Saturday, February 20, 2021

SOAL ESSAY BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER GENAP

 SOAL ESSAY BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER GENAP

1. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengonstruksi teks negoisasi!

Jawaban:

  a. Menentukan tujuan

  b. menentukan pihak-pihak yang berkaitan

  c. menentukan konflik

 d. menentukan solusi dalam penawaran

 e. menentukan model kesepakatan


2. Sebutkan berbagai tujuan yang dicapai dari teks negosisasi!

Jawaban:

 a. Untuk memperoleh jalan keluar berupa kesepakatan antara pihak-pihak yang berkepentingan

b. Untuk mempersatukan perbedaan pendapat yang ada antara pihak-pihak yang berkepentingan

c. Untuk menghindari kerugian seperti memberatkan salah satu dari pihak-pihak yang berkepentingan.


3. Sebutkan ciri-ciri dari teks negoisasi jika dilihat berdasarkan isinya!

Jawaban:

 a. Negoisasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling sepakat ataupun kedua belah pihak sepakat untuk tidak sepakat.

b. Tiap-tipa pihak yang bernegoisasi memperjuangkan kepentingannya masing-masing.

c. Negoisasi merupakan sarana untuk menapai penyelesaian

d. Negoisasi bertujuan praktis, yaitu mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.


4. Jelaskan tentang bagian-bagian dari struktur teks negoisasi!

Jawaban:

 a. Pembukaan

Biasanya pembukaan ini berisi pengenalan diri, salam dan sapa yang bertujuan sebagai pengiring topik

b. Isi

Bagian isi teks negoisasi berisi mengenai inti pembahasan. Bagian isi dalam teks negoisasi ini terbagi menjadi dua yaitu penyampaian materi serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Sedangkan yang disebut dengan tawar-menawar dan penyelesaian masalah adalah bagian yang berisi negoisasi atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian.

c. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian terakhir dalam teks negosiasi dan biasanya berisi tentang basa-basi yang memiliki arti, seperti ucapan terima kasih dan sebagainya.

5. Bagian isi dalam teks negoisasi terdiri atas penyampaian materi, serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Jelaskan tentang pernyataan tersebut!

Jawaban: penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Adapun tawar-menawar dan penyelesaian masalah adalah bagian yang berisi negosiasi atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian.

6. Sebutkan kaidah teks negoisasi yang baik!

Jawaban:

 a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu kata.

b. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.

c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.

d. Jelaskan pandanganmu, buat kesimpulan dari pandangan tersebut, kemudian kamu dapat mengatakan jika kamu tidak setuju dengan mitra negosiasi.

e. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi untuk menunjukkan bahwa kamu telah mengerti.

f. Minta alasan dari pihak mitra negosiasi (mengapa ya/mengapa tidak).

g. Jangan menyela argumentasi dari pihak mitra negosiasi, dengarkan, dan cari titik lemahnya.


7. Jelaskan tentang bagian orientasi dari teks negoisasi kompleks!

Jawaban: orientasi merupakan struktur yang pertama kali muncul, dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi. Penggunaan kata dalam bagian ini mengarah pada ucapan basa-basi seperti sapaan, salam dan sebagainya.


8. Jelaskan tentang inti dari teks negoisasi!

Jawaban: inti dari teks negosiasi adalah sebuah komunikasi yang digunakan ketika ada perbedaan kebutuhan/kepentingan yang mengakibatkan sebuah pertentangan. Pertentangan tersebut akan dilerai dan dipecahkan dengan sebuah perundingan (negoisasi), di mana kedua belah pihak dapat merasa diuntungkan.


9. Apa yang dimaksud dengan mengevaluasi teks negoisasi!

Jawaban: mengevaluasi teks negoisasi artinya kegiatan melakukan perbaikan terhadap teks negoisasi yang telah ada. Dengan melakukan evaluasi diharapkan teks negoisasi menjadi lebih baik. Untuk dapat mengevaluasi sebuah teks tentunya diperlukan ketelitian yang tinggi.


10. Apa yang dimaksud dengan teks negoisasi?

Jawaban:

Teks negoisasi adalah sebuah teks yang di dalamnya berisi interaksi sosial antara satu pihak dengan pihak lain yang disebabkan oleh adanya suatu kepentingan yang berbeda atau saling bertentangan dan hal ini mengharuskan adanya sebuah penyelesaian (keputusan) agar dapat tercapai suatu kesepakatan antara kedua belah pihak.

11. Jelaskan berbagai metode yang dapat digunakan dalam kegiatan debat!

Jawaban: ada beberapa metode yang dapat diterapkan dalam debat, yaitu sebagai berikut.

 a. Metode logika dapat digunakan jika diperlukan pemahaman dan keterampilan di dalam menggunakan ilmu logika.

b. Metode dialektika dapat digunakan jika diperlukan pemahaman dan keterampilan di dalam bertanya. Kegiatan debat dilakukan dengan menentukan penanya dan penjawab bergantaian.


12. Apa yang dimaksud dengan debat? Jelaskan menggunakan bahasamu sendiri!

Jawaban: debat merupakan kegiatan adu argumentasi dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah atau perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok.


13. Jelaskan perbedaan antar debat antartim dan debat Lincoln-Douglas!

Jawaban:

 a. Debat antartim merupakan salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen bagi pihak mereka. Di babak kedua perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk membantah argumen dari pihak lawannya dari babak pertama tadi.

 b. Perdebatan Lincoln-Douglas merupakan jenis perdebatan yang dibentuk untuk memungkinkan satu pihak menyajikan argumen mereka. Kemudian, tim lain memeriksa silang argumen tersebut. Tim kedua menyajikan argumen mereka dan tim pertama yang akan memeriksa silang argumen tersebut. Akhirnya, setiap tim diberi kesempatan untuk saling memberikan sanggahan terakhir.


14. Jelaskan tentang peraturan dalam debat parlemen!

Jawaban: debat parlementer bukanlah debat kusir atau adu argumen tanpa peraturan, sepeti yagn umum dikenal di Indonesia. Dalam sistem debat parlemen, setiap tim akan dterdiri atas beberapa pembicara (dua pada British, dan tiga pada Asian dan Australasian). Masing-masing tim akan berada di sisi yang berlawanan (Affirmative/Government dan Negative/Opposition) dengan stance-nya masin-masing terhadeap suatu topik yang dikenal dengan sebutan motion (yang berarti pergerakan, karena pada sistem debat parlementer, topik yang dibahas selalu berupa suatu perubahan yang akan diterapkan di dunia global, terutama negara-negara demokratis).

15. Bagaimana cara berdebat dengan benar? Jelaskan menggunakan bahasamu sendiri!

Jawaban: cara debat yang baik atau benar harus dilandasi dengan aturan yang berlaku. Misalnya, tidak ada penghinaan. Menyampaikan kritik dengan pedas adalah sah, tetapi jika sampai menghina pihak lawan (personally), itu tentu tidak dibenarkan. Untuk itu, dalam kegiatan debat sangat diperlukan seorang moderator yang bisa bertindak atau menengahi acara debat tersebut, sehingga dapat mencegah hal-hal buruk atau negatif yang terjadi dalam debat.


16. Sebutkan berbagai alasan yang mendorong seseorang/sekelompok orang untuk melakukan debat!

Jawaban: ada berbagai alasan yang mendorong orang untuk berdebat, antara lain sebagai berikut.

 a. Meyakinkan orang lain bahwa opini dia lebih baik

b. Mendengarkan opini orang lain terhadap suatu isu.

c. Menemukan solusi yang terbaik untuk suatu masalah


17. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam menganalisis isi debat!

Jawaban:

 a. Menuliskan 5W + 1H yang dibicarakan

 b. Menentukan topik pembicaraan dalam debat

 c. Menentukan tema debat

 d. Menyimpulkan isi debat dengan alasan logis


18. Sebutkan cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik dalam suatu debat!

Jawaban:

a. Kuasailah topik yang akan diperdebatkan

b. Carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran

c. Kupaslah topik tersebut secara mendalam

d. Tangkaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang dibicarakan.


19. Sebutkan kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam debat!

Jawaban:

 a. Sampaikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal!

b. Gunakan bahasa yang baik dan benar

c. Sesuaikan gagasan dengan topik yang diperdebatkan

d. Gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas


20. Sebutkan berbagai hal yang dapat dilakukan untuk membuat kesimpulan pada akhir acara debat!

Jawaban:

 a. Kumpulkan semua hasil debat

 b. Simpulkan dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas

c. Kesimpulan harus mewakili seluruh rangkaian debat.

d. Gunakan bahasa yang baik dan benar

e. Buatlah kalimat-kalimat yang bersifat persuasif.

21. Jelaskan pengertian biografi berdasarkan kata dasarnya....

Jawaban: Biografi berasala dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya tersebut, biografi dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang.


22. Sebutkan ciri-ciri dari teks biografi....

Jawaban: 

 a. Biografi memiliki struktur yang terdiri atas orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.

b. Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.

c. Fakualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang dicertakan dalam tokoh biografi tersebut.


23. Siapa saja yang dapat diceritakan dalam teks biografi? Jelaskan dengan bahasamu sendiri dengan singkat....

Jawaban: Biografi dapat mengisahkan tentang kehidupan seseorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Namun, kebanyakan biografi bercerita tentang tokoh sejarah, tokoh idola, dan 

Sebagainya.


24. Jelaskan tentang jenis-jenis biografi....

Jawaban: penulisan biografi dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Untuk jenis biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta daru kehidupan seseorang serta peran pentingnya, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.


25. Sebutkan manfaat yang diambil dari sebuah biografi.....

Jawaban: Manfaat biografi yaitu dapat meneladani sikap dan perilaku tokoh, mempelajari makna hidup, dan mencontoh keberhasilan hidup tokoh.


26. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan biografi.....

Jawaban: 

 a. Bahan utama berupa benda-benda, seperti buku harian, suarat-surat, kliping koran, dan sebagainya.

b. Bahan pendukung berupa biografi lain, buku referensi atau sejarah yang memaparkan peranan orangdalam biogarfi tersebut, dan sebagainya.


27. Sebutkan berbagai unsur kebahasaan yang aa dalam teks biografi....

Jawaban: Unsur- unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi, antara lain kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas, tempat, dan kata kerja.


28. Jelaskan perbedaan antara biografi singkat dengan biografi panjang....

Jawaban: untuk biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya. Adapun untuk biografi panjang meliputi berbagai informasi bersifat penting, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.


29. Mengapa saat ini penyajian biografi ditulis secara kronologis....

Jawaban: penyajian biografi saat ini, biasanya ditulis secara kronologis. Berdasarkan hal tersebut berarti teks biografi termasuk teks naratif yang tergolong pada teks marko. Sebagai teks makro, teks biografi memiliki struktur teks yang tidak harus sama, bergantung pada bagaimana penulis menyampaikan gambaran tentang tokoh dan pristiwa yang dialaminya.


30. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan teks biografi....

Jawaban: 

  a. Mengandung keaslian (autentik) sesuai dengan peristiwa sebenarnya dilengkapi bukti yang akurat.

  b. Memberikan gambaran utuh tentang kepriadian tokoh dengan cara menguraikan secara seimbang antara kelebihan dan kekurangannya, meliputi prestasi yang pernah diraih, pengorbanan yang dilakukan, jasa yang pernah disumbangkan kepada bangsa dan negara, juga kebiasaan kurang baik yang dimiliki.

c. Disajikan dalam bentuk wacana yang indah berupa gabungan antara narasi dan deksripsi.

d. Menggunakan pola penulisan utuh dan berkesinambungan meskipun di dalamnya terdiri atas bagian-bagian cerita yang terpisah.

31. Apa yang dimaksud dengan antologi puisi....

Jawaban: buku yang memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair.


32. Sebutkan ciri-ciri antalogi puisi....

Jawaban:

 a. Terdiri atas beberapa puisi.

b. Karya dari seorang penulis atau beberapa penulis.


33. Jelaskan tentang unsur intrinsik puisi....

Jawaban:

 a. Tema, gagasan pokok atau ide yang menjadi dasar suatu puisi.

b. suasana merupakan unsur pemikiran dan perasaan penyair yang mampu membuat suatu suasana terhadap pembaca atau pendengar setelah membaca atau mendengar suatu puisi.

c. Imaji merupakan gambaran yang ditimbulkan ketika membaca puisi tersebut melalui indra manusia, pendengaran, pengelihatan, perabaan, dan sebagainya.

d. Simbol merupakan unsur puisi yang menyatakan bahwa kata-kata dalam puisi sebagai suatu lambang untuk maksud dan tujuan yang lain.

e. Musikalitas puisi (nada/bunyi), sebuah puisi disusun atas kata-kata tertentu yang penuh makna dan indah untuk didengar yang berfungsi terhadap keseluruhan makna yang terdapat dalam puisinya.

f. Gaya bahasa merupakan cara penyair menyampaikan pikiran dan perasaan saat membuat puisi tersebut.

g. Amanat merupakan pesan dari penyair kepada pembaca atau pendengar setelah memahami tema, bunyi, dan makna dalam puisi tersbut.


34. Sebutkan jenis-jenis puisi baru....

Jawaban: Belanda, Himne, Ode, Epigram, Romansa, Elegi, Soneta, dan sebagainya.


35. Jelaskan yang dimaksud dengan struktur fisik puisi dan struktur batin puisi....

Jawaban: struktur fisik puisi merupakan unsur pembangun puisi yang bersifat fisik atau nampak dalam bentuk susunan kata-kata. Adapun struktur batin puisi merupakan unsur pembangun puisi yang tidak tampak langsung dalam penulisan kata-katanya.


36. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk memahami makna puisi....

Jawaban: a. Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau lirik karna kata-kata tersebut merupakan inti baris tersebut.

b. Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau parafrasa.

c. Menafsirkan makan kata.

d. Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata.


37. Mengapa puisi lebih bersifat konotaif jika dibandingkan dengan karya sastra lain....

Jawaban: karna banyak digunakan makna hias dan makna lambang. Dibandingkan dengan bentuk dengan bentuk karya sastra lain, puisi lebih bersifat konotatif. Bahasanya lebih banyak mengandung kemungkinan makna. Hal ini disebabkan ternjadinya pengonsentrasian atau pemadatan segenap kekuatan bahasa dalam puisi. Apabila dilihat dari segi bentuk penulisannya, puisi memiliki suatu tata wajah atau penampilan khusus diatas kertas, yang biasa disebut tipografi.


38. Mengapa setiap penyair memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda....

Jawaban: setiap penyair mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan pikiran dan perasaan saat membuat puisitersebut. Ada beberapa hal yang menyebabkan perbedaan pemilihan kata pada puisi, seperti bedanya zaman, pengalaman hidup penyair, perbedaan tempat budaya, dan sebagainya.


39. Bagaimana cara mendemonstrasikan antologi puisi....

Jawaban: Mendemonstrasikan antalogi puisi akan berbeda dengan membaca sebuah teks cerita. Penjiwaan dan penghayatan dalam demonstrasi atau musikalisasi antalogi puisi harus diperhatikan. Kita juga harus memperhatikan lafal dan intonasi yang jelas. Memahami isi puisi adalah upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi agar dapat mengungkapkan makna tersirat dari untaian kata yang tersirat.


40. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendemonstrasikan antologi puisi....

Jawaban: a. Vokal merupakan hal pertama yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi. Suara yang lantang, bersih, dan jernih akan sangat berpengaruh dalam mendemonstrasikan puisi. Dalam hal ini, vokal mencangkup artikulasi, diksi, tempo, dinamika, modulasi, intonasi, jeda, dan pernapasaan.

b. Penampilan merupakan faktor lain untuk keberhasilan seseorang dalam membaca puisi. Penampilan ini berkaitan dengan kepribadian atau performance sesorang diatas pentas saat mempersembahkan sebuah puisi.usahakan terkesan tenang, tak gelisa, tak gugup, berwibawa dan meyakinkan serta mengasyikan (tidak demam panggung). Hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penampilan saat mendemonstrasikan antologi puisi, antara lain gerak, komunikasi, ekspresi, dan konsentrasi.

41. Jelaskan perbedaan antara buku fiksi dan nonfiksi.....

Jawaban: Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau cerita yan dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang.buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat bedasarkan fakta, realita, atau hal-hal, yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.


42. Sebutkan jenis-jenis buku fiksi dan nonfiksi....

Jawaban: jenis-jenis buku fiksi, antara lain novel, cerpen, drama, puisi, dan sebagainya. Jenis-jenis buku nonfiksi antara lain buku biografi, buku motivasi, buku keterampilan, dan sebagainya.


43. Siapa saja biasanya yang membuat buku nonfiksi? Jelaskan disertai contoh....

Jawaban: dibuat oleh profesioanal di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pegetahuan yang dimilikinya. Misalnya, buku tentang bisnis yang dibuat oleh pembisnis sukses, buku motivasi yang dibuat oleh motivator, dan sebagainya.


44. Mengapa buku nonfiksi lebih populer di kalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca? Jelaskan disertai contoh....

Jawaban: karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh kebutuhan. Misalnya, buku sukses bertanam mangga. Buku ini akan laku di pasaran, karena kebutuhan orang yang ingin bertanam mangga dengan sukses. Dengan membeli buku ini, pembaca dapat langsung memperoleh informasi mengenai cara bertanam mengga yang baik tanpa berusaha payah harus bertanya pada ahlinya.


45. Apa yang dimaksud dengan resensi....

Jawaban: kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film, dengan cara memaparkan data-data, sipnosis, dan kritikan terhadap karya tersebut.


46. Sebutkan berbagai tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku ilmiah....

Jawaban: a. Membantu pembaca mengetahui gembaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.

b. Mengetahui kelebihan atau kelemahan buku yang diresensi.


 

c. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.

d. Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.

e. Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan subtansi buku.


47. Jelaskan unsur–unsur dalam pembuatan resensi....

Jawaban: a. Judul resensi harus memiiki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Judul yang menarik juga akan memberi nilai lebih dari oada sebuah resensi.

b. isi resensi buku memuat tentang sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, keunggulan dan kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa.

C. Pada bagian penutup biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.


48. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam meresensi buku ilmiah....

Jawaban: a. Carilah dan tentukan buku fiksi dan buku nonfksi yang akan dibuat resensi.

b. Catatlah identitas buku yang akan diresensi, seperti jenis buku, judul buku, nema pengarang nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dan harga buku.

c. Catat dan pahami tujuan dana latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku. Buatlah daftar pokok-pokok isi buku secara keseluruhan.

d. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku

e. Tulis ringkasan materi dari buku yang dibuat resensi secara jelas dan sistematis.

f. Pada akhir resensi berilah saran dan kesimpulan, apakah buku yang kita resensi tersebut layak dibaca atau tidak.


49. Baik buku fiksi maupun nonfiksi memiliki tujuan sendiri yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Jelaskan tentang pernyataan tersebut....

Jawaban: sebagaia pemabaca kita diberi kebebasan untuk memilih jenis buku yang paling disukai untuk dibaca atau membaca buku untuk tujuan tertentu, seperti memberi motivasi pada diri sendiri dengan membaca buku motivasi atau buku budidaya yang akan memberikan keterampilan khusus kepada pembacanya.


50. Apa yang dimaksud dengan menganalisis....

Jawaban: Menelaah adalah kegiatan mengkaji sebuah teks untuk meneliti struktur dan bahasa teks tersebut secara mendalam.


Demikian contoh soal essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester Genap


Saturday, February 6, 2021

Soal PG Cerpen dan Kunci Jawaban Kelas XI

SOAL PG CERPEN dan KUNCI JAWABAN KELAS XI


Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no 1 s.d. 3! 

Pikiranku langsung terlempar dalam kenangan saat aku kelas enam SD waktu mencium bau obat yang menyengat dalam ruangan ini. Suatu hari sepulang sekolah aku langsung menuju ruang Unit Gawat Darurat sebuah rumah sakit umum karena sakit perut yang membuatku tidak bisa berjalan, hanya bisa mengerang.Semula aku masih bisa menahan rasa takut berada di sekeliling orang yang terbaring di atas kasur tipis beralaskan seprai putih, sampai tiba-tiba segerombolan perawat berpakaian putih mendorong dengan cepat sebuah kasur beroda dan dihentikannya tepat di sebelah kasurku. Di atasnya terbaring pria botak berlumur darah. Dia tidak bergerak sama sekali. Mulutnya menganga, mata terpejam menghadapku. Kata orang yang mengantar, orang di sebelahku ini kecelakaan sepeda motor. (Benjolan, karya Harry Pratama)


1. Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan cerpen di atas adalah ….

A. orang pertama sebagai tokoh utama

B. orang pertama sebagai tokoh sampingan 

C. orang pertama dan ketiga

D. orang ketiga serba tahu

E. orang ketiga terbatas

2. Jenis alur dalam kutipan cerpen di atas adalah …

  A. alur maju

  B. alur sorot balik

  C. alur ganda

  D. alur linier

  E. alur ganda dan maju

3. Watak tokoh aku yang penakut, dalam kutipan cerpen di atas disampaikan melalui ….

  A. dialog antar tokoh

  B. komentar tokoh 

  C. tindakan tokoh

  D. pikiran tokoh

  E. penjelasan pengarang

4. Permasalahan yang diangkat dalam penggalan cerpen di atas adalah ….

  A. ketakutan tokoh aku menyaksikan korban kecelakaan di rumah sakit

  B. ketakutan tokoh aku disuntik obat bius

  C. tokoh aku sedang menahan sakit perut

  D. korban kecelakaan di rumah sakit 

  E. kekuatiran tokoh ketika diperiksa dokter di rumah sakit

      Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no 5 s.d. 6!

         "Saya ingin lagu gending Jawa."  "Tolong Pak Sopir. Bapak ini tidak suka lagu pop Indonesia, padahal lagu itu kesukaan saya. Dia minta ditukar saja dengan gending Jawa." "Tetapi saya tidak punya kaset  gending Jawa," kata sopir  "Saya punya. Saya tidak pernah meninggalkan kaset gending Jawa, setiap saya bepergian. Ini kaset lagu kesukaan saya. Gending Jawa." Para penumpang mendengarkan lagu itu. Tetapi beberapa saat saja kemudian, terdengar orang berteriak: "Bolehkah lagu itu ditukar?"        

5.  Hal yang menarik dari kutipan cerpen di atas adalah ….

  A. Para penumpang mendengarkan lagu

  B. tokoh aku yang masih menyukai gending Jawa dan selalu membawa kasetnya 

  C. tokoh lain yang berteriak meminta tukar lagu

  D. para tokoh mempermasalahkan lagu-lagu yang didengarkan

  E. para tokoh menyukai musik

6. Nilai budaya yang terdapat dalam penggalan cerpen di atas adalah ….

A. mencintai lagu pop  

B. naik kendaraan sambil mendengarkan musik

C. mendengarkan musik bersama-sama

D. mencintai lagu daerah

E. mencintai lagu-lagu          


Cermati paragraf paragraf berikut untuk menjawab soal 7 s.d. 9!

Sementara itu Martini bersiap untuk mendengarkan dengan seksama penuturan ibunya. ”Tiga bulan lalu rumah yang dibuat suamimu atas biaya dari kamu sudah jadi. Letaknya di dusun sebelah sana. Namun, sejak itu pula kesengsem sama seorang wanita. Wanita itu adalah tetangga barunya. Dua bulan lalu mereka menikah dan meninggalkan Andra bersama si Mbok. Tentu saja si Mbok marah besar kepadanya. Namum, apa daya, si Mbok hanyalah wanita yang sudah renta, sedang ayahmu sudah tiada, dan uang yang si Mbok pegang pun pas-pasan. Mau mengirim surat kepadamu si Mbok tidak bisa, kamu tahukan si Mbok buta huruf. Mau minta tolong kepada siapa lagi, sedangkan kamu adalah anakku satu-satunya. Kamu tidak mempunyai saudara yang bisa si Mbok mintai tolong untuk mengirimkan surat kepadamu, sedangkan anakmu, Andra masih kelas 1 SD”. Mendengar penuturan ibunya, Martini langsung menangis, ia sedih, marah dan kalut. ”Mengapa si Mbok tidak melaporkannya ke Pak Kadus dan Pak Kades, dan beliau pun sudah berjanji untuk membantu si Mbok. Namun, sampai saat ini si Mbok belum mendapatkan jawabannya. Sedangkan suamimu sendiri dan istri barunya, tampak tak peduli dengan suara-suara miring para tetangga. Dan untuk lapor ke KUA, si Mbok tidak berpikir sampai ke situ, maafkan si Mbok,” tambah ibunya dengan suara yang terdengar bergetar.

7. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

A. Dengarkan nasihat yang baik dari orang-orang di sekitar kita, termasuk orang tua kita.

B. Janganlah terlalu mengatur kehidupan dan perekonomian anak yang sudah berkeluarga.

C. Siapa pun tetap akan berdosa apabila melawan kepada suami, apalagi kepada orang tua.

D. Seorang suami harus membiayai keluarga, setia terhadap istri, dan adil terhadap istrinya.

E. Orang tua hendaklah mengarahkan sesuatu yang baik kepada anaknya, bukan yang buruk.

8. Cara pendeskripsian watak si Mbok seorang yang tidak berdaya adalah ….

A. secara langsung

B. dialog antartokoh

C. pikiran-pikiran tokoh

D. tanggapan tokoh lain

E. lingkungan di sekitar tokoh


9. Apa yang membuat Martini sedih terhadap suaminya?

A. Martini merasa marah, kecewa, terhadap sikap suaminya.

B.   Rasa dendam Martini terhadap suaminya yang beristri lagi.

C. Rasa jengkel Martini terhadap suaminya yang tidak pulang.

D. Kemarahan suami Martini yang tidak terkendalikan.

E. Perasaan sangat malu Matini atas tingkah laku suaminya.


10. Cermati kutipan teks cerpen Berikut!

Tetapi, dari Lebaran ke Lebaran semakin banyak saja orang-orang yang datang ke tukang jahit itu. Cerita tentang jarum dan benang ajaib itu mungkin membuat banyak orang penasaran. Tapi barang kali pula karena dari Lebaran ke Lebaran memang semakin banyak orang yang kian tenggelam dalam kekecewaan. Mereka ingin menjahitkan kekecewaan mereka kepada tukang jahit itu. Mereka antre agar bisa menikmati kebahagiaan Lebaran. Dikutip dari: Agus Noor, “Tukang Jahit”dalam Cinta di Atas Perahu Cadik Cerpen Kompas Pilihan 2007


Kutipan teks tersebut merupakan struktur teks bagian ….

A. abstrak

B. orientasi

C. komplikasi

D. konflik

E. resolusi


11. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!


…. Sudah hampir jam satu malam, ketakutan menyerangku. Aku ingin menelepon ke rumah, tapi kupastikan Mak Yem menunggu ayah di rumah sakit. Tiba-tiba aku merasa bersalah, ini sebuah egoisme. Aku dan Yu Ning kejar karir dan selalu lupa kalu masih punya ayah yang harus kami perhatikan. Selalu lupa menelepon beliauhanya untuk mengucapkan, “Halo”. Padahal, sebelum keberangkatanku ke Jakarta, ayah bilang, “Kalian berdua memilih karir di Jakarta. Tak seorang pun memang ingin bersama laki-laki tua sepertiku. Aku tahu tidak ada yang harus disalahkan, setiap anak pasti mencari sarangnya yang baru. Tapi, sesekali teleponlah aku. Itu sudah lebih dari cukup.”

Dikutip dari Ratna Indraswari Ibrahim, “Ayah Pulang” dalam http://cerpen kompas. ordpress.com/2007

Suntingan yang tepat untuk kalimat yang bercetak miring sesuai dengan EBI adalah….

A. Aku dan Yu Ning dikejar karir dan selalu lupa kalau masih punya Ayah yang harus kami perhatikan.

B. Aku dan Yu Ning terkejar karir dan selalu lupa kalau masih punya Ayah yang harus kami perhatikan.

C. Aku dan Yu Ning pengejar karir dan selalu lupa kalau masih punya Ayah yang harus kami perhatikan.

D. Aku dan Yu Ning mengkejar karir dan selalu lupa kalau masih punya Ayah yang harus kami perhatikan.

E. Aku dan Yu Ning mengejar karir dan selalu lupa kalau masih punya Ayah yang harus kami perhatikan.


12. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!

(1) Godril terbangun dari tidurnya pada tengah malam (2) Wajahnya pucat dan berkeringat. (3) Tubuhnya pun basah karena keringat yang bercucuran. (4) Dia berusaha memejamkan matanya, tetapi tetap gagal. (5) Tatapannya terbentur pada langit-langit kamar hotel dan terbangun oleh mimpi-mimpi yang menakutkan.

Dikutip dari: Hamdani M.W., “Peti Mati”dalam Romansa, Yogyakarta, Labuh, 2005.

Kalimat tunggal ditunjukkan oleh kalimat nomor….

A. (5)

B. (4)

C. (3)

D. (2)

E. (1)


13. BacalahKutipan cerpen berikut


Terik. Hari ini begitu panas, sampai-sampai cahaya matahari membuatkulitku hampir terbakar.Jemuranpun sekejab kering. Bau asap-asap polusi menyergap masuk ke paru-paru membuat kotor udara. Ditambah suara bising kendaraan yang lalu lalang dihadapan-ku, membuat suasana bertambah pengap dan panas. Aku hanya bisa melihat orang-orang itu di dalam mobil dengan AC yang membuat mereka sejuk. Berbeda dengan diriku, anak laki-laki dengan baju kumal berdiri di tepi jalan sambil membawa payung di genggaman. Aku hanya bisa menunggu hujan turun dan seseorang datang untuk menggunakan jasaku.

Dikutip dari: http://cerpenmu.com/cerpen-keluarga/di-balik-sebuah-payung.html..

Latar yang terdapat dalam kutipan cerpen….

A. pagi hari, di rumah, sepi

B. siang hari, di jalan raya, ramai

C. sore hari, di terminal, ricuh

D. malam hari, di gedung tua, sepi

E. malam hari, di rumah, sepi

14. Bacalah kutipan cerpen berikut!


Aku pulang, perasaanku tak karuan. Dan aku tak tertidur. Aku memejamkan mata. Herman ada dalam kepala. Mengapa aku tak dapat melenyapkan dia dan memandang dirinya tanpa arti? Mengapa sedih hatiku memandang dia bercanda dengan gadis lain? Aku merasa semdiri dan terpecil. Sendiri dan terlupakan. Sendiri dan tak puny arti.

Konflik pada penggalan cerpen tersebut adalah ….

A. aku dengan dia

B. aku dengan Herman

C. aku dengan temanku 

D. aku dengan gadis lain

E. aku dengan diri sendiri

15. Bacalah kutipan cerpen berikut!


Ibu, barangkali Atik tidak akan terus berkerja di Kementerian Luar Negeri. Dalam gelap suara berisik itu terasa seperti angin malam, aku ingin meneruskan pekerjaan ayah di Dinas Kehutanan. 

Penggalan cerpen tersebut didominasi unsur intrinsik adalah …

A. setting

B. watak

C. alur

D. tema

E. amanat


16. Bacalah kutipan cerpen berikut!


Kemudian, ia sampai pada pemikiran bahwa yang jauh tetaplah di kejauhan. Yang dekat tetaplah pada kedekatan, kecuali yang jauh itu mendekat atau yang dekat itu menjauh. Miliknya akan tetap miliknya, kecuali ia rebut atau ia lepaskan. Begitu pun yang bukan miliknya akan menjadi miliknya jika merebutnya atau menerimanya dari orang lain. Kenangan dan imajinasi akan tetap seperti apa adanya. Dan kenyataan adalah di mana berada. Lalu, bocah itu tersenyum dengan penuh kemenangan. Kemenangannya atas sang nasib yang kini tidak akan bisa lagi merenggut kebahagiannya. (Hujan, Yeni Puspita)


Tema penggalan cerpen tersbut adalah …..

A. sesuatu yang jauh tidak akan ada pernah dekat

B. pasang surut nasib orang 

C. nasib harus diperjuangkan

D. tidak menyerah pada nasib

E. kita harus menerima kenyataan hidup


17. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!

”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”

”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”

(Gerhana, Muhammad Ali)

Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…

A. Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.

B. Orang yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara.

C. Kerukunan kampung dapat terganggu karena penebangan pohon papaya.

D. Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.

E. Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai.  


18. Cermatilah kutipan cerpen berikut!…


     Dari Jakarta yang sangat panas, penuh gedung pencakar langit, penuh polusi, dan juga gudangnya copet. Kini, aku berada di Ra’as, sebuah pulau yang kecil sebelahnya Madura. Di Ra’as sangat primitif sekali, mulai dari Jalan Makadam sampai dengan bangunan rumah. Sepengetahuanku, tak ada yang namanya bangunan rumah tingkat di sana. 

Kutipan cerpen di atas dibuka dengan cara ….

  A. mendeskripsikan suasana

  B. mendeskripsikan orang

  C. mendeskripsikan tempat

  D. mendeskripsikan waktu

  E. mendeskripsikan objek


19. Bacalah kutipan cerpen berikut!  


"Saya ingin lagu gending Jawa."  "Tolong Pak Sopir. Bapak ini tidak suka lagu pop Indonesia, padahal lagu itu kesukaan saya. Dia minta ditukar saja dengan gending Jawa." "Tetapi saya tidak punya kaset gending Jawa," kata sopir  "Saya punya. Saya tidak pernah meninggalkan kaset gending Jawa, setiap saya bepergian. Ini kaset lagu kesukaan saya. Gending Jawa." Para penumpang mendengarkan lagu itu. Tetapi beberapa saat saja kemudian, terdengar orang berteriak: "Bolehkah lagu itu ditukar?"   

Nilai yang terdapat dalam penggalan cerpen di atas adalah nilai ….

A. budaya

B. sosial      

D. agama

C. moral                

E. pendidikan


20. Bacalah kutipan cerpen berikut!


“Ya, “kata Grela, “Orang Gipsy bagian dari sejarah.” Dalam pandangan ayahnya yang untuk sesaat semakin kelam, Grela memalingkan mukanya dan memandang keluar jendela. Gelap semakin menjadi semakin pekat. Ada kesepakatan untuk tidak boleh membicarakan hal-hal yang hilang: sejarah yang mengalir dalam darah, sungai, tanah subur di tepi sungai, rumput, daun-daun birke yang gugur. Orang tidak juga berbicara tentang pengetahuan ….

Perasaan Grela yang terkandung dalam cuplikan cerpen di atas adalah ….

A. sedih dan tertekan

B. pasrah dan penuh harapan

C. putus asa dan dendam

D. cemas dan dendam

E. marah dan benci








Thursday, February 4, 2021

SOAL PG Teks Negosiasi Kelas X

Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!


1. Yang tidak termasuk struktur dari teks negosiasi adalah…


          A. Orientasi

B. Permintaan

C. Penawaran

D. Persetujuan

E. Penghiburan


2. Bentuk interaksi social yang berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama diantara pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan adalah pengertian dari…

A. Negosiasi

B. Cerita singkat

C. Anekdot

D. Prosedur kompleks

E. Pembuka


3. Tindakan yang dilakukan pertama kali agar negosiasi berjalan lancar adalah …


A. Membandingkan beberapa pilihan

B. Mengajak membuat kesepakatan

C. Menetapkan dan menegaskan kembali tujuan negosiasi

D. Memberikan alas an mengapa harus dibuat ksepakatan

E. Mengevaluasi kekuatan dan komitmen bersama


4. Tujuan dilakukannya negosiasi adalah untuk mencapai…


A. Memberikan informasi

B. Kesenangan semata

C. Keuntungan tersendiri

D. Kepentingan orang lain

E. Kesepakatan bersama


5. “mengucapkan salam-membalas salam” merupakan … dalam teks negosiasi.


A. Pembuka

B. Sapaan

C. Pasangan tuturan

D. Tatacara bertamu

E. Penutup


6. 1.)orientasi 3.)penawaran 5.) pemenuhan 7.) permintaan

2.) persetujuan 4.) penutup 6.) pembelian

Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah…


A. 1-7-3-5-2-6-4

B. 1-7-5-3-2-6-4

C. 1-7-5-3-2-4-6

D. 2-7-5-3-1-6-4

E. 1-7-5-3-2-6-4


9. bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah …


A. Imperative

B. Ekspresif

C. Persuasif

D. Interogatif

E. Deklaratif


10. kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah …


A. Imperative

B. Ekspresif

C. Persuasif

D. Interogatif

E. Deklaratif


11. konflik pada negosiasi biasanya terjadi pada bagian …


A. Orientasi

B. Penawaran

C. Persetujuan

D. Pembelian

E. Penutup


12. “ ini sudah murah, bu. Di tempat lain lebih mahal. “ kalimat tersebut adalah kalimat …


A. Persuasif

B. Introgatif

C. Deklaratif

D. Ekspresif

E. Imperative


13. negosiasi memprioritaskan kepentingan …


A. Bersama

B. Keluarga

C. Teman

D. Kelompok

E. Sahabat



14. negosiasi dapat dilakukan di …


A. Pasar

B. Toko

C. Sekolah

D. Tempat umum

E. Semua benar


15.  orientasi sama dengan 


A. Pembuka

B. Penutup

C. Isi

D. penawaran

E. Perserujuan


16. negosiasi dapat dilakukan beberapa orang, kecuali …


A. Sendiri

B. 2 orang

C. 12 orang

D. 20 orang

E. 5 orang


17. cara yang tepat untuk meyakinkan pihak lain dalam bernegosiasi adalah …


A. Dengan emosional

B. Mengemukakan pendapat dengan bijak

C. Menggunakan ancaman dan kekerasan

D. Mengjhina pihak lain

E. Bersikap tidak peduli dengan pihak lain


18. proses tawar-menawar antara dua pihak atau lebih, disebut …


A. Debat

B. Tanya jawab

C. Ngobrol

D. Negosiasi

E. Diskusi


19. struktur negosiasi secara umum adalah …


A. Pembuka , isi, penutup

B. Pernyataan umum^aspek yang dilaporkan

C. Tujuan^langkah-langkah untuk mencapai suatu tujuan

D. Tesis^argumentasi^pernyataan pendapat

E. Abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda


20. yang merupakan negosiasi adalah…


A. Diskusi di kelas

B. Tawar-menawar dalam jual-beli

C. Lomba debat

D. Tanya-jawab

E. Perbincangan politik


21. Apa yang dimaksud dengan teks negosiasi...

A. Interaksi sosial yang berfungsi untuk kesepakatan bersama
B. Interaksi sosial yang menimbulkan kekacauan
C. Interaksi sosial yang berfungsi untuk menanyakan alamat
D. Teks yang berisi lelucon
E. Teks yang berisi sindiran

22. Struktur pertama dalam negosiasi...
A. Pembelian
B. Permintaan
C. Penawaran
D. Pengajian
E. Orientasi

23. Struktur kedua dalam teks negosiasi...

A. Orientasi
B. Permintaan
C. Pemenuhan
D. Persetujuan
E. Penutup

24. Negosisasi dilakukan karena...

A. Adanya tawar menawar
B. Adanya kesepakatan
C. Adanya pertentangan
D. Tidak adanya uang
E Tidak ada masalah

25. Yang bukan contoh sederhana bernegosiasi dalam kehidupan adalah...

A. Tawar menawar
B. Debat politik
C. Membeli
D. menjual
E. Belanja

26. Tujuan negosiasi adalah...

A. Mengurangi perbedaan
B. Kesepakatan
C. Bertentangan
D. Keterbatasan
E. Salah semua
jawaban: a

27. Mengajak untuk kesepakatan merupakan tindakan yang dilakukan agar negosiasi berjalan...

A. ricuh
B. Kacau
C. Sepakati
D. Lancar
E. Tidak terpenuhi
jawaban: d

28. Salah satu struktur teks negosiasi adalah...

A. Langkah
B. Pemenuhan
C. Tujuan
D. Abstraksi
E. Tesis

29. Biasanya negosiansi dilakukan dengan...

A. Melalui sms
B. Dialog langsung
C. Melalui telepon
D. Melalui email
E. Melalui surat kabar

30. "Saya akan bicara kepada manajer Anda" dialog tersebut merupakan...

A. Permintaan
B. Orientasi
C. Persetujuan
D. Pemenuhan
E. Pembelian

31. Penyelesaian negosiasi dengan cara...

A. Marah-marah
B. Tenang
C. Tawar menawar
D. Memaki
E. Membunuh

32. Teks negosiasi biasanya mengandung...

A. Lelucon
B. Konflik
C. Candaan
D. Berita
E. Laporan

33. "Wah mahal. Rp. 300.000 gimana, Mba?" Dialog tersebut merupakan...

A. Permintaan
B. Penawaran
C. Pemenuhan
D. Persetujuan
E. Penutup

34. Ada berapa struktur yang terdapat dalam teks negosiasi...

A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
E. 7 

35. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang disebut negosiasi...
A. Win-Lose Strategy
B. Win-Win Solution
C. Lose-lOSE sTRATEGY
D. Win All strategy
E. Lose all strategy

36. Proses tawar-menawar dengan jalaan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak ( kelompok / organisasi / dan pihak kelompok atau organisasi ) yang lain disebut…

A. debat ​
B. Tanya jawab ​​
C. bercakap-cakap​
D. diskusi​  
E. negosiasi

37. Pilihlah struktur teks negosiasi, berikut

A. Orientasi^permintaan^pemenuhan^penawaran^persetujuan^pembelian^penutup
B. Orientasi & Penutup
C. Orientasi^isi^penutup
D. Orientasi^permintaan^penawaran^penutup
E. Pembukaan^isi^pemulihan^penutup

38. Melakukan Negosiasi bisa dilakukan di, kecuali…

A. dalam masyarakat
B. di pasar
C. di dalam kamar
D. di rumah
E. di toko

39. Dalam menyelesaikan teks negosiasi haruslah ?

A. tidak merugikan salah satu pihak
B. merugikan salah satu pihak
C. melibatkan banyak orang
D. sesuai aturan norma
E. menguntungkan kedua belah pihak

40. mengurangi perbedaan posisi setiap pihak, merupakan ?

A. tujuan teks negosiasi
B. tujuan teks anekdot
C. tujuan teks prosedur kompleks
D. tujuan teks prosedur standar
E. tujuan teks jual-beli

41. mengapa negosiasi itu dilakukan ?

A. karena memiliki kepentingan yang sama
B. karena itu penting
C. karena itu dibutuhkan
D. karena itu adalah sesuai aturan norma
E. menguntungkan satu pihak

42. kesepakatan apa yang dicapai dalam negosiasi ?

A. kesepakatan sendiri
B. kesepakatan bersama
C. kesepakatan berdua
D. kesepakatan berlima
E. kesepakatan beramai-ramai

43. bahasa yang digunakan pada teks negosiasi ?

A. persuasif
B. memaksa
C.lembut
D. baku
E. cepat

44. yang tidak termasuk isi negosiasi adalah…

A. penutup
B. penawaran
C. permintaan
D. pemenuhan
E. persetujuan

45. Bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama diantara pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan disebut ….

A.  Teks negoisasi
B.  Teks eksposisi
C.  Teks pidato
D.  Teks negosiasi
E.  Teks struktur teks

46.  Struktur teks negosiasi sederhana ..

A.  Pembukaan^isi^penutup
B.  Orientasi^permintaan^pemenuhan^penawaran^persetujuan^pembelian^penutup
C.  Pembukaan^permintaan^isi^persetujuan^penutup
D.  Orientasi^permintaan^penawaran^persetujuan^pembelian
E.  Orientasi^permintaan^penawaran^persetujuan^pembelian^penutup

47.  Bahasa yang digunakan untuk membujuk,disebut….

A.bahasa denotasi
B.bahasa konotasi
C.bahasa sehari-hari
D.bahasa persuasif 
E.bahasa Indonesia

48. Orientasi biasanya berada dibagian …

A.awal 
B.tengah
C.pinggir
D.akhir       
E.belakang

49.  Negosiasi menghasilkan , kecuali …

A.kesepakatan        
B.penyelesaian       
C.pertengkaran
D.saling menguntungkan
E.tujuan praktis

50. Dalam bernegosiasi harus dengan bahasa yang ….

A.santun
B.kasar       
C.kejam       
D.marah
E.tidak sopan


Demikian contoh soal pilihan ganda Teks Negosiasi. Semoga bermanfaat.

Semangat terus belajar supaya mendapat maksimal.


Sumber : Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas X

Tuesday, February 2, 2021

Apresiasi Seni Budaya Nusantara Bab 6

 Apresiasi Seni Budaya Nusantara 

Tujuan Pembelajaran

Setelah memelajari bab ini, peserta didik diharapkan mampu:

1. memahami konsep apresiasi seni budaya Nusantara
2. memahami langkah dan tahapan apresiasi seni bdaya Nusantara
3. menerapkan apresiasi seni budaya Nusantara
4. melaksanakan peniruan karya seni budaya Nusantara

APRESIASI


A Konsep Apresiasi Seni Budaya










Sumber : Buku Paket Seni Budaya SMK / MAK Kelas X
Penerbit Erlangga














Monday, February 1, 2021

BAB 5 Memahami Isu Terkini Lewat Editorial

Memahami Isu Terkini Lewat Editorial
Hal 84
Hal 85
Hal 86
Hal 87
hal 88
Hal 89
Sumber : Buku Paket Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas XII Revisi 2018


B. Melengkapi Informasi dalam Proposal secara Lisan Materi Bahasa Indonesia XI

 B. Melengkapi Informasi dalam Proposal secara Lisan

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

1. mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca;

2. menyajikan proposal hasil diskusi.


Kegiatan 1


Mengidentifikasi Isi Proposal dari Informasi yang Dibaca

Dari proposal-proposal yang pernah kita baca, tentu kita memperoleh banyak manfaat. Selain penambahan ilmu pengetahuan berkaitan dengan masalah yang dikemukakan dalam teks itu, kita pun menjadi tahu tentang prosedur pelaksanaan suatu kegiatan termasuk arti pentingnya kegiatan itu. Misalnya, dari proposal tentang “pelatihan membaca dan menulis” di atas kita menjadi mengetahui manfaat membaca dan menulis dan prosedur pelatihannya. Dengan demikian, kita menjadi paham tentang pentingnya kegiatan tersebut apabila diterapkan di sekolah masing-masing.

Dengan membaca proposal, kita pun didorong untuk lebih kreatif dalam mencari berbagai terobosan kegiatan yang bermanfaat, baik bagi kita sendiri maupun orang lain. Proposal-proposal yang kita baca memberikan inspirasi tentang banyaknya kegiatan yang dapat kita lakukan dan dapat pula kita kerja samakan penyelesaiannya dengan pihak lain.

Untuk sampai pada pemerolehan pengetahuan, pemahaman, dan sikap- sikap itu, kita perlu memahami maksud teks secara lebih baik. Kita harus memahami makna kata, kalimat, dan keseluruhan teksnya. Seperti yang kita maklumi bahwa di dalam proposal banyak kata teknis yang memiliki arti khusus. Dari teks proposal yang sudah dibaca, kita perlu mengetahui terlebih dahulu makna dari kata-kata tersebut.


Kegiatan 2


Menyajikan Proposal Hasil Diskusi

Kita sudah mengetahui bahwa struktur proposal terdiri atas bagian- bagian berikut.

1. Latar Belakang

2. Masalah dan Tujuan

a. Masalah

b. Tujuan

3. Ruang Lingkup Kegiatan

a. Objek

b. Jenis-jenis kegiatan

4. Kerangka Teoretis dan Hipotesis

a. Kerangka teoretis

b. Hipotesis

5. Metode

6. Pelaksana Kegiatan

a. Penanggung jawab

b. Susunan personalia

7. Fasilitas yang Tersedia

a. Sarana

b. Peralatan

8. Keuntungan dan Kerugian

a. Keuntungan-keuntungan

b. Kemungkinan kerugian

9. Lama Waktu dan Tempat Pelaksanaan

a. Waktu

b. Tempat

10. Anggaran Biaya

11. Daftar Pustaka

12. Lampiran-Lampiran


Sementara itu, kebahasaan yang menandai proposal adalah banyaknya menggunakan fitur-fitur berikut.

1. Pernyataan argumentatif

2. Pernyataan persuasif

3. Kata-kata teknis

4. Kata kerja tindakan

5. Kata pendefinisian

6. Kata perincian

7. Kata keakanan

Struktur dan kaidah itulah yang menjadi pedoman kita ketika mendiskusikan kelengkapan dan ketepatan suatu proposal. Selain itu, diskusi tentang suatu teks proposal ataupun teks-teks lainnya dapat pula berkenaan dengan kaidah-kaidah kebahasaan lainnya, seperti keefektifan kalimat, ketepatan pemilihan kata, serta kebakuan ejaan dan tanda bacanya.

Sumber :

Bahasa Indonesia/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Sunday, January 24, 2021

Menentukan Informasi yang Dibaca untuk Dikembangkan Menjadi Proposal

 

Menentukan Informasi yang Dibaca untuk Dikembangkan Menjadi Proposal


Kegiatan 1

Menemukan Informasi yang Dibaca untuk Dikembangkan Menjadi Proposal

Struktur penulisan proposal dapat bermacam-macam. Hal ini ber- gantung pada jenis kegiatan yang diusulkannya. Dalam beberapa aspek, proposal penelitian memiliki beberapa perbedaan dengan proposal kegiatan kemasyarakatan. Namun, secara umum berikut bagian-bagian yang sebaiknya ada di dalam proposal tersebut.

1. Latar Belakang

Dalam bagian ini dikemukakan tentang kejadian, keadaan, atau hal yang melakarbelakangi pentingnya dilaksanakan suatu penelitian. Apabila kegiatan yang diusulkan itu berupa kegiatan kesehatan penduduk desa, yang kita kemukakan dalam latar belakang adalah tentang berjangkitnya penyakit menular dan sebagainya.

2. Masalah dan Tujuan

Secara rinci dan spesifik kita perlu menyebutkan masalah dan tujuan-tujuan kegiatan. Rumuskanlah tujuan-tujuan itu dengan rasional dan persuasif sehingga yang membacanya tertarik pada tujuan-tujuan tersebut.

3. Ruang Lingkup Kegiatan

Kegiatan yang diusulkan harus dijelaskan batas-batasnya. Membatasi ruang lingkup persoalan kegiatan, sekurang-kurangnya memberikan dua manfaat. Dapat lebih terlihat oleh pengusul duduk persoalan dari kegiatan yang akan dilakukannya. Bagi penerima usul, suatu deskripsi yang konkret dan jelas akan lebih mudah pula dilihat kebaikan dan kelemahannya. Baik pengusul maupun perima usul, masing-masing akan menguji masalah itu dari ruang lingkup itu dengan bahan-bahan literatur yang ada.

4. Kerangka Teoretis dan Hipotesis

Dalam hal ini dikemukakan telaah terhadap teori atau hasil- hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan. Telaah itu bisa berupa perbandingan, pengontrasan, dan peletakan teori-teori itu pada masalah yang akan diteliti. Teori-teori itu merupakan dasar argumentasi bagi pengusul dalam meneliti persoalan- persoalannya sehingga diperoleh jawaban yang dapat diandalkan.

Dari teori-teori yang dikemukakan itu, penerima usul bisa memahami bobot usulan itu di samping dapat mengetahui pula penguasaan pengusul terhadap kegiatan yang diusulkannya.

5. Metode

Pada bagian ini, dikemukakan metode kegiatan yang akan dilaksanakan, termasuk teknik-teknik pengumpulan data. Dalam hubungan ini dapat disebutkan metode historis, deskriptif, ataupun eksperimental. Sementara itu, dalam hal teknik pengumpulan data dapat disebutkan teknik angket (kuesioner), wawancara, observasi, studi pustaka, atau tes. Dalam bagian ini harus juga dikemukakan rencana pengolahan data yang diperlukan.

Melalui metode-metode yang digunakan, kegiatan yang direncanakan itu dapat dinilai oleh penerima usul, yakni apakah rencana itu akan diperoleh hasil yang memuaskan atau tidak. Semakin komprehensif, metode yang diusulkan, penerima usul akan semakin yakin akan rencana kegiatan itu. Melalui gambaran metode itu, dapat dinilai pula olehnya jumlah biaya yang perlu dikeluarkan.

6. Pelaksana Kegiatan

Salah satu faktor yang turut diperhitungkan oleh penerima proposal adalah susunan personalia dari badan yang menyampaikan proposal tersebut. Sebab itu, tuliskanlah personalia yang dapat diandalkan untuk mengerjakan pekerjaan yang diusulkan itu. Bila perlu daftar personalia atau pelaksana kegiatan tersebut dilengkapi dengan pendidikan dan keahlian mereka. Apabila kegiatan itu berupa pengecatan jalan desa, tentunya yang dikemukakan adalah susunan kepanitiannya termasuk pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap kegiatan itu.

Dalam proposal penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, atau disertasi, pelaksana kegiatan tidak perlu dikemukakan karena sudah jelas, yakni mahasiswa itu sendiri.

7. Fasilitas

Untuk mengerjakan suatu pekerjaan diperlukan pula fasilitas- fasilitas tertentu. Di pihak lain, fasilitas-fasilitas yang ada itu akan lebih menekankan biaya sehingga kalkulasi biaya yang disodorkan akan menjadi lebih murah daripada kalau harus menyewa dari pihak-pihak lain.

Pengusul perlu menggambarkan bermacam-macam fasilitas yang dimilikinya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meyakinkan lagi penerima usul bahwa tawaran penulis memang benar-benar serius dan penulis sanggup mengerjakannya dengan baik.

8. Keuntungan dan Kerugian

Tentu lebih meyakinkan lagi jika dikemukakan juga keuntungan- keuntungan yang akan diperoleh dari pekerjaan itu. Hal ini bukan sesuatu yang berlebihan, tetapi untuk meyakinkan penerima usul bahwa biaya yang akan dikeluarkan tidak akan sia-sia dengan yang akan diperoleh. Keuntungan yang diperoleh dapat bersifat keuntungan yang memang langsung diharapkan, keuntungan sampingan, penghematan, dan sebagainya.

Akan lebih simpatik lagi apabila pengusul menyampaikan juga kerugian atau hambatan-hambatan yang akan dihadapi kelak. Sering kali orang takut mengemukakan keburukan atau kekurangan sesuatu yang ditawarkan, takut kalau tawaran atau usulnya tidak diterima. Dalam jangka panjang hal ini sebenarnya akan menguntungkan pihak pengusul itu sendiri. Badan yang akan memberi pekerjaan akan lebih percaya akan kejujuran pengusul yang dalam melaksanakan pekerjaan itu.

9. Lama Waktu

Dalam proposal harus dijelaskan lama waktu pekerjaan itu akan diselesaikan. Bila pekerjaan itu terdiri atas tahap-tahap pekerjaan, maka tahap-tahap itu perlu diberikan dengan perincian waktu penyelesaian masing-masing.

10. Pembiayaan

Biaya merupakan salah satu topik yang juga sangat diperhatikan penerima usul. Namun, bagi badan penerima usul yang baik reputasinya, kualitas pekerjaan merupakan hal yang lebih diutamakan. Bagaimanapun juga, perincian biaya harus benar-benar digarap dalam proposal ini sehingga dapat meyakinkan penerima usul.

Yang lebih diinginkan agar semua pos pembiayaan diberikan perincian tersendiri. Perincian itu dapat dibagi untuk upah, alat perlengkapan, belanja barang, biaya umum, dan sebagainya.


Untuk lebih jelasnya, perhatikan sistematika proposal berikut!


1. Latar Belakang

2. Masalah dan Tujuan

a. Masalah

b. Tujuan

3. Ruang Lingkup Kegiatan

a. Objek

b. Jenis-Jenis kegiatan

4. Kerangka Teoretis dan Hipotesis

a. Kerangka teoretis

b. Hipotesis

5. Metode

6. Pelaksana Kegiatan

a. Penanggung jawab

b. Susunan personalia

7. Fasilitas yang Tersedia

a. Sarana

b. Peralatan

8. Keuntungan dan Kerugian

a. Keuntungan-Keuntungan

b. Kemungkinan kerugian

9. Lama Waktu dan Tempat Pelaksanaan

a. Waktu

b. Tempat

10. Anggaran Biaya

11. Daftar Pustaka

12. Lampiran-Lampiran

Sistematika tersebut dalam beberapa hal memiliki perbedaan apabila proposal tersebut ditujukan untuk suatu penelitian. Sistematika penulisan proposal penelitian adalah sebagai berikut.

1. Latar Belakang Masalah

2. Perumusan Masalah

3. Tujuan Penelitian

4. Manfaat Penelitian

5. Landasan Teori

6. Metode Penelitian

7. Kerangka Penulisan Laporan

Sistematika proposal bersifat fleksibel, bergantung pada jenis kegiatan yang akan dilaksanakan serta lembaga yang hendak dituju. Biasanya setiap lembaga memiliki sistematika proposal yang relatif berbeda-beda. Oleh karena itu, pengusul hendaknya memperhatikan sistematika yang dikehendaki pihak penerima usul.

B. Melengkapi Informasi dalam Proposal secara Lisan

Mengidentifikasi Isi Proposal dari Informasi yang Dibaca

Dari proposal-proposal yang pernah kita baca, tentu kita memperoleh banyak manfaat. Selain penambahan ilmu pengetahuan berkaitan dengan masalah yang dikemukakan dalam teks itu, kita pun menjadi tahu tentang prosedur pelaksanaan suatu kegiatan termasuk arti pentingnya kegiatan itu. Misalnya, dari proposal tentang “pelatihan membaca dan menulis” di atas kita menjadi mengetahui manfaat membaca dan menulis dan prosedur pelatihannya. Dengan demikian, kita menjadi paham tentang pentingnya kegiatan tersebut apabila diterapkan di sekolah masing-masing.

Dengan membaca proposal, kita pun didorong untuk lebih kreatif dalam mencari berbagai terobosan kegiatan yang bermanfaat, baik bagi kita sendiri maupun orang lain. Proposal-proposal yang kita baca memberikan inspirasi tentang banyaknya kegiatan yang dapat kita lakukan dan dapat pula kita kerja samakan penyelesaiannya dengan pihak lain.

Untuk sampai pada pemerolehan pengetahuan, pemahaman, dan sikap- sikap itu, kita perlu memahami maksud teks secara lebih baik. Kita harus memahami makna kata, kalimat, dan keseluruhan teksnya. Seperti yang kita maklumi bahwa di dalam proposal banyak kata teknis yang memiliki arti khusus. Dari teks proposal yang sudah dibaca, kita perlu mengetahui terlebih dahulu makna dari kata-kata tersebut.


TUGAS :

1. Bacalah sebuah proposal penelitian ataupun proposal kegiatan-kegiatan lainnya

2. Catatlah kebermanfaatan yang kamu peroleh serta inspirasi yang dapat kamu kembangkan setelah membaca proposal tersebut.

Judul proposal : .....

Aku Menjadi Tahu tentang

....

Aku pun akan Merencakan

.......

 

 


3. Presentasikanlah laporan hasil diskusi kelompokmu itu. Mintalah kelompok lain untuk memberikan penilaian/tanggapan-tanggapannya.

Kegiatan 2

Menyajikan Proposal Hasil Diskusi

Kita sudah mengetahui bahwa struktur proposal terdiri atas bagian- bagian berikut

1.       Latar Belakang

2.       Masalah dan Tujuan

a.   Masalah

b.   Tujuan

3.       Ruang Lingkup Kegiatan

a.   Objek

b.   Jenis-jenis kegiatan

4.       Kerangka Teoretis dan Hipotesis

a.   Kerangka teoretis

b.   Hipotesis

5.       Metode

6.       Pelaksana Kegiatan

a.  Penanggung jawab

b.   Susunan personalia

7.               Fasilitas yang Tersedia

a.   Sarana

b.   Peralatan

8.       Keuntungan dan Kerugian

a.   Keuntungan-keuntungan

b.   Kemungkinan kerugian

9.       Lama Waktu dan Tempat Pelaksanaan

a.   Waktu

b.   Tempat

10.    Anggaran Biaya

11.    Daftar Pustaka

12.    Lampiran-Lampiran

Sementara itu, kebahasaan yang menandai proposal adalah banyaknya menggunakan fitur-fitur berikut.
1. Pernyataan argumentatif
2. Pernyataan persuasif
3. Kata-kata teknis
4. Kata kerja tindakan
5. Kata pendefinisian
6. Kata perincian
7. Kata keakanan

    Struktur dan kaidah itulah yang menjadi pedoman kita ketika mendiskusikan kelengkapan dan ketepatan suatu proposal. Selain itu, diskusi tentang suatu teks proposal ataupun teks-teks lainnya dapat pula berkenaan dengan kaidah-kaidah kebahasaan lainnya, seperti keefektifan kalimat, ketepatan pemilihan kata, serta kebakuan ejaan dan tanda bacanya.



Sumber :


Bahasa Indonesia/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

vi, 306 hlm. : ilus. ; 25 cm.


DAFTAR HADIR PEMBELAJARAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS X XI XII SMK

DAFTAR HADIR PEMBELAJARAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS X XI XII SMK

SMK BANDUNG BARAT 2 CIHAMPELAS

Pertemuan ke 3 Semester Genap


Assalamualaikum, selamat pagi semuanya, semoga ada dalam keadaan sehat. untuk memulai pembelajaran sebaiknya kita berdoa .

Tetap jaga kondisi, terapkan protokol kesehatan, terapkan 3 M.




Silakan untuk daftar hadir kalian klik linkhttps://forms.gle/k1Z73AtFb3huG5Jm8