaat ekonomis pembuatan cincau

Jawaban: c. salah satu langkah pembuatan cincau

Pembahasan:

Teks tersebut termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana langkah pembuatan cincau.


4. Baca dengan cermat kutipan tersebut!

Rebuslah air bersih secukupnya sampai mendidih! Setelah itu, celupkan daun jeruk purut  beberapa saat agar daun itu menjadi lunak! Lalu, angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu, peraslah untuk diambil airnya!

Kata-kata yang bermakna perintah adalah ,…

a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah

b. secukupnya, beberapa, menjadi, mendidih

c. rebuslah, beberapa, menjadi, diberi

d. tiriskan, menjadi, beberapa, selembar

e. selembar, pandan, peraslah, beberapa

Jawaban: a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah

Pembahasan:

Kalimat perintah biasanya menggunakan partikel -lah dalam teks tersebut yang menggunakan partikel     -lah adalah  rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah.

5. Cermatilah teks berikut!

Siapkan baskom yang sudah dibersihkan! Cucilah daun cincau hijau yang baru dipetik, masukan dalam baskom! Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih! Sambil dilumatkan, berilah air matang sedikit demi sedikit, kemudian diremas, sehingga terasa lekat di tangan! Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan! Setelah terbentuk galatin (cairan kental) disaring dan ditampung pada panic yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.

a. kemudian, sehingga, dan

b. siapkan, masukkan, campurkan

c. kemudian, siapkan, disaring

d. setelah, campurkan, ditampung

e. campurkan, dan, disiapkan

Jawaban: a. kemudian, sehingga, dan

Pembahasan:

Kata hubung dapat disebut dengan kata hubung, kata yang hubung yang tepat dalam teks tersebut kemudian, sehingga, dan.


6. Teks prosedur kompleks memiliki struktur, yaitu

a. judul-tujuan-langkah langkah

b. judul-langkah langkah-tujuan

c. judul-langkah langkah

d. langkah langkah-tujuan

e. tujuan-langkah langkah

Jawaban: a. judul-tujuan-langkah langkah

Pembahasan:

Teks prosedur berisi tentang langkah membuat atau melakukan sesuat. Struktur teks prosedur adalah judul-tujuan-langkah langkah.


7. Dalam teks prosedur kompleks, hasil akhir yang akan dicapai terdapat dalam bagian ….

a. langkah langkah

b. tujuan

c. orietasi

d. abstrak

e. koda

Jawaban: b. tujuan

Pembahasan:

Tujuan berisi hasil yang dicapai dalam sebuah teks, jika tujuan teks tidak tercapai maka teks tersebut dapat dikatakan teks tanpa penyelesaian.


8. Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks adalah ….

a. memiliki struktur “tujuan langkah-langkah

b. menggunakan verbal material

c. lucu dan menarik

d. menggunakan kalimat imperative

e. menggunakan kalimat partisipan manusia

Jawaban: c. lucu dan menarik

Pembahasan:

Berikut ciri kebahasaan teks prosedur adalah memiliki “struktur tujuan langkah-langkah, menggunakan verba material, menggunakan kalimat imperative menggunakan kalimat partisipan manusia.


9. Di dalam teks prosedur kompleks terdapat dua verbal yaitu ….

a. verbal material dan kebiasaan

b. verbal nonmaterial dan tingkah laku

c. verbal material dan tingkah laku

d. verbal antisipasif  dan kopulatif

e. verbal tingkah laku dan lain-lain

Jawaban: c. verbal material dan tingkah laku

Pembahasan:

Verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tigkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.


10. Cermatilah teks berikut!

Tanaman selada sebenarnya tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan, pada saat menyimpan sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau remukan es.

Pernyataan di atas adalah tahap kegiatan yang disebut ….

a. pembersihan

b. pengelompokkan

c. pengemasan

d. penyimpanan

e. pemasaran

Jawaban: d. penyimpanan

Pemasaran:

Teks diatas teks prosedur, teks prosedur berisi tentang langkah-langkah pernyataan tersebut adalah tahap kegiatan adalah penyimpanan.

11. Bacalah pernyataan berikut!

(1) Memiliki tempat persemaian

(2) Membuat bedeng persemaian

(3) Memberi atap tempat persemaian

(4) Menyemai benih

(5) Pemeliharaan benih

Bagian inti dari langkah pembibitan tanaman adalah ….

a. (1),(2),(5)

b. (1),(4),(5)

c. (2),(4),(5)

d. (2),(3),(5)

e. (2),(3),(5)

Jawaban: a. (1),(2),(5)

Pembahasan:

Langkah-langkah tersebut termasuk teks prosedur, inti dari teks prosedur adalah jawaban a.

12. Perhatikan kutipan teks prosedur kompleks berikut!

Ingin menanam pohon buah, tetapi tidak memiliki lahan Anda bisa mencoba sistem tabulapot (tanaman buah dalam pot). Tekniknya cukup sederhana dan mudah diaplikasikan. Tanaman pun lebih cepat berbuah. Pertama, siapkan media tanamanya berupa tong atau pot da nisi dengan tanah yang telat dicampur oleh kompos ….

Jika teks tersebut Anda ubah menjadi penggalan drama, maka tempat yang tepat untuk dijadikan latar adalah ….

a. kelas

b. kantin

c. kebun

d. pasar

e. laboratorium

Jawaban: c. kebun

Pembahasan:

Salah satu unsur intrinsik yang wajib dimasukan dalam prosa/narasi adalah latar. Latar adalah pendeskripsian keadaan tempat, waktu dan suasana. Latar tempat adalah di mana peristiwa terjadi. Jika teks prosedur tersebut bertemakan proses menanam buah dalam pot latar tempat yang paling cocok ada pada kebun.


13. Perhatikan drama pendek berikut!

Bimo : “San, kamu jadi ikut program magister di UI?”

Sandi : “Jadi, kenapa memangnya?”

Bimo : “Saya udah daftar tapi bingung bayarnya ….”

Sandi : “Bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre.”

Bimo : “ Oh bisa ya?”

Sandi : “Nah, cara pembayaran melalui ATM itu lebih mudah, pertama masuk ke menu Transaksi      Lainnya, lalu pilih menu Pembayaran, pilih menu Pendidikan, setelah itu kamu masukan nomor pelanggan.”

Bimo : “Nomor pelanggan maksudnya?”

Sandi : “Masukan kode institusi dan nomor registrasi. Contohnya, kode UI itu 050 dan setelah itu masukkan nomor registrasi kamu …. Setelah itu, ikuti petunjuknya saja … gampang kan?”

Judul teks prosedur kompleks yang tepat berdasarkan dialog drama tersebut adalah ….

a. Tata Cara Pendaftaran Program Magister UI

b. Prosedur Registrasi Ujian UI

c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM

d. Tata Cara Membuka Rekening di Bank

e. Tata Cara Pembayaran Registrasi Program Magister UI

Jawaban: c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM

Pembahasan:

Judul teks procedural kompleks dapat dilihat dari tujuan dan langkah-langkah yang muncul dalam drama di atas. Tujuan prosedur kompleks pada drama tersebut muncul pada dialog tuturan ketiga sandi, yaitu mudahnya melakukan pembayaran registrasi program magister SIMAK melalui ATM BNI. Dengan demikian, judul yang tepat adalah Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister SIMAK UI via ATM.

14. Berikut pernyataan yang tepat terkait langkah mengubah teks prosedur kompleks menjadi bentuk drama, kecuali ….

a. Menyiapkan tokoh-tokoh yang akan berperan dalam drama berdasarkan jumlah partisipan

b. Menyusun diaog secara sistematis berdasarkan sifat teks prosedur kompleks

c. Mengemas kalimat dialog agar bernuansa satire dan menghibur

d. Menentukan latar yang sesuai dengan tema dan tujuan teks prosedur kompleks

e. Menciptakan lakuan-lakuan yang disesuaikan dengan langkah-langkah pada teks prosedur kompleks

Jawaban: c. Mengemas kalimat dialog agar bernuansa satire dan menghibur

Pembahasan:

Untuk menciptakan drama berdasarkan teks prosedur kompleks, hal pertama yang kita perlukan adalah tokoh yang akan kita sesuaikan dengan partisipan pada prosedur kompleks. Hal kedua adalah menciptakan dialog yang sistematis. Kemudian, kita buat lakukan yang kita ambil berdasarkan langkah di dalam teks prosedur kompleks. Terakhir, ciptakan latar yang sesuai.


15. Dalam mengabstraksi teks prosedur kompleks, hal yang harus tetap dipertahankan adalah ….

a. mempertahankan bahasa yang digunakan

b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan

c. mempertahankan bagian-bagian teks prosedur

d. mempertahankan judul teks

e. mempertahankan efektivitas bahasa teks

Jawaban: b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan.

Pembahasan:

Mengabstraksikan bisa dikatakan juga sebagai merangkum teks. Dalam mengabstraksikan, hal yang tetap harus diperhatikan adalah bagian-bagian dari teks itu sendiri serta kekhasannya. Dalam hal ini, hal harus diperhatikan antara lain struktur isi dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks.

16. Perhatikan paragraph berikut!

Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat status yang berkualitas di media sosial. Harap dierhatikan, isi status seseorang sebenarnya menggambarkan kepribadiaan pemiliknya! Hal yang menarik saat ini adalah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media sosial sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya. Perusahaan juga dapat mengetahui etos kerja dan karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, sejak sekarang, isi status tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas!.

Kutipan tersebut menginformasikan tentang ….

a. manfaat status di media sosial

b. status adalah gambaran pribadi pemiliknya

c. status adalah riwayat hidup pemiliknya

d. cara menjaga status di media sosial agar berkualitas

e. status harus meningkatkan kualitas pemiliknya

Jawaban: a. manfaat status di media sosial

Pembahasan:

Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang diorganisasi diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Informasi yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah jawaban a.


Cermatilah teks prosedur berikut untuk menjawab nomor 17 dan 18!

Proses pembuatan nata de coco

1. Saringlah air kelapa menggunakan saringan halus! Ini untuk menghilangkan, pecahan tempurung, serat sabut, atau kotoran lainnya.

2. Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit!

3. Selama pemanasan berlangsung, masukan bahan tambahan lainnya!

4. Sebelum pemanasan selesai tambahkan asam cuka hingga mencapai PH tertentu!

5. Pemanasan harus berhenti jika sudah mencapai pH yang dimaksud!


17. Kelompok kata kerja imperatif adalah ….

a. saringan, pemanasan, berhenti

b. tambahkan, panaskan, ,masukkan

c. mencapai, berlangsung, menghilangkan

d. saringan, berlangsung, mencapai

e. pemanasan, masukkan, mencapai

Jawaban: b. tambahkan, panaskan, masukkan

Pembahasan:

Imperatif adalah kata yang memiliki makna memerintah, dalam teks tersebut dapat diketahui dengan imbuhan partikel-kan.

18. Urutan langkah-langkah yang benar pembuatan nata de coco dari air kelapa adalah ….

a. pendidikan, pewadahan, penyaringan, pendinginan, penutupan

b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan

c. penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan, pewadahan

d. pewadahan, penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan

e. pendinginan, pewadahaan, penyaringan, pendidihan, penutupan

Jawaban: b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan

Pembahasan:

Teks tersebut termasuk teks prosedur yaitu cara pembuatan nata de coco. Nata de coco yang sesuai dengan urutan adalah jawaban b.

19. Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut!

(1) Perendaman.

(2) Pemilihan bahan.

(3) Pengupasan.

(4) Penggorengan.

(5) Perajangan/ Pemotongan.

Urutan langkah yang tepat adalah ….

a. (1), (2), (3), (5), (4)

b. (2), (1), (3), (4), (5)

c. (2), (3), (5), (1), (4)

d. (5), (1), (2), (3), (4)

e. (2), (3), (1), (4), (5)

Jawaban: c. (2), (3), (5), (1), (4)

Pembahasan:

Langkah-langkah tersebut termasuk pada teks prosedur, langkah-langkah tersebut yang benar adalah sebagai berikut.

(2) Pemilihan bahan.

(3) Pengupasan.

(5) Perajangan/ Pemotongan.

(1) Perendaman.

(4) Penggorengan.


20. Perhatikan kutipan drama dibawah ini!

A. Sato : “Eh, Budi, ada apa Bud?

    Tumben sore-sore kemari?”

B. Budi : “To, ada waktu ga? Minta ajarin melukis di atas kanvas dengan cat minyak di atas kanvas             dengan cat minyak dong!”

C. Sato  : “Melukis di atas kanvas itu mengasyikkan Bud. Teknik yang digunakan untuk melukis di             kanvas dengan cat minyak juga gak sulit kok, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan walau                   dibutuhkan keberaniaan dalam aplikasi warna tertentu.”

D. Budi : “Ah, masak sih? Keliatannya sulit? Jadi tambah penasaran nih .. saya sudah siapkan semua           peralatannya nih, kuas, palet, pensil gambar, penghapus, cat minyak … udah semua kan? Atau ada         yang kurang?”

E. Sato : “Udah semua kok. Nah, pertama kamu coba gambar dulu sketsanya di kanvas. Jangan terlalu         tebal biar nanti pas dicat tidak terlalu kelihatan garis. Kalau sketsa sudah jadi, coba, kamu mulai             lakukan campuran warna. Ada teknik dalam mencampur warna ….”

Bagian yang menunjukkan tujuan prosedur kompleks ada pada ….

a. a

b.b

c. c

d. d

e.e

Jawaban: c. c

Pembahasan:

Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai setelah kita melakukan urutan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks. Berdasarkan drama tersebut , tujuan teks prosedur kompleks adalah mampu menciptakan lukisan di atas kanvas dengan menggunakan cat minyak.tujuan pada penggalan drama di atas muncul pada bagian C.

GERAK DASAR TARI MATERI SENI BUDAYA KELAS X

GERAK DASAR TARI

Gerak adalah materi dasar dari tari dan pada hakikatnya setiap manusia dapat bergerak, sehingga dapat menari. Tari tidak menggunakan sarana lain kecuali tubuh manusia itu sendiri yang menghasilkan gerak. Namun untuk dapat menari dengan baik perlu dibangun pengetahuan dan rasa kinestetis (kinesthetic sense) pada tubuh dan bagian-bagiannya. Kinesthesis menyadarkan penari akan tubuhnya (body awareness), kesadaran tubuh yaitu suatu kemampuan untuk memahami dan mengendalikan tubuh dan seluruh bagian tubuhnya. Sehubungan dengan kesadaran akan tubuh (body awareness) tersebut.

KONSEP GERAK TARI

Perlu kalian ketahui bahwa gerak tari memiliki bentuk yang beraneka ragam. Setiap tarian memiliki ciri khas atau keunikan geraknya masing-masing. Sehingga gerak tari tidak hanya terpaku pada gerak tari baku melainkan gerak tari dapat dikembangkan menjadi gerak tari kreasi. Tari Betawi dikelompokkan menjadi dua jenis tari yaitu bentuk tari Topeng dan tari Cokek. Ragam gerak dasar pada tari Betawi terdiri dari Gibang, selancar, rapat nindak, kewer, pakblang, goyang plastik dan gonjingan. Dari ragam gerak dasar tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi gerak yang lebih ritmis dengan ruang gerak yang lebih luas. Tari merupakan bagian dari kehidupan masyakat Bali, hampir semua rutinitas upacara keagaman maupun upacara adat didalamnya terdapat unsur tari. Ragam gerak dasar tari bali terdiri dari ngumbang, agem, angsel, piles dan ngeseh. Gerakkan tari bali yang sangat dimanis dengan ciri khas geraknya ditambah dengan gerakan mata (nyeledet). Seorang penari yang menari di atas Gendang menjadi ciri khas dari tari Pa’gellu dari Toraja (Sulawesi Selatan). 

Ragam gerak dasar tari Pa’gellu dari yaitu gerak Pa’gellu, Pa’tabe, Pa’gellu Tua, Pang’rapa Pentalun, Panggirik Tangtaru, Pa’tutu. Tari pa’gellu di pertunjukkan di setiap upacara/ritual syukuran atau “Rambu Tuka” dikalangan suku Toraja dengan dirinngi intrumen gendang. Setiap gerakangerakannya dalam pa’gellu adalah simbol keseharian masyarakat Toraja yang memiliki nilai filosofi yang dianut dalamaturan dan adat leluhur mereka. Gerak pada tarian daerah Jawa biasanya tertuju pada gerak yang bertumbuh dan berkembang di keraton atau istana. Gerak-gerak yang berkembang di keraton memiliki aturan-aturan tersendiri dalam melakukannya. Setiap gerak memiliki makna dan filosofi tersendiri. Gerak dasar pada tari Jawa tendapat srisig, sabetan, hoyog, lumaksana, kengser, seblak sampur, ulap-ulap. Geraknya yang lembut menjadi ciri khas gerak tari Jawa. Di dalam gerak terkandung tenaga / energi yang mencakup ruang dan waktu. Artinya gejala yang menimbulkan gerak adalah tenaga dan bergerak berarti memerluang ruang dan membutuhkan waktu ketika proses gerak berlangsung. Rudolf Von Laban membagi aspek gerak menjadi beberapa bagian yaitu gerak bagian kepala, kaki, tangan dan badan ( the Body), jarak. Rentangan atau tingkatan gerak (space) dan gerak yang kuat, lemah, elastis, penekanan ( dynamich ). Oleh karena itu timbulnya gerak tari tberasal dari hasil proses pengolahan yang telah mengalami stilasi (digayakan) dan distorsi (pengubahan), yang kemudian melahirkan dua jenis gerak yaitu gerak murni dan gerak maknawi.


Berikut ini merupakan beberapa gerak murni yang terdapat pada tari tradisi.

a. Pada gerak dasar kaki

1. Adeg-adeg (Jawa) adalah kesiapan sikap dasar kaki pada saat mulai menari

2. Wedhi kengser (Jawa) dan seser (sunda) adalah gerak menggeser tel apak kaki ke samping kanan        dan   kiri

3. Trecet adalah gerakan bergeser ke samping (kiri atau kanan) dengan kaki jinjit dan lutut di tekuk

4. Trisig (Jawa) adalah gerakan berpindah tempat, maju mundur dan berputar dengan berlari kecil,            jinjit   dan tubuh agak merendah.

b. Pada gerak dasar tari bagian tangan dan lengan terdapat gerakann ngiting, nyampurit (Sunda),            nyempurit (Jawa), ngrayung, pa’blang dan kewer (Betawi ),capang (Sunda) dan gerak ukel.

c. Pada gerak dasar tari bagian kepala

1. Gilek adalah kepala membuat lengkungan ke bawah, kiri dan kanan

2. Galieur adalah gerak halus pada kepala yang dimulai dari menarik dagu, kemudian ditarik dengan          leher kembali ke arah tengah

3. Pacak gulu dan jiling adalah gerak kepala ke kiri dan ke kanan secara cepat.

Teknik dan Prosedur Gerak Tari

Gerak merupakan salah satu keunikan pada tari. Keunikan dapat berdasarkan dari daerah mana tarian tersebut berasal. Untuk dapat melakukan gerak diperlukan teknik dan prosedur yang berbeda. Teknik berhubungan dengan cara melakukan gerak sedangkan prosedur berhubungan dengan tahapan-tahapannya. Gerak berjalan misalnya, ada yang dilakukan dengan teknik jinjit. Prosedur untuk melakukan gerak berjalan dengan jinjit misalnya dimulai dengan badan tertumpu pada tumit dan melangkah setahap demi setahap.

Deskripsi gerak ini merupakan bagian kecil dari ragam gerak yang ada di setiap etnis di Indonesia. Melakukan gerak pada tari terdiri dari gerak kepala, gerak tangan, gerak badan dan gerak kaki

1.   Gerakan Badan Gerakan badan pada tari, diantaranya sebagai berikut.

      Hoyog, yaitu gerakan badan dicondongkan ke samping kanan atau kiri. 

Gerakan Hoyog



     Engkyek, yaitu gerakan badan dicondongkan ke kiri atau ke               kanan, dengan sikap tangan lurus ke samping. 


     Polatan, yaitu gerakan arah pandangan. 

     Oklak, yaitu menggerakkan pundak ke depan dan belakang. 

     Entrag, yaitu menghentakkan badan ke bawah berkali-kali, seolah-olah badan mengeper.

2. GERAK KEPALA dalam tari Jawa Barat yaitu galeong





gelieur 



dan gelengan kepala tengok kanan        dan kiri.

3. Gerakan Kaki Debeg, yaitu menghentakkan ujung telapak kaki.

    Gejuk yaitu menghentakan kaki kebelakang dengan jinjit. 




    Kengser, yaitu bergerak ke kiri atau ke kanan dengan menggerakkan kedua telapak kaki. 

    Srisig, yaitu  lari kecil dengan berjinjit. 

    Trecet, yaitu telapak kaki jinjit bergerak ke kiri dan ke kanan. Tunjak tancep, yaitu sikap berdiri             diam.

4. Gerakan Tangan yaitu lenggang yaitu menggerakkan kedua tangan dengan arah yang berlawanan, 

   pakblang yaitu meluruskan kedua tangan keatas dengan tepak tangan mengarah keatas dan kebawah,     ngerayung yaitu gerak telapak tangan membuka dan ibu jari di tekuk ke telapak tangan.





Sumber :

Buku Seni Budaya Kelas X SMA / MA / SMK / MAK Kementrian Pendidikan 2017


Sunday, September 27, 2020

PENGERTIAN TEKS EKSPOSISI, STRUKTUR dan CONTOHNYA

Pengertian Teks Eksposisi


Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Pendapat lain menyatakan bahwa Teks Eksposisi adalah jenis atau ragam teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan-gagasan berupa pemikiran tentang suatu topik. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi.
Ragam teks Eksposisi ini sering digunakan dalam konteks komunikasi sehari-hari secara lisan, maupun tulisan. Misalnya, ketika kalian melakukan diskusi dalam forum seminar, seseorang yang menyampaikan argumen dalam debat pendapat dan sebagainya.
Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik. Sebagai catatan, tidak jarang eksposisi ditemukan hanya berisi uraian tentang langkah/cara/proses kerja. Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses. Teks Eksposisi layaknya teks yang lain, yakni memiliki struktur.
Tujuan Teks Eksposisi

Adalah Untuk menjelaskan informasi tertentu supaya dapat menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks eksposisi maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Adapun ciri-ciri teks eksposisi yang diantaranya yaitu:
  • Singkat dan Padat
  • Gaya informasi yang mengajak.
  • Penyampaian teksnya secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.
  • Tidak memihak berarti tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya.
  • Teks eksposisi bersifat objektif dan netral.
  • Penjelasannya disertai data-data yang akurat.
  • Fakta digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi.
  • Umumnya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana

Struktur Teks Eksposisi

Adapun struktur teks eksposisi yang diantaranya yaitu:
1.Judul
Judul hendaknya menggambarkan sesuatu yang dibahas dalam teks Eksposisi. Judul hendaklah ditulis dengan kata-kata yang   singkat, menarik dan sarat akan makna.
2.Pernyataan Umum atau Tesis
Bagian ini berfungsi untuk memperkenalkan topik sekaligus menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Karena dengan teks   yang digunakan penulis itu ingin mengemukakan pendapat, maka pembaca bisa berada pada posisi yang sependapat atau pada   posisi yang bersebrangan dengannya.
3.Argumentasi atau alasan
Bagain dari teks Eksposisi adalah argumen atau alasan. Panjang dan pendeknya bagian ini tergantung pada jumlah argumen   yang telah kalian kenalkan secara garis besar di dalam pernyataan umum, kemudian kalian menyebutkan ulang dan menjabarkan   argumen tersebut dalam paragraf-paragraf. Pengembangan argumen menjadi paragraf ini dilakukan melalui penyajian contoh   dan alasan.
4.Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)
Pengulangan tersebut dilakukan dengan berdasarkan pada argumen yang telah disajikan di dalam bagian sebelumnya.   Pengulangan opini bersifat pilihan, sehingga tidak semua teks Eksposisi mempunyainya.
Jenis-Jenis Teks Eksposisi
Adapun jensi-jenis teks eksposisi yang diantaranya yaitu:
  • Eksposisi definisi yaitu suatu paragraf eksposisi yang memaparkan definisi suatu topik tertentu.
Contohnya;
Golbalisasi adalah proses ketika dunia menjadi semakin saling terhubung sebagai hasil dari peningkatan perdagangan dan pertukaran budaya secara masif. Globalisasi telah meningkatkan produksi barang dan jasa. Perusahaan yang dimaksud bukan lagi perusahaan nasional tetapi perusahaan multinasional dengan anak perusahaan di banyak negara.
  • Eksposisi proses yaitu langkah-langkah atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.     
Contohnya;
Ketika seseorang menulis teks eksposisi, langkah awalnya adalah menentukan topik yang kemudian dituangkan ke dalam judul. Setelah itu, pernyataan penulis berdasarkan fakta dituangkan ke dalam bagain tesis, yang di dalamnya juga terdapat posisi penulis apakah pro ataukah kontra.    
  • Eksposisi ilustrasi yaitu teks yang memaparkan informasi atau penjelasan-penjelasan tertentu dengan caranya memberikan gambaran yang sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.
Contohnya;
Salah satu tanda pemanasan global adalah peningkatan suhu udara di bumi. Pada suatu kondisi tertentu, suhu udara di bumi diibaratkan pemanasan mesin kendaraan bermotor. Dampak pemanasan global dapat dirasakan dengan panasnya udara di sekitar kita. Udara yang pada umumnya dirasakan biasa, kini sudah melampaui batas normal. Hal itu seperti halnya mesin motor yang memanas karena dikendarai secara terus-menerus.
  • Eksposisi laporan yaitu paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.
Contohnya;
Salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan saat liburan adalah olah raga. Olah raga sendiri merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan oleh semua kalangan, terutama bagi anak sekolah yang sedang liburan bisa menjadikan kegiatan ini untuk mengisi waktu kosong. Beberapa olah raga mudah yang bisa dilakukan seperti bulu tangkis, renang, lari, sepak bola, voli, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Eksposisi perbandingan yaitu eksposisi yang gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan dengan yang lain.
Contohnya;
Pemerintah telah menyediakan listrik dengan tarif murah. Setiap orang dapat menjadi pelanggan listrik dengan tidak banyak mengeluarkan biaya. Sementara itu, petromaks memerlukan perawatan yang lebih cermat dan banyak menggunakan bahan bakar bila dibandingkan dengan sebuah tenaga pembangkit listrik. Petromaks hanya dapat menghasilkan sebuah sumber terang dan hanya bermanfaat untuk penerangan. Dengan sebuah pembangkit tenaga listrik dapat dihasilkan ribuan, bahkan jutaan watt listrik’ dan bukan hanya dipergunakan untuk penerangan, tetapi juga untuk keperluan-keperluan lain. Listrik terdapat di kota-kota. Petromaks biasanya dipergunakan di tempat-tempat yang tidak ada listrik atau di desa-desa.
  • Eksposisi pertentangan yaitu eksposisi ini berisi tentang hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.
Contohya;
Terdapat keunikan yang sangat menarik dari planet Merkurius. Lama rotasi dan revolusi planet ini berbanding terbalik.  Untuk berevolusi mengitari matahari, Merkurius membutuhkan waktu selama 88 hari. Sebaliknya, untuk berputar pada porosnya, 59 hari adalah waktu yang dibutuhkan oleh planet Merkurius. Perbedaannya sangat mencolok dengan bumi yang hanya membutuhkan waktu 1 hari.
Unsur Kaidah Penulisan Teks Eksposisi
Beberapa langkah tersebut, sebagai berikut.
  • Menentukan topik yang akan disajikan
 Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema. Dengan menentukan tema, pada saat  menulis kita lebih terfokus pada tema tersebut sehingga dapat lebih menjiwai tulisan yang dibuat. Adapun sifat topik-topik  yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai berikut.
  • Menentukan tujuan eksposisi
Setelah menentukan topik yang akan dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan  pemahaman kepada pembaca.
  • Memilih data yang sesuai dengan tema
Setelah menentukan tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan  yang diperlukan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat  kabar, maupun wawancara langsung.
  • Membuat kerangka karangan
Sebelum pembuatan karangan eksposisi, terlebih dahulu membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis.
  • Pembahasan dengan mengembangkan kerangka karangan
Setelah kerangka karangan tersusun, mengembangkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan,  eksposisi yang bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menjelaskan maksud dari  topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.
  • Membuat simpulan
Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis  tersebut.
Unsur kebahasaan Teks Eksposisi
1.Pronomina
Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Pronomina dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu pronomina persona dan pronomina nonpersona.
Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu Persona Tunggal
Contohnya seperti:
·ia,
·dia,
·anda,
·kamu,
·aku,
·saudara,
·-nya,
·-mu,
·-ku,
·si-.,
Persona Jamak Contohnya seperti:
·kita,
·kami,
·kalian,
·mereka,
·hadirin,
·para.
Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) yaitu Pronomina Penunjuk 
contohnya seperti;
-ini, 
-itu, 
-sini, 
-situ, 
-sana.
Pronomina penanya 
contohnya seperti;
-apa, 
-mana, 
-siapa.
2.Nomina dan Verba
Nomina (kata benda)
Merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan.
Nomina dasar contohnya;
·gambar,
·meja,
·rumah,
·pisau.
Nomina turunan contohnya;
·perbuatan,
·pembelian,
·kekuatan, dll.
Verba (kata kerja)
Merupakan kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses, atau keadaan yang bukan sifat. Dalam kalimat biasanya  berfungsi sebagai predikat.
3.Konjungsi
Kata penghubung (konjungsi).
Contohnya;
·pada kenyataannya,
·kemudian,
·lebih lanjut.
Untuk memperkuat argumentasi, kata hubung atau konjungsi dapat dimanfaatkan. Dalam konteks pengajuan pendapat tentang kebijakan bahasa ASEAN itu, penulis menghubungkan argumentasi dengan kata hubung pada kenyataannya, kemudian, dan lebih lanjut. Idealnya, argumentasi tidak disajikan secara acak. Kata hubung seperti itu dapat digunakan untuk menata argumentasi dengan cara mengurutkan dari yang paling kuat menuju ke yang paling lemah atau sebaliknya.

Contoh Paragraf Teks Eksposisi

Manfaat Lidah Buaya

Sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tanaman lidah buaya. Manfaat tanaman ini tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.
Walaupun sejak dulu dikenal mempunyai banyak manfaat, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat dijadikan sebagai komoditas yang sangat menguntungkan.
Para peneliti mengungkapkan banyak sekali manfaat yang terdapat dalam tanaman lidah buaya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tanaman tersebut :
1. Bagian tertentu dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, luka karena cedera ataupun luka karena terbakar.
2. Lidah buaya juga dikenal bersifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang disebabkan oleh cedera, dan lain sebagainya.
3. Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.
Sudah sangat jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi bisa dijadikan sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.
Mari kita lihat cara mengindentifikasi struktur Teks Eksposisi pada teks diatas yang berjudul Manfaat Lidah Buaya
-Tesis
Sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tanaman lidah buaya. Manfaat tanaman ini tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.
-Argumentasi
Walaupun sejak dulu dikenal mempunyai banyak manfaat, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat dijadikan sebagai komoditas yang sangat menguntungkan.
Para peneliti mengungkapkan banyak sekali manfaat yang terdapat dalam tanaman lidah buaya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tanaman tersebut :
1.Bagian tertentu dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, luka karena cedera ataupun luka karena terbakar.
2.Lidah buaya juga dikenal bersifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang disebabkan oleh cedera, dan lain sebagainya.
3.Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.
-Penegasan Ulang 
Sudah sangat jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi bisa dijadikan sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.

Demikian materi tentang Teks Eksposisi, semoga dapat menjadikan bahan materi yang berguna.

Sumber/ Referensi
1.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat                   Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum           dan     Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.                   Bandung: Yrama Widya


Monday, September 7, 2020

12 Macam Nama Batik Terkenal se Dunia.

 12 Macam Nama Batik Terkenal se Dunia.

 Di negara Indonesia banyak jenis batik, begitu banyak kakayaan negeri kita, antara lain batik.

Macam- macam batik

1.       Batik Megamendung

 


 

Batik Megamendung merupakan motif kain batik khas daerah Cirebon. Motif batik Megamendung sangat khas dengan bentuk awan besar berwarna cerah dan mencolok. Beberapa warna yang umum digunakan pada batik Megamendung adalah biru, merah tua, ungu, dan hijau tua.
2.       Batik Tujuh Rupa Pekalongan

 


 

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai daerah pengrajin batik dan pusat batik. Berbagai motif batik yang elegan banyak dihasilkan di kota Pekalongan. Ciri khas batik Pekalongan yakni didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan. Batik Pekalongan akan sangat cantik apabila dikombinasikan dengan pakaian berbahan polos.
3.       Batik Parang Rusak

 


Motif batik ini pasti sering sekali kalian lihat. Motif batik Parang Rusak merupakan motif batik yang sangat populer di kalangan pecinta batik. Motif batik Parang Rusak mengandung arti mendalam, yakni peperangan manusia dalam melawan sifat buruk dan nafsu selama hidup. Batik Parang Rusak sangat sering digunakan untuk berbagai kerajinan berbahan batik.
4.       Batik Keraton

 


 

Batik Keraton merupakan batik yang awalnya dibuat oleh para putri dan pengrajin batik yang ada di lingkungan Keraton. Motif batik Keraton ini sangat kental dengan nuansa elegan, sakral dan sarat akan filosofi kehidupan. Karenanya, dulu batik Keraton hanya boleh digunakan oleh sebagian orang saja
5.       Batik Priyangan Tasikmalaya

 


 

Batik Priyangan Tasikmalaya terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki corak yang rapat, rapi, dan berkelas. Dominasi motif rumput dan tumbuh-tumbuhan menjadi identitas utama batik Priyangan.
6.    Batik Lasem

 


 

Batik Lasem adalah batik yang berasal dari daerah bernama Lasem yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Batik Lasem memiliki ciri khas warna merah menyala. Hal ini disebabkan karena batik Lasem sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina.
7.       Batik Bali

 




Ragam batik khas Pulau Dewata ini juga tak kalah populer, lho! Motif batik Bali banyak terinspirasi dari berbagai hewan seperti kura-kura, burung bangau, dan rusa. Warna-warna yang digunakan pada batik Bali juga dominan warna cerah, seperti biru, kuning, dan ungu.
8.       Batik Pring Sedapur Magetan

 



 

Batik Pring Sedapur Magetan merupakan pilihan batik dengan motif sederhana dan simpel. Meskipun begitu, batik Pring Sedapur sarat akan makna filosofis. Motif batik ini didominasi oleh gambar-gambar tanaman bambu yang mengandung arti hidup rukun dan tentram.
9.       Batik Malang

 



 

Kota Malang, Jawa Timur juga punya motif batik kebanggaan. Batik Malang memiliki ciri khas warna cerah. Motif batik Malang juga unik, yakni kombinasi gambar-gambar candi yang ada di kota tersebut.
10.    Batik Betawi




Jakarta juga punya batik, lho! Batik Betawi kerap ditampilkan dalam pameran kebudayaan Betawi ataupun digunakan pada acara-acara bergengsi seperti perhelatan Abang None Jakarta. Pilihan warna-warna cerah yang mencolok dipadukan dengan motif unik khas Betawi seperti ondel-ondel, pucuk rebung, nusa kelapa, dan gambang kromong menjadi ciri khas batik Betawi.

11.   Batik Cimahi

 



 

Motif Cirendeu  diambil dari Singkong atau sampeu yang merupakan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat sekitar selama 80 tahun, , pada motif Cirendeu ini, motif daun singkong dan ketela .
Motif Ciawitali bermotif lukisan bambu dan anyamannya. Inspirasinya datang dari seorang warga Cimahi yang merupakan penggagas Asosiasi Bambu Sedunia. Ciawitali sendiri merupakan nama suatu kampung di Kecamatan Cimahi Tengah yang banyak ditumbuhi rumpun bambu.
12.   Batik Bandung Barat
Batik Oncom

 



 

Pancawarna oncom dengan gambar bunga bakung memiliki makna tersendiri. Bunga bakung atau yang disebut dengan bunga lily merupakan sekumpulan tanaman hias yang sangat indah dengan berbagai warna dan bisa hidup diberbagai lingkungan.


Demikian macam batik yang ada di Indonesia.

Sumber : Berbagai sumber