SOAL PG TEKS ANEKDOT KELAS X SEMESTER 1
1. Perhatikan struktur anekdot
:
(1) Koda
(2 ) Krisis
(3 ) Abstraksi
(4) Reaksi
(5) Orientasi
Urutan struktur teks anekdot yang tepat adalah ….
A. 3-5-4-2-1
D. 3-2-4-5-1
B. 3-5-2-4-1 E.
3-4-2-5-1
C. 3-4-5-2-1
2. Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah….
A. Struktur teks orientasi-krisis-reaksi
B. Memiliki pesan moral
C. Memiliki unsur lucu
D. Berbentuk cerita
E. Menggelitik
3. Berikut ini yang termasuk unsur kebahasaan kecuali ...
A. Konjungsi menyatakan yang menyatakan hubungan waktu
B. Kalimat retoris
C. Kalimat tanya
D. Kata kerja aksi
E. Kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu
4. Bacalah teks anekdot tersebut!
Kisah Pemulung
Pada siang hari di sebuah kompleks perumahaan yang kelihatan mewah
terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak Pemulung. Masalah yang mereka debatkan
adalah hal remeh yaitu di lingkungan perumahan itu, memang sudah banyak
ditempel papan dengan tulisan “Pemulung Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada
pemulung yang tidak menaati aturan tersebut.
Pak RT : “Pak sedang
cari apa di tempat sampah itu?”
Pemulung :“Ya, sudah tentu cari barang bekas atau botol plastik
yang dapat didaur ulang.”
Pak RT : “Maaf ya Pak,
Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu gerbang perumahan ini, tidak?”
Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”
Pak RT : “Di papan itu
tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di perumahan
ini?”
Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca
tulisan yang di papan itu, tentu saya
tidak akan jadi pemulung, Pak!”
Pak RT kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban
pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia
tidak bisa baca papan larangan pemulung.
Dari teks anekdot di atas, makna tersiratnya adalah...
A. Masih banyak orang miskin di sekitar kita!
B. Pemulung dilarang masuk!
C. Banyak pemulung yang tidak menaati peraturan.
D. Ternyata angka buta aksara disekitar kita masih
banyak.
E. Teranyata masih banyak pemulung disekitar kita.
5. Dari teks anekdot di atas, konjungsi yang menyatakan hubungan
waktu adalah ...
A. Kemudian
B. Dan
C. Yang
D. Dengan
E. Di
Perhatikan teks di bawah ini !
(1) Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200
selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank
menahan mobilnya itu sampai utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu
kembali ke bank membayar $200 ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll
–nya. (4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai
Roll Royce perlu pinjaman $200 lalu jawabnya, “Saya harus ke Eropa selama enam
bulan dan di mana lagi saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10? “ (5)
Si petugas melongo dan sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik
Roll Royce.
6. Orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat ….
A. (1)
D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
7. Bagian krisis pada teks anekdot tersebut adalah …
A. Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan
menjaminkan mobilnya.
B. Seorang pemilik Roll Royce meminta bank menahan
mobilnya sampai utangnya lunas.
C. Seorang pemilik Roll Royce membayar utang dan mengambil
mobilnya.
D. Seorang pemilik Roll Royce meminjam uang di bank dan menitipkan
mobilnya dengan cara menjaminkan mobil tersebut.
E. Seorang pemilik Roll Royce memberikan jawaban yang membuat si
petugas bank melongo dan tertawa.
Perhatikan teks di bawah ini !
Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana.
Saat tiba sesi tanya jawab si Ali bertanya pada dosen, ”Apa kepanjangan dari
KUHP,Pak?” Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si
Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Ali!”
pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!”
tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala,
seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara
tahu jawaban itu?” Dasar si Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan
tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’
begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.
8. Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian …
A. Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana.
B. Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.
C. Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis
Perkara.
D. Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad.
E. Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawab pertanyaan
dosen.
9. Arti istilah ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks tersebut
adalah ….
A. Setiap perkara dikenai biaya
B. Setiap perkara dapat ditindaklanjuti dengan uang
C. Setiap perkara dapat diselesaikan dengan uang
D. Setiap perkara tidak dapat diuangkan
E. Setiap perkara tidak dapat diselesaikan
10. Makna tersirat pada
teks anekdot di atas adalah...
A. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang
Hukum Pidana.
B. Mengkritik Bapak dosen sedang memberikan kuliah hukum pidana.
C. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.
D. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap.
E. Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP.
11. Yang bukan termasuk partisipan dalam teks anekdot di atas
adalah ...
A. Dosen
B. Ali
C. Ahmad
D. Mahasiswa
E. Saudara Ahmad
12. Teks anekdot berjudul KUHP terdapat kritikan dalam kalimat ...
A. Apa kepanjangan KUHP, Pak?
B. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis
Perkara, Pak …!
C. Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka
berpandang-pandangan
D. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya
menggeleng-gelengkan kepala seraya
menambahkan pertanyaan kepada
Ahmad
E. Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas
Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama!
Holmes dan Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi . Di
tengah malam, Holmes terbangun dan membangunkan Watson. “Watson,” katanya,”Lihat
ke langit dan katakan apa yang kamu lihat.” “Saya melihat jutaan bintang,
Holmes,” kata Watson.
“Dan apa kesimpulannya, Watson?”
Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya, “ Berdasarkan astronomi,
ada jutaan galaksi dan mungkin milyaran planet. Menurut astrologi, saya
mengamati bahwa Saturnus berada di dalam Leo. Menurut horologi, saya
menyimpulkan bahwa waktu mendekati tiga seperempat pagi, menurut meteorology,
saya kira besok harinya bagus. Menurut teologi, saya lihat bahwa Tuhan
Mahakuasa dan kita begitu kecil tak berarti. Menurutmu sendiri apa, Holmes?”
“Watson, tenda kita dicuri orang!”
13. Isi teks anekdot
tersebut adalah …
A. Holmes dan Watson sedang berkemah.
B. Holmes membangunkan Watson dan menanyakan sesuatu
kepadanya.
C. Watson menjawab pertanyaan Holmas dengan rinci.
D. Watson menguasai beberapa ilmu.
E. Watson tidak menyadari tenda mereka dicuri.
14. Dari teks anekdot diatas yang menunjukkan seru adalah ...
A. Dan apa kesimpulannya, Watson?
B. Saya melihat jutaan bintang, Holmes
C. Lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat
D. Watson, tenda kita dicuri orang!
E. Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya
Bacalah susunan teks anekdot berikut ini dengan saksama!
(1) “Kita sudah memenuhi permintaanmu.” kata editor itu
memberitahu si pengarang.
(2) Artikel itu disertai dengan sepucuk surat dari pengarangnya :
“Atur saja pemberian tanda bacanya dengan benar dan terbitkan seluruh
ceritanya.”
(3) “Tapi di waktu yang akan datang, silakan kirimkan saja
pemberian tanda bacanya. Lalu kita terkenal karena menulis artikel kita
sendiri.”
(4) Gondolin, seorang penerbit dan editor yang terkenal dari
harian Italia IL Mesagero, menerima sebuah artikel yang agak buruk dari seorang
temannya yang sekaligus seorang politikus.
15. Susunan
potongan-potongan teks yang tepat hingga menjadi anekdot yang utuh dan padat
adalah …
A. (4)-(1)-(2)-(3) D. (4)-(2)-(1)-(3)
B. (4)-(3)-(1)-(2) E. (4)-(3)-(2)-(1)
C. (4)-(2)-(3)-(1)
Bacalah teks anekdot berikut ini
Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “
Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari
banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di
sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan
berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan
menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk
menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu
semua anak dan Bu guru tertawa.
16. Pada anekdot tersebut,
kalimat yang menunjukkan koda adalah …
A. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.
B. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
C. Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari
banjir”jelasnya
D. Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya
E. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi
Bacalah teks berikut!
Cuma Takut Tiga Roda
(1) Suatu hari, saat Abdurahman Wahid menjabat sebagai Presiden
RI, ada pembicaraan serius yang dilakukan seusai menghadiri sebuah rapat di
istana Negara.
(2) Pembicaraan bertopik isu terhangat.
(3) Diketahui, pembicaraan itu mengenai wabah demam berdarah yang
kala itu sedang melanda kota Jakarta.
(4) Gusdur pun sibuk memperbincangkan penyakit mematikan tersebut.
(5)“Menurut Anda, mengapa demam berdarah saat ini semakin marak di
Jakarta, Pak?” tanya seorang menterinya.
(6) “Ya karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang bemo, becak,
dan sebentar lagi bajaj dilarang beredar di Kota Jakarta ini.
(7) Padahal kan, nyamuk sini cuma takut sama tiga roda.”
17. Krisis yang terdapat
pada teks anekdot ditunjukan dengan nomor
A. 1 dan 2
D. 5 dan 6
B. 2 dan 3 E. 7
C. 4
Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!
Malik : “Tuan Abdul, saya
sudah cari kemana-mana tetapi saya tidak menemukan kambing yang punya taduk sejengkal manusia.”
Abdul : “Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat
pengumuman keseluruh negeri bahwa kita membutuhkan seekor kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia untuk
disembelih.
18. Abstraksi yang tepat untuk kutipan teks anekdot di atas
adalah…
A. Pada suatu hari Tuan Malik mencari kambing yang sudah
seminggu menghilang.
B. Tuan Abdul membuat sayembara perihal pencarian kambing.
C. Akhirnya kambing itu ditemukan.
D. Tuan malik tidak mencari kambing yang punya tanduk sejangkal
manusia.
E. Kemudian Tuan malik dan tuan Abdul bersepakat membuat sayembara
untuk mencari kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia.
19. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya
sebagai sarana untuk...
A. Menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia
nyata
B. Mempertahankan bangsa agar berpegang tegus terhadap Pancasila
C. Sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya
akademis
D. Menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada
bidang-bidang layanan tersebut
E. Memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan
20. Yang termasuk kedalam sifat-sifat anekdot secara umum
adalah....
A. Aneh D. Nyata
B. Membosankan E. Nyaman
C. Khayalan
21. Perhatikan teks berikut
!
Manager :
“Perusahaan kita butuh satpam yang kredibel. Syaratnya harus punya wajah galak,
tegas, tak kenal kompromi dan ditakuti orang. Apakah diantara pelamar kerja,
ada kandidat yang memenuhi kriteria tersebut ?
Staff HRD : “Kalau
diantara pelamar, tidak ada Pak. Tapi saya punya calon yang sangat cocok dengan
kriteria bapak tersebut.”
Manager :
“Bagus. Siapa dia?”
Staff HRD : “Istri
saya, pak”
Teks tersebut merupakan teks...
A. Anekdot
D. Narasi
B. Eksposisi
E. Dialog
C. Humor
Perhatikan teks di bawah !
Suatu hari ada tukang roti yang lewat depan rumah, terus teman gue
si Enggar manggil. Tidak lama kemudian tukang roti tersebut datang menghampiri
kami yang lagi duduk santai di taman depan rumah.
Enggar :
“Roti apa aja yang ada bang ?”
Tukang Roti :
“Macam-macam, dek.”
Enggar :
“Yang ini roti rasa apa yah bang ?”
Tukang Roti : “Yang
ini coklat.”
Enggar :
“Kalau yang ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti : “Ini
rasa strawberry dek.”
Enggar :
“Kalau ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti : “Kalau
yang ini rasa nanas dek.”
Enggar :
“Terus rotinya mana bang ? dari tadi kok ngomongnya buah-buahan terus ?
emangnya abang jual buah apa jual roti ? Kalo kaya gini caranya gue enggak jadi
beli bang.”
Tukang Roti :
*Hening*
Seketika itu tukang roti mendadak pingsan.
22. Kalimat menyatakan
peristiwa masa lalu yang ada dalam teks anekdot di atas adalah ...
A. Kemarin
D. Besok
B. Suatu hari E.
Kemarin
C. Minggu lalu
23. Teks di atas termasuk
dalam teks...
A. Humor D.
Cerita
B. Anekdot
E. Deskripsi
C. Eksposisi
D. Narasi
24. Isi dari teks di atas adalah...
A. Menanyakan tentang roti coklat saja
B. Si Enggar membeli roti coklat, strawberry, dan nanas.
C. Enggar hanya menanyakan rasa roti, tidak jadi membeli
roti.
D. Bercerita di depan rumah dengan tukang roti
E. Tukang roti membawa buah.
Perhatikan teks di bawah ini !
Tiga orang
tengah terdiam menikmati kehangatan sauna, yaitu orang dari Amerika, Jepang dan
Indonesia. Keheningan di dalam ruangan sauna dipecahkan oleh bunyi
bip..bip..bip… Orang Amerika membuka telapak tangan kirinya, dan membaca
tulisan yang tertulis ditelapak tangannya itu,. Dua rekannya itu dengan kagum
melihat tulisan yang muncul ditelapak tangan orang Amerika tersebut.
“Oh, telapak
tangan saya telah ditanamkan chips, sya dapat langsung menerima pesan SMS tanpa
alat, SMSnya langsung tampil ditelapak tangan saya…”ujar si Amerika ketika
melihat kedua rekannya bengong.
Sesaat kemudian,
terdengar dering telepon, orang Jepang mengangkat tangan kanannya, jempol di
dekatnya ke telinga sedangkan jari kelingking ke bibirnya, “Oh maaf, saya
terima telepon dulu, tangan saya sudah berisi chips, saya dapat menerima dan
berbicara melalui dua jari saya tanpa menggunakan HP” kata si Jepang.
Melihat semua
itu, orang Indonesia mulai gugup. Apa yang bisa saya tunjukkan untuk
mengalahkan orang-orang ini ? pikirnya. Karena stress, keinginannya untuk buang
air besar tidak tertahankan lagi.
Usai buang air,
dia kembali lagi ke ruang sauna, tetapi karena tidak biasa membasuh bokongnya
dengan kertas toilet, seuntai kertas toilet masih berjuntai di belahan
bokongnya. Dengan keheranan orang Jepang dan orang Amerika menunjuk ke untaian
kertas ‘sisa’ tersebut dan berkataa “kertas apa itu yang terganutng dibokong
anda…?”. “oh maaf, saya baru terima Fax..” jawab orang Indonesia tersebut
25. Teks di atas merupakan
teks…
A. Anekdot D. Humor
B. Eksposisi E. Singkat
C. Narasi
26. Tujuan teks tersebut
untuk…
A. Menyindir D. Observasi
B. Menangis E. Mencari Ide
C. Menghibur
27. Contoh anekdot dalam
kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...
A. Keramik
B. Lukis pasir
C. Karikatur
D. Lukisan Abstrak
E. Puisi cinta
28. Cerita yang lucu dan mengesankan serta singkat dan menarik,
biasanya mengenai orang penting berdasarkan kejadian sebenarnya, merupakan
pengertian dari....
A. Teks Eksposisi
B. Teks Anekdot
C. Teks Laporan Hasil Observasi
D. Teks Negosiasi
E. Teks Prosedur Kompleks
29. Yang merupakan unsur-unsur teks anekdot, kecuali....
A. Judul
B. Partisipan
C. Humor
D. Kritik
E. Pujian
30. Struktur teks anekdot yang tepat, yaitu....
A. Abstraksi – Koda – Orientasi – Krisis – Reaksi
B. Orientasi – Abstraksi – Reaksi – Krisis – Koda
C. Abstraksi – Orientasi – Krisis – Reaksi – Koda
D. Koda – Reaksi – Krisis – Orientasi – Abstraksi
E. Reaksi – Abstraksi – Krisis – Orientasi – Koda
31. Bagian terjadinya masalah atau hal unik dalam struktur teks
anekdot disebut....
A. Krisis
B. Abstraksi
C. Koda
D. Reaksi
E. Orientasi
32. Bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot
disebut....
A. Abstraksi
B. Orientasi
C. Krisis
D. Reaksi
E. Koda
33. Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang
memberikan kuliah hukum pidana.
Kutipan kalimat diatas merupakan salah satu bagian dari struktur
teks anekdot, yaitu....
A. Koda
B. Krisis
C. Reaksi
D. Abstraksi
E. Orientasi
34. Saat sesi tanya jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen.
“Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan
melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara
Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis
Perkara, Pak ...!”
Kutipan paragraf diatas merupakan salah satu bagian dari struktur
teks anekdot, yaitu....
A. Abstraksi
B. Krisis
C. Koda
D. Reaksi
E. Orientasi
35. Kelas kembali berlangsung normal.
Kutipan kalimat diatas merupakan salah satu bagian struktur teks
aneksot, yaitu....
A. Abstraksi
B. Orientasi
C. Koda
D. Krisis
E. Reaksi
36. Yang merupakan tujuan penulisan teks anekdot, yaitu....
A. Memberi petunjuk
B. Memberi argumentasi
C. Membuat bingung
D. Menghibur
E. Menganalisis
37. Sindiran dalam teks anekdot dapat diungkapkan dengan antonim.
Pasangan kata dibawah ini yang merupakan antonim, kecuali....
A. Benar – Salah
B. Adil – Tidak adil
C. Kaya – Miskin
D. Rajin – Malas
E. Target – Sasaran
38. Anekdot yaitu jenis teks yang berisi .... lucu, konyol, atu
menjengkelakan seabgai akibaat dari krisis yang di tanggapi dengan reaksi,
adalah.....
a. Jawaban-jawaban
b. Pertanyaan-pertanyaan
c. Peristiwa-peristiwa
d. Kalimat-kalimat
e. Sanggahan- sanggahan
39. Ciri-ciri anekdot yaitu, kecuali....
a. Bersifat menyindir
b. Lucu
c. Membuat sebagian orang tersinggung
d. Meenjengkelkan
e. Membosankan
40. ..... merupakan suatu riangkasan yang lengkap dan menjelaskan keseluruhan isi artikel
ilmiah dan di tempatkan pada bagian awal artikel ilmiah. Adalah pengertian
dari....
a. Koda
b. Krisis
c. Abstraksi
d. Orientasi
e. Reaksi
41. Persyaratan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk
bernegosiasi, adalah....
a. Banyak kawan
b. Ditakuti oleh pihakk lawan
c. Banyak berbicara yang tidak jelas
d. Mempunyai kemampuan berkomunikasi
e. Acuh- tak acuh
Teks bacaan untuk no 42-45
KUHP Dalam Anekdot
Seoraang dosen fakultas hokum suatu universitas sedang membrikan
kuliah hokum pidana. Uasanaa kelas biasa-biasa saja.
Saat sesi Tanya-jawab tiba, ali bertanya kepada pak dosen.”apa
kepanjangan KUHP pak?” pak dosen tiba menjawab sendiri, melainkan
melemparkannya kepada ahmad. “saudara ahmad, coba dijawab pertanyaan saudara
ali taadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas ahmad mejawab, “Kasih Uang Habis
Perkara, pak...!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanyaa
menggeleng –gelengkan kepala seraya menmbahkan pertanyaan kepada ahmad. “
saudara ahmad, dari mana saudara tahu jawaban itu?”dasar ahmad, pertanyaan pak
dosen dijawabnya dengan tegas, “peribahasa inggris mengatakan pengalaman adalah
guru yang terbaik, pak....?”. Semua mahasiswa dikelas itu tercengang. Mereka
berpandang pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kembali berlangsung normal.
42. Pada teks bacaan diatas tentukanlah pada paragraph berapakah
yang termasuk struktur teks abstraksi, adalah...
a. Paragraf 1
b. Paragrap 2
c. Paragrap 3
d. Paragraph 4
e. Paraagraf 2 dan 4
43. Pada kalimat, “mahasiswa tercenggang dan tertawa, sedangkan
dosen menggeleng-gelengkan kepala (paragraf 3)”, adalah termasuk kalimat
struktur teks....
a. Orientasi
b. Abstraksi
c. Koda
d. Krisis
e. Reaksi
44. Pada kalimat dibawah ini pilihllah mana yang termasuk kalimat
struktur teks orientasi adalah....
a. Seorang dosen memberikan kulih hokum pidana (paragraf 1)
b. Suasana kelas biasa-bisa saja (paragraf 1)
c. Dengan tegas ahmad menjawab, “ Kasih Uang Habis Perkara,
pak...! (paragraf 2)
d. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak. (paragraf 3)
e. Kelas kembali berlangsung normal ( paragraf 4)
45. Siapakah partisipan yang digambarkan dalam anekdot tersebut,
adalah
a. Pak dosen
b. Ali
c. Ahmad
d. Ali dan ahmad
e. Pak dosen dan ali
46. Berikut termasuk cara memperoleh bahan-bahan referensi untuk
teks anekdot, keucali….
a. Koran
b. Internet
c. Lawakan
d. Imajinasi
47. Kalimat berikut yang termasuk unsur lucu/konyol/jengkel dari
teks anekdot adalah….
a. Katakanlah hal kebenaran.
b. Perhatikan kehidupan orang miskin.
c. Kesenangan sesaat akan menghancurkan masa depat.
d. Ibu yang memuji tindakan anaknya yang salah.
48. Perhatikan penggalan teks anekdot berikut!
Pada malam jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan
blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya
nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah kebetulan
disana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan
bingkisan.
Dalam teks tersebut yang termasuk peristiwa penting adalah….
a. Pada malam jumat, sejumlah politisi melakukan
”blusukan” ke daerah-daerah banjir.
b. Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya
nama).
c. Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah.
d. Kebetulan disana banyak wartawan meliput.
49. Perhatikan teks anekdot berikut!
Seorang tua tengah menggembalakan keledainya dipadang rumput,
tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh. “Cepat larinya,”
teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si
keledai tetap kalem berjalan. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan
musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua. “Lalu
apa peduliku dengan siapa yang akan ku layani? Toh bebanku sama saja.” Si Tua
pun berlari meninggalkan keledai.
Konjungsi yang digunakan pada teks tersebut adalah….
a. Tetapi dan sedangkan
b. Sedangkan dan tiba-tiba
c. Tetapi dan namun
d. Tiba-tiba dan meskipun
50. Perhatikan teks anekdot berikut!
Setiap hari orang tua Iwan selalu bekerja. Mereka jarang pulang
kerumah karena harus mengisi acara seminar maupun diklat. Sudah satu bulan
lamanya mereka tidak bertemu anaknya. Rasa kangen pun mendera. Sang bapak ingin
menguji anaknya, apakah dia mencintai dan merindukannya.
Bapak: Wan, apakah kamu sayang terhadap orang tuamu?
Iwan: Sangat sayang. Aku selalu merindukan ayah dan ibu ketika aku
sendiri di rumah (jawab Iwan bohong).
Bapaknya lega mendengar perkataan Iwan. Beliau percaya kalau
anaknya sangat menyayangi orang tua.
Ayahnya kemudian berdoa, ‘Ya, Tuhan terima kasih Kau telah
titipkan kepada hamba seorang anak yang baik. Berikan dia hukuman jika salah.”
Seketika itu, Iwan jatuh pingsan. Bapaknya segera melarikannya kerumah sakit.
Iwan langsung mendapatkan pertolongan tim medis dan masuk ruang ICU. Ayahnya
hanya menangis.
Partisipan yang terlibat dalam teks anekdot itu adalah….
a. Bapak
b. Iwan
c. Bapak, Iwan, dan tim medis
d. Bapak dan Iwan
51. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan
dalam membuat teks anekdot, kecuali….
a. Melakukan pengamatan atau perenungan untuk menemukan ide cerita
yang minimal mengandung krisis dan reaksi unik yang lucu.
b. Ide cerita yang paling sederhana adalah dalam bentuk
tanya-jawab yang jawabannya aneh dan bisa membuat pembaca tertawa.
c. Mengembangkan ide cerita menjadi teks anekdot dengan
memberi latar, tokoh, dan dialog.
d. Mengusahakan rangkaian dialognya membentuk rangkaian event,
krisis, dan reaksi.
52. Membandingkan antara dua kriteria dengan kenyataan baik dari
segi struktur ini maupun bahasa (kosakata, ejaan, dan struktur kalimat).
Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….
a. Mengidentifikasi
b. Menelaah
c. Menganalisis
d. Mengabstraksi
53. Berikut ini termasuk mengevaluasi struktur isi dalam teks
anekdot, kecuali….
a. Mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dianggap sebagai
karangan utuh (lengkap)
b. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga
layak dibaca atau dimengerti orang lain
c. Mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai
d. Mempertanyakan apakah ada paragraph yang menyimpang
54. Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek….
a. Isinya
b. Struktur teksnya
c. Unsur kebahasannya
d. Makna tersirat
55. Berikut ini termasuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan saat
mengevaluasi teks ankedot, kecuali….
a. Apa yang dilakukan?
b. Siapa partisipan/tokoh dalam teks tersebut?
c. Siapa yang kita sindir?
d. Sudah runtutkah rangkaian peristiwanya?
56. Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki….
a. Unsur kebahasaan
b. Struktur teks
c. Struktur da nisi teks
d. Unsur lucu/jengkel/konyol
57. Berikut ini termasuk struktur teks anekdot, kecuali….
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Puncak pertikaian
d. Koda
58. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!
Pada suatu hari, Onyod si Tukang Becak berniat membeli makan
siangnya selepas mengayuh becaknya selama setengah hari. Tibalah ia disebuah
rumah makan sederhana milik Odah.
Kalimat ke dua pada penggalan anekdot di atas tergolong ke dalam
bagian…
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. reaksi
E. koda
59. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!
(1) “Anda telah membuang sampah sembarangan, yaitu puntung rokok”,
tegas petugas itu. (2) Dengan sigap Azam menjawab, “Oh…, maaf terjatuh.” (3)
Lalu, diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya lagi. (4)Petugas
itu hanya terbelalak keheranan. (5)Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.
Koda yang terdapat pada paragraf di atas adalah...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
60. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!
…
Suatu ketika si Azam sedang
berlibur, tetapi tampaknya ia tak
tahu akan adanya peraturan itu. Ia merokok sendirian sambil duduk di bangku.
Karena rokoknya sudah hampir habis, ia membuang puntung rokoknya begitu saja
dan jatuh persis di sisi kaki kanannya. Tanpa
disangka-sangka, tiba-tiba datang
petugas dan menegur Azam dengan
suara tegas.
Abstraksi yang tepat untuk teks di atas adalah...
A. Singapura termasuk salah satu negara yang bersih.
B. “Tahukah Anda bahwa Anda
telah melakukan pelanggaran?” “Tidak tahu.
C. Diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya lagi.
D. Pada suatu hari Zuki
sedang berlibur.
E. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.
61. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!
(1) Saat sesi tanya-jawab
tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. (2) “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” (3) Pak
dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad.
(4)“Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen.
(5) Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”
Krisis yang terdapat pada teks di atas adalah...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
62. Bacalah teks berikut!
Cuma Takut Tiga Roda
(1) Suatu hari, saat Abdurahman Wahid menjabat sebagai Presiden
RI, ada pembicaraan serius yang dilakukan seusai menghadiri sebuah rapat di
istana Negara. (2) Pembicaraan bertopik isu terhangat. (3) Diketahui,
pembicaraan itu mengenai wabah demam berdarah yang kala itu sedang melanda kota
Jakarta.
(4) Gusdur pun sibuk memperbincangkan penyakit mematikan tersebut.
(5) “Menurut Anda, mengapa demam berdarah saat ini semakin marak
di Jakarta, Pak?” tanya seorang menterinya.
(6) “Ya karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang bemo, becak,
dan sebentar lagi bajaj dilarang beredar di Kota Jakarta ini. (7) Padahal kan,
nyamuk sini cuma takut sama tiga roda.”
Krisis yang terdapat pada teks anekdot ditunjukan dengan nomor…
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 4
D. 5 dan 6
E. 7
63. Bacalah teks berikut!
Obrolan Presiden
(1) Seperti biasa, setiap presiden selalu ingin memamerkan apa
yang menjadi kebanggaan negerinya. (2) Tidak lama presiden Amerika, Cliton,
mengeluarkan tangannya dan sesaat kemudian dia berkata, “Wah kita sedang berada
di atas New York!”
(3) Presiden Indonesia (Gus
Dur), “Lho, kok, bisa tau, sih?”
(4) “Itu… Patung Liberty
kepegang!” jawab Clinton dengan bangganya.
(5) Enggak mau kalah,
Presiden Prancis, Jacques Chirac, ikut menjulurkan tangannya keluar.
Orientasi yang terdapat pada teks tersebut ditunjukan dengan
nomor…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
64. Bacalah teks anekdot berikut!
KUHP DALAM ANEKDOT
Seorang dosen fakultas hukum
suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas
biasa-biasa saja.
Saat sesi tanya-jawab tiba,
Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan
melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara
Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas
Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya
menggeleng-gelengkan kepala seraya
menambahkan pertanyaan kepada
Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana
Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya
dengan tegas, “Peribahasa Inggris
mengatakan pengalaman adalah guru yang
terbaik, Pak …!” Semua mahasiswa
di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa
terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.
Makna tersirat pada teks anekdot di atas adalah...
A. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang
Hukum Pidana.
B. Mengkritik Bapak dosen sedang memberikan kuliah hukum pidana.
C. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.
D. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap.
E. Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP.
65. Bacalah teks anekdot tersebut!
Kisah Pemulung
Pada siang hari di sebuah kompleks perumahaan yang kelihatan mewah
terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak Pemulung. Masalah yang mereka debatkan
adalah hal remeh yaitu di lingkungan perumahan itu, memang sudah banyak
ditempel papan dengan tulisan “Pemulung Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada
pemulung yang tidak menaati aturan tersebut.
Pak RT: “Pak sedang cari apa di tempat sampah itu?”
Pemulung :“Ya, sudah tentu cari barang bekas atau botol plastik
yang dapat didaur ulang.”
Pak RT : “Maaf ya Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan
pintu gerbang perumahan ini, tidak?”
Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”
Pak RT: “Di papan itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas
kenapa Bapak nekat masuk di perumahan ini?”
Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca
tulisan yang di papan itu, tentu saya
tidak akan jadi pemulung, Pak!”
Pak RT kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban
pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia
tidak bisa baca papan larangan pemulung.
Dari segi makna tersirat, teks anekdot di atas dapat
diinterpretasikan sebagai...
A. Masih banyak orang miskin di sekitar kita!
B. Pemulung dilarang masuk!
C. Banyak pemulung yang tidak menaati peraturan.
D. Ternyata angka buta aksara disekitar kita masih
banyak.
E. Teranyata masih banyak pemulung disekitar kita.
66. Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!
…
Malik : “Tuan Abdul, saya
sudah cari kemana-mana tetapi saya tidak menemukan kambing yang punya taduk sejengkal manusia.”
Abdul : “Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat
pengumuman keseluruh negeri bahwa kita membutuhkan seekor kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia untuk
disembelih.
Abstraksi yang tepat untuk kutipan teks anekdot di atas adalah…
A. Pada suatu
hari Tuan Malik mencari kambing yang sudah seminggu menghilang.
B. Tuan Abdul membuat
sayembara perihal pencarian kambing.
C. Akhirnya kambing itu
ditemukan.
D. Tuan malik tidak
mencari kambing yang punya tanduk sejangkal manusia.
E. Kemudian Tuan malik
dan tuan Abdul bersepakat membuat sayembara untuk mencari kambing yang memiliki
tanduk sejengkal manusia.
67. Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!
…
Petugas SPBU : …??
Menyadari kekonyolan pertanyaan itu muka mahasiswa berubah menjadi
merah. Mesin SPBU menunjukkan angka 20.000, si mahasiswa segera membayar dan
pergi dengan perasaan malu.
Orientasi yang tepat untuk cuplikan teks anekdot di atas adalah…
A. Seorang mahasiswa yang membeli bensin ikut mengantre
dan ia berada di urutan belakang.
B. Muka mahasiswa itu berubah merah.
C. Pada suatu hari di sebuah Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum
sedang ada antrean panjang.
D. Si mahasiswa segera membayar dan pergi dengan perasaan malu.
E. Suatu hari seorang
mahasiswa sedang berlatih mengemudi.
68. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!
Rokok
Andi berjalan menuju halte, dimana orang-orang ingin menunggu bus.
Setelah sampai di halte, dia bertanya kepada seorang buruh pabrik yang sedang
menunggu bus kopaja sambil merokok. Lalu Andi memulai percakapan.
“Haduh... tebal dan jorok sekali asap bus Mayasari Bakti.”
Lalu buruh pabrik itu merespon pernyataan Andi, “Iya nih.. Asap
kopaja juga tebal.” Lalu Andi membalas.
“Bagaimana tanggapan Anda jika melihat orang yang menyebabkan
polusi lebih dari asap bus itu?”
Abstraksi yang tepat untuk teks anekdot di atas adalah...
A. Suatu hari banyak sekali penumpang menunggu bus di
halte.
B. Suatu hari, Andi sedang menunggu bus di terminal.
C. Ketika itu, Andi sedang menunggu seorang buruh pabrik di
stasiun.
D. Andi pergi meninggalkan buruk pabrik itu di halte.
E. “Haduh tebal sekali asap kopaja itu!”
69. Teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa
menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang….
a. Ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum
b. Suatu fakta
c. Realita kehidupan
d. Opini dari para tokoh
70. Salah satu tujuan dari dibuatnya teks anekdot adalah untuk….
a. Mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya
b. Menghibur pembacanya
c. Menghilangkan stress
d. Refresing dari berbagai aktivitas
71. Anekdot merupakan sebuah cerita singkat yang lucu dan
menghibur yang mungkin merupakan….
a. Kehidupan pribadi
b. Kisah manusia dan kehidupannya
c. Manusia dan realitanya
d. Pengalaman seseorang
72. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali….
a. Bersifat menghibur
b. Mengungkapkan kebenaran yang lebih umum
c. Bersifat mengejek seseorang
d. Terilhami dari kejadian nyata
73. Abstraksi merupakan bagian awal paragraf yang berfungsi
memberikan gambaran tentang isi teks dan biasanya menunjukan….
a. Hal yang unik
b. Latar belakang peristiwa itu terjadi
c. Hal yang tidak biasa terjadi pada tokoh cerita
d. Tokoh cerita menyelesaikan masalah pada bagian krisis
74. Salah satu unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks anekdot
adalah pertanyaan retoris, yang artinya….
a. Pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban
b. Pernyataan singkat
c. Pernyataan dari tokoh yang mengalami peristiwa dalam cerita
d. Pernyataan umum dari peristiwa
75. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus dilakukan
dalam menganalisis teks anekdot, kecuali….
a. Membaca teks anekdot dengan seksama anekdot
b. Memahami teks anekdot dengan baik
c. Menganalisa struktur teks, yaitu memisahkan bagian
abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda
d. Menemukan kata kias, konjungsi, kalimat retoris (jika ada)
76. Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan
mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal berdasarkan….
a. Penelitian dilapangan
b. Cerita fiksi
c. Hasil observasi
d. Kejadian yang sebenarnya
77. Bagian dalam teks anekdot, yang memunculkan hal atau masalah
yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang
diceritakan adalah….
a. Orientasi
b. Krisis
c. Koda
d. Konkluksi
78. Berikut ini termasuk bagian yang ada dalam teks anekdot,
kecuali….
a. Orientasi
b. Krisis
c. Reaksi
d. Analisis
79. Perhatikan teks berikut!
Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis
yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah
menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa
petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala
usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak
memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.
Makna tersirat dari teks tersebut adalah….
a. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilaangkan bau amis.
b. Pasaran buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan
dalam negeri tetapi sudah merambah hingga perdagangan luar negeri.
c. Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat
kecil seperti bola, tetapi memiliki khasiat yang tidak kecil seperti bentuknya.
d. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan
berkhasiat menyembuhkan penyakit
80. Perhatikan kalimat berikut!
Di sebuah desa, hiduplah seorang janda dengan anaknya. Hari ini
tidak ada kepulan asap di dapur.
Kalimat tersebut termasuk struktur teks anekdot bagian….
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Krisis
d. Reaksi
No comments:
Post a Comment