Monday, February 1, 2021

B. Melengkapi Informasi dalam Proposal secara Lisan Materi Bahasa Indonesia XI

 B. Melengkapi Informasi dalam Proposal secara Lisan

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

1. mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca;

2. menyajikan proposal hasil diskusi.


Kegiatan 1


Mengidentifikasi Isi Proposal dari Informasi yang Dibaca

Dari proposal-proposal yang pernah kita baca, tentu kita memperoleh banyak manfaat. Selain penambahan ilmu pengetahuan berkaitan dengan masalah yang dikemukakan dalam teks itu, kita pun menjadi tahu tentang prosedur pelaksanaan suatu kegiatan termasuk arti pentingnya kegiatan itu. Misalnya, dari proposal tentang “pelatihan membaca dan menulis” di atas kita menjadi mengetahui manfaat membaca dan menulis dan prosedur pelatihannya. Dengan demikian, kita menjadi paham tentang pentingnya kegiatan tersebut apabila diterapkan di sekolah masing-masing.

Dengan membaca proposal, kita pun didorong untuk lebih kreatif dalam mencari berbagai terobosan kegiatan yang bermanfaat, baik bagi kita sendiri maupun orang lain. Proposal-proposal yang kita baca memberikan inspirasi tentang banyaknya kegiatan yang dapat kita lakukan dan dapat pula kita kerja samakan penyelesaiannya dengan pihak lain.

Untuk sampai pada pemerolehan pengetahuan, pemahaman, dan sikap- sikap itu, kita perlu memahami maksud teks secara lebih baik. Kita harus memahami makna kata, kalimat, dan keseluruhan teksnya. Seperti yang kita maklumi bahwa di dalam proposal banyak kata teknis yang memiliki arti khusus. Dari teks proposal yang sudah dibaca, kita perlu mengetahui terlebih dahulu makna dari kata-kata tersebut.


Kegiatan 2


Menyajikan Proposal Hasil Diskusi

Kita sudah mengetahui bahwa struktur proposal terdiri atas bagian- bagian berikut.

1. Latar Belakang

2. Masalah dan Tujuan

a. Masalah

b. Tujuan

3. Ruang Lingkup Kegiatan

a. Objek

b. Jenis-jenis kegiatan

4. Kerangka Teoretis dan Hipotesis

a. Kerangka teoretis

b. Hipotesis

5. Metode

6. Pelaksana Kegiatan

a. Penanggung jawab

b. Susunan personalia

7. Fasilitas yang Tersedia

a. Sarana

b. Peralatan

8. Keuntungan dan Kerugian

a. Keuntungan-keuntungan

b. Kemungkinan kerugian

9. Lama Waktu dan Tempat Pelaksanaan

a. Waktu

b. Tempat

10. Anggaran Biaya

11. Daftar Pustaka

12. Lampiran-Lampiran


Sementara itu, kebahasaan yang menandai proposal adalah banyaknya menggunakan fitur-fitur berikut.

1. Pernyataan argumentatif

2. Pernyataan persuasif

3. Kata-kata teknis

4. Kata kerja tindakan

5. Kata pendefinisian

6. Kata perincian

7. Kata keakanan

Struktur dan kaidah itulah yang menjadi pedoman kita ketika mendiskusikan kelengkapan dan ketepatan suatu proposal. Selain itu, diskusi tentang suatu teks proposal ataupun teks-teks lainnya dapat pula berkenaan dengan kaidah-kaidah kebahasaan lainnya, seperti keefektifan kalimat, ketepatan pemilihan kata, serta kebakuan ejaan dan tanda bacanya.

Sumber :

Bahasa Indonesia/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

No comments:

Post a Comment