PETUNJUK
PENGERJAAN :
1.
Bacalah Basmalah sebelum menjawab pertanyaan
2.
Kerjakanlah soal yang mudah terlebih dahulu
3.
Bacalah Hamdallah setelah selesai menjawab semua soal
4.
Bekerjalah dengan penuh kejujuran dan rasa tanggung jawab
I. Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat pada pilihan A, B, C, D dan E di bawah
ini!
1. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Warga dan ketua RT Desa Sukamaju mengadakan proses negosiasi terkait rencana
pembangunan jalan. Sudah sebulan lebih penduduk desa geger karena isu akan
dibangunnya jalan melintasi kompleks pekuburan. Rencana ini sebenarnya telah
lama digagas oleh kantor desa karena sangat dibutuhkan untuk mempermudah akses
ke jalan utama. Staf Desa pun telah mengukur area yang akan terkena badan
jalan. Tiba-tiba pula warga mendatangi Pak RT mengadakan pertemuan mendadak
hari Sabtu sore di rumahnya untuk membicarakan rencana pembangunan jalan
tersebut. Warga bersikeras menolak pembangunan jalan tersebut. Setelah terjadi
musyawarah antara warga dan Pak RT disepakati pembangunan jalan namun dilakukan
pengukuran ulang yang melibatkan warga.
Gagasan Pokok pada paragraf tersebut
adalah
A. Warga
dan ketua RT Desa Sukamaju mengadakan proses negosiasi terkait rencana
pembangunan jalan.
B. Sudah
sebulan lebih penduduk desa geger karena isu akan dibangunnya jalan melintasi
kompleks pekuburan.
C. Sabtu
sore di rumah Pak RT untuk membicarakan rencana pembangunan jalan tersebut.
D. Warga
bersikeras menolak pembangunan jalan tersebut
E. Rencana
ini sebenarnya telah lama digagas oleh kantor desa karena sangat dibutuhkan
untuk mempermudah akses ke jalan utama
2. Perhatikan kutipan teks negosiasi
berikut!
Pengusaha |
: |
“Langsung saja, saya keberatan atas aksi
mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan
terus-terusan mogok begini!” |
Karyawan |
: |
“Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan,
Pak!” |
Pengusaha |
: |
“Alasan apa?” |
Karyawan |
: |
“Kami meminta kenaikan upah, pak! Hari ini
harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!” |
Isi teks negosiasi tersebut adalah
A. Perwakilan
karyawan dan pengusaha
B. Keinginan
karyawan untuk kenaikan upah
C. Kemarahan
karyawan terhadap pengusaha
D. Kekesalan
karyawan terhadap kenaikan upah
E. Pengusaha
tidak mau bertemu dengan karyawan
3. Cermati negosiasi berikut dengan
saksama!
(1) |
Anak |
: |
“Ayah, setelah lulus nanti, aku mau sekolah
di SMA.” |
(2) |
Ayah |
: |
“Kenapa di SMA, Nak? Padahal, Ayah ingin kamu
sekolah di SMK.” |
(3) |
Anak |
: |
“Kok di SMK? Kenapa memangnya Ayah, jika aku
sekolah di SMK?” |
(4) |
Ayah |
: |
“Begini Nak, di SMK itu lulusannya bisa
langsung bekerja.” |
(5) |
Anak |
: |
“Oh, gitu yah, iya aku setuju.” |
(6) |
Ayah |
: |
“Baguslah kalau kamu setuju.” |
Dialog yang menyatakan tawar-menawar
ditunjukkan oleh nomor .....
A. 2,
3, 4 D. 2, 3, 5
B. 1,
2, 3, 4 E. 1, 2, 3, 5
C. 2,
3, 4, 5
4. Perhatikan teks negosiasi berikut!
1) |
Pengendara |
: |
“Ya saya bayar uang tilang di sini.” |
2) |
Polisi |
: |
“Wah, Mohon maaf Mas, sekarang ini untuk
pembayaran tilang cuma bisa lewat ATM, gampang dan lebih cepat kok mas, mas
tinggal transfer ke no. rekening ini, terus bukti transfer langsung
diserahkan ke saya, saya tugas di pos sampai jam 12 Mas. Sementara itu SIM
Masnya saya tahan dulu, ngambilnya tetap di pos jaga.” |
3) |
Pengendara |
: |
“Masak nggak bisa sih Pak, bayar langsung ke
bapak saya nggak keberatan kok.” |
4) |
Polisi |
: |
“Maaf sekali Mas, saya tidak ada hak untuk
itu.” |
5) |
Pengendara |
: |
“Ya sudah, saya pasrah aja Pak.” |
6) |
Polisi |
: |
“Ini surat tilang buat Mas, nanti setelah
transfer, silahkan ke pos jaga lagi buat ambil SIM punya masnya.” |
Kalimat yang menunjukkan persetujuan
ditunjukkan oleh nomor .....
A. 1
dan 2 D. 4 dan 5
B. 2
dan 3 E. 5 dan 6
C. 3
dan 4
5. Perhatikan teks negosiasi berikut!
1) |
Penjual |
: |
“Smartphone seri XI ini adalah smartphone ini
keluaran terbaru bulan ini, Kak.” |
2) |
Pembeli |
: |
“Waw, bagus juga ya. Berapa harganya, Kak?” |
3) |
Penjual |
: |
“Murah Kak, hanya Rp6.500.000,00 saja.” |
4) |
Pembeli |
: |
“Apakah tidak bisa kurang, Kak?” |
5) |
Penjual |
: |
“Mohon maaf tidak bisa, Kak. Ini harga yang
juga telah dipotong dengan promosi.” |
6) |
Pembeli |
: |
“Bagaimana kalau tukar tambah saja dengan
smartphone milik saya.” |
7) |
Penjual |
: |
“Boleh saja, tapi izinkan saya melihat dulu
smartphone Kakak.” |
Kalimat santun pada kutipan teks
tersebut ditandai oleh nomor .....
A. 1
dan 2 D. 2 dan 6
B. 3
dan 4 E. 4 dan 7
C. 5
dan 7
6. Perhatikan teks negosiasi berikut!
(1) |
Ketua OSIS |
: |
“Ini proposal kemah bakti, Pak.” |
(2) |
Pembina OSIS |
: |
(membaca) “Terima kasih. Mengenai peserta,
yaitu kelas X, Saya setuju karena, Mengenai waktu pelaksanaan dan sumber
biayanya, Saya kira perlu pertimbangan lebih lanjut.” |
(3) |
Ketua OSIS |
: |
“Sesuai proposal, biaya dari sekolah
seluruhnya sudah tepat, Pak. Bukankah ini kegiatan yang mendukung pendidikan
karakter sisiwa. Adapun waktu pelaksanaan bulan Februari juga sudah kami pertimbangkan.” |
(4) |
Pembina OSIS |
: |
“Ya, benar. Kegiatan kemah bakti akan
mendidik kalian peduli sosial.” |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian rumpang dalam kalimat dialog nomor (2) adalah .....
A. Ada
3 hal yang perlu kalian cermati, yaitu peserta, waktu, dan biaya kemah bakti.
B. Mengenai
waktu pelaksanaan kemah bakti, saya kira perlu pertimbangan lebih lanjut.
C. Mengenai
sumber biaya, saya kira perlu pertimbangan lebih lanjut sambil cari donatur.
D. Kelas
XI sudah ada kegiatan praktik dan kelas XII sudah disibukkan oleh persiapan UN.
E. Proposal
ini bagus dan lengkap sehingga kemah bakti bisa langsung kalian laksanakan.
7. Perhatikan teks negosiasi berikut!
A :
“Bagaimana dengan proses yang sudah
berjalan?”
B
: “Terkait dengan reklamasi? Pihak pengembang belum memiliki izin.”
A :
“Tidak bisa, jika izin belum ada.”
B :
“Mereka sedang mengusahakan di
pembicaraan terakhir kemarin Pak.”
A :
“Baiklah, kita tunggu dalam dua minggu,
jika izin mereka belum keluar juga, kita akan menghentikan proyek ini.”
B :
“Baik Pak, nanti kita hubungi mereka
lagi.”
Makna istilah reklamasi dalam
kutipan teks tersebut adalah .....
A. Perpindahan
penduduk ke tempat asalnya.
B. Reduksi
permukaan tanah karena fenomena alam
C. Penebangan
pohon-pohon muda untuk meningkatkan pertumbuhan pohon yang tinggal
D. Pengumpulan
atau pemusatan dalam lokasi atau kawasan tertentu
E. Pemanfaatan
daerah yang semula tidak berguna untuk memperluas tanah.
8. Perhatikan teks negosiasi acak berikut!
(1) |
Nasabah |
: |
“Selamat pagi, Bu.” |
(2) |
Pegawai Bank |
: |
“Selamat pagi Pak, silakan duduk, ada yang
bisa kami bantu?” |
(3) |
Nasabah |
: |
“Maaf, bisa saya lihat proposalnya?” |
(4) |
Pegawai Bank |
: |
“Begini Bu, saya ingin mengajukan proposal peminjaman
uang untuk usaha ternak sapi saya.” |
(5) |
Nasabah |
: |
“Sebenarnya, proposal ini sangat bagus, tidak
ada masalah. Cuma kami dari pihak bank tidak bisa memenuhi permintaan dana
sebesar 500 juta.” |
(6) |
Pegawai Bank |
: |
“Ini Bu, silakan.” |
Urutan yang tepat teks negosiasi
tersebut adalah .....
A. (1),
(2), (3), (4), (5), (6)
B. (2),
(1), (3), (5), (4), (6)
C. (2),
(1), (4), (3), (6), (5)
D. (3),
(2), (1), (4), (5), (6)
E. (4),
(5), (1), (2), (3), (6)
9. Perhatikan kutipan teks biografi berikut!
Untuk meningkatkan pengetahuannya,
pada tahun 1924, Hamka merantau ke Pulau Jawa. Mula-mula ia ke Yogyakarta,
Surabaya, lalu Pekalongan. Ia mempelajari pergerakan Islam yang pada waktu itu
sedang bergelora. Selama di Pulau Jawa, Hamka mendapat pengetahuan tentang
pergerakan Islam dari H.O.S. Cokroaminoto, H. Fachruddin, R.M. Suryopranoto,
dan St. Mansyur. Hamka hanya setahun tinggal di Pulau Jawa. Pada tahun 1925, ia
kembali ke Padang Panjang dan mulai mencoba menjadi seorang pengarang. Hasilnya
lahir setahun kemudian; sebuah novel berbahasa Minangkabau yang berjudul Si
Sabariah (1926).
Sudut pandang yang digunakan dalam
penggalan teks biografi tersebut adalah .....
A. Orang
ketiga sebagai pengamat.
B. Orang
ketiga serba tahu.
C. Orang
pertama pelaku utama.
D. Orang
pertama sebagai pengamat.
E. Orang
pertama pelaku sampingan.
10. Perhatikan kutipan teks biografi berikut!
Bill Gates seorang anak yang cerdas
dan penuh semangat. Namun, ia cenderung sering mendapatkan kesulitan di
sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk
membuat perubahan dan mengirimnya ke Lakeside School sebuah sekolah dasar yang
bergengsi khusus untuk anak laki-laki.
Cara penulis menggambarkan karakter
tokoh biografi pada kutipan teks tersebut adalah .....
A. Cara
tidak langsung.
B. Cara
langsung.
C. Cara
deskripsi melalui tindakan tokoh.
D. Cara
dialog antartokoh.
E. Cara
deskripsi melalui penuturan tokoh lain.
11. Bacalah teks biografi berikut!
Riana Helmi dalam usianya yang belum
genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di
Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam
waktu 3 tahun 6 bulan dengan IPK sangat memuaskan yaitu 3,67 dan dengan waktu
kuliah tercepat dibandingkan mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu
ia tetap gadis yang rendah hati,ramah,dan tidak sombong dengan prestasi yang
diraihnya.
Hal yang menarik dari biografi Riana
Helmi adalah .....
A. Menjadi
mahasiswa kedokteran di UGM.
B. Lulus
dokter sebelum usia 18 tahun.
C. Remaja
Banda Aceh kuliah di kedokteran.
D. Remaja
kelahiran Banda Aceh diwisuda.
E. Remaja
lulusan kedokteran.
12. Bacalah biografi tokoh berikut!
Sebagai seorang ilmuwan, Yus Rusyana
selain banyak melakukan penelitian dan menulis buku. Ia juga menulis banyak
karya sastra. Sebagai seorang sastrawan, Yus Rusyana pernah mendapatkan hadiah
sastra Rancage pertama (1989) untuk karyanya yang berjudul Jajaten Ninggang
Papasten.
Keteladanan yang dapat dipetik dari
cuplikan biografi tersebut adalah .....
A. Produktivitas
D. Kesederhana
B. Kepintaran
E. Kerja sama
C. Kejujuran
13. Bacalah kalimat acak biografi berikut!
1)
Pramudia Ananta Toer menjadi
penulis produktif di masa kemerdekaan.
2)
Belasan buku karya Pram telah
diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa dunia, termasuk Jerman, Jepang, Rusia,
dan Inggris.
3)
Sementara Los Angeles Time
menjulukinya Albert Camus Indonesia, termasuk 100 pengarang dunia yang karyanya
wajib dibaca sejajar dengan John Steinbejk dan Graham Greene.
4)
Ia menulis beberapa novel dan
cerita singkat yang mengangkat namanya, seperti Keluarga Gerilya, Subuh,
Pertjintaan Revolusi, Cerita dari Blora, dan Tjerita dari Jakarta.
5)
Pernah oleh majalah Time,
Pram dinobatkan sebagai salah satu Asian Heroes.
Susunan kalimat biografi tersebut
agar menjadi urut adalah .....
A. (1),(2),(3),(4),(5)
B. (1),(3),(2),(4),(5)
C. (1),(5),(2),(4),(3)
D. (1),(4),(2),(5),(3)
E. (1),(4),(5),(2),(3)
14. Cermati penggalan puisi berikut!
DI MEJA MAKAN
Ia makan nasi dan isi hati
Pada mulut terkunyah duka
Tatapan matanya pada lain isi meja
Lelaki muda yang dirasa
Tidak lagi dimilikinya
Ruang diributi jerit dada
Sambal tomat pada mata
.....
Tema kutipan puisi tersebut adalah
.....
A. Kesedihan
seseorang
B. Ketakutan
seseorang
C. Kepasrahan
seseorang
D. Kebingungan
seseorang
E. Kerinduan
seseorang
15. Cermati kutipan puisi berikut ini!
Ibu maafkan semua kesalahan yang
pernah kulakukan padamu Tanpamu ibu aku bukanlah siapa-siapaTanpamu ibu aku tak
bisa apa-apaTanpamu ibu ku tak tahu duniaTanpamu ibu tak kan lengkap duniaku
Amanat kutipan puisi tersebut adalah
.....
A. Tanpa
seorang ibu, kita tidak akan bermakna apa-apa.
B. Hormatilah
ibumu karena tanpanya kamu tak berarti apa-apa.
C. Seorang
ibu senantiasa memaafkan segala kesalahan anaknya.
D. Tanpa
seorang ibu, kita tidak akan lahir ke dunia ini.
E. Dunia
ini tidak akan lengkap tanda kehadiran seorang ibu.
16. Cermatilah penggalan puisi berikut !
.....
Wahai sahabat
Untuk selamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
Suasana yang tergambar pada puisi
tersebut adalah .....
A. Semangat
D. Sunyi
B. Tegang
E. Gembira
C. Sedih
17. Cermatilah kutipan puisi berikut!
Alamku ini
Awan bergerak Seiring waktuku yang
kering kerontang
Angin berdiri menepi
Sejenak beri kesejukan
Kuda berlari terkikik
Tinggal jejak kaki
Di antara rumputan misteri
Alamku ini memang begini
Dapat dipastikan perubahan yang
terhenti
Makna ungkapan kering kerontang pada
bait puisi tersebut adalah .....
A. Penyesalan
D. Penderitaan
B. Kesunyian
E. Kekecewaan
C. Keputusasaan
18. Cermatilah kutipan puisi berikut!
Betapa dinginnya air sungai
Dinginnya ! Dinginnya !
Betapa dinginnya daging duka
Yang membalut tulang - tulangku
Imaji atau citraan yang dominan pada
puisi tersebut adalah .....
A. Penglihatan
D. Penciuman
B. Perabaan
E. Gerak
C. Pendengaran
19. Cermati dua kutipan puisi berikut!
(puisi 1 )
Terima
kasih ya Allah .....
Untuk
kebaikan orang yang ada
Untuk
setiap tegur sapa mereka
Untuk
semua kata-katanya
Yang
selalu menguatkanku di kala duka
Untuk
mereka yang tak pernah rela
Membiarkanku
jatuh dan terpuruk binasa
(puisi
2)
Ya Allah
Terimalah rasa syukurku
Karena
Engkau telah menempatkan aku
Di
antara orang-orang yang baik hati
Persamaan amanat kedua kutipan puisi
tersebut adalah .....
A. Bertegursapalah
kepada orang-orang di sekitar kita.
B. Jangan
pernah berhenti untuk bersyukur atas karunia Allah.
C. Bersyukurlah
karena kita mendapat tempat yang bagus.
D. Bantulah
mereka yang selalu menolong saat kita terpuruk.
E. Bersyukurlah
atas kebaikan orang-orang di sekitar kita.
20. Cermati kutipan puisi berikut!
Sudah berlayar jauh sekali
oh jauh kemari, tanah Ambon
wahai tanah Ambon selalu saja
berdebur dalam ingatan.
Tapi malam telah kelewat dalam.
Di bawah badai salju kami berarak
menuju halte sambil berseru
Que sera-sera, apa yang bakal
terjadi biar terjadi
Kami pun paham akhirnya.
Tanah
air abadi selalu serupa mimpi.
Negeri-negeri
yang selalu serupa mimpi
Kenangan-kenagan
lama yang enggan mati.
Di dalam
kereta kami biasakan dirimen
jalani
patah hati ini.
Majas personifikasi dalam kutipan
puisi tersebut terdapat pada lirik .....
A. Sudah
berlayar jauh kemari
B. Di
dalam kereta kami biasakan diri
C. Saat
bintang bertabur dan bulan tersenyum
D. Tanah
air abadi selalu serupa mimpi
E. wahai
tanah Ambon selalu saja berdebur dalam ingatan
21. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Di sebuah pasar tradisional terdapat
banyak penjual yang menjajakan dagangannya di tepi jalan yang sangat menganggu
lalu lintas. Melihat hal itu, petugas pasar berusaha menertibkan pedagang pasar
tersebut. Penertiban itu sangat memberatkan pedagang pasar dengan dalih akan
kehilangan pelanggan. Oleh karena itu, petugas pasar ingin bernegosiasi dengan
pedagang yang menganggu lalu lintas.
Gagasan Pokok pada paragraf tersebut
adalah .....
A. Petugas
pasar berusaha menertibkan pedagang pasar.
B. Penertiban
itu sangat memberatkan pedagang pasar dengan dalih akan kehilangan pelanggan.
C. Penjual
mengganggu lalu lintas
D. Petugas
pasar ingin bernegosiasi dengan pedagang yang menganggu lalu lintas.
E. Persetujuan
antara petugas pasar dan penjual terkait pemindahan tempat berjualan.
22. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Wali Kelas |
: |
“Dinda, bagaimana rencana studi wisata ke
Bali, apakah semua temanmu setuju?” |
Dinda |
: |
“Saya sudah berbicara dengan teman-teman Pak,
cuma ada usulan studi wisatanya ke Bandung saja Pak.” |
Wali Kelas |
: |
“Wah, kenapa bisa begitu?” |
Dinda |
: |
“Kalau Bali sekolah kita sudah sangat sering berkunjung
ke sana bu. Sedangkan, Bandung belum pernah.” |
Wali Kelas |
: |
“Tapi Dinda, Bapak sudah membicarakan rencana
ini ke Kepala Sekolah dan beliau sudah menyetujuinya.” |
Dinda |
: |
“Iya Pak. tapi sepertinya banyak teman-teman
yang tidak ikut jika studi wisata itu dilaksanakan ke Bali.” |
Wali Kelas |
: |
“Baiklah, biar nanti Bapak menemui Kepala
Sekolah lagi.” |
Dinda |
: |
“Ya Pak.” |
Isi teks negosiasi tersebut adalah
.....
A. Kepala
sekolah menyetujui rencana studi wisata ke Bandung.
B. Kepala
sekolah dan wali kelas menyetujui untuk studi wisata ke Bandung
C. Wali
kelas menyuruh siswa untuk berpikir ulang terkait tujuan studi wisata
D. Rencana
studi wisata terancam gagal karena belum final tujuan studi wisata.
E. Keinginan
siswa untuk studi wisata ke Bandung daripada ke Bali
23. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
1) |
Pegawai Bank |
: |
“Dalam proposal ini, Bapak mengajukan dana
sebesar 60 juta ya?” |
2) |
Pak Aris |
: |
“Iya Mbak, saya ingin mengajukan dan sebesar
60 juta.” |
3) |
Pegawai Bank |
: |
“Maaf Pak, berdasarkan peraturan yang telah
ditetapkan pihak bank, kami hanya bisa memberi pinjaman sebesar 40 juta
saja.” |
4) |
Pak Aris |
: |
“Waduh, bisa ditambahi lagi ngga Mbak? 40
juta belum cukup untuk modal saya. Bagaimana jika 50 juta?” |
5) |
Pegawai Bank |
: |
“Baiklah Pak, 50 juta adalah nominal maksimal
untuk pengajuan pinjaman usaha. Silakan tanda tangani berkas ini Pak!” |
6) |
Pak Aris |
: |
“Baik
Mbak, terima kasih.” |
Dialog yang menyatakan tawar-menawar
ditunjukkan oleh nomor .....
A. 1
dan 2 D. 4 dan 5
B. 2
dan 3 E. 5 dan 6
C. 3
dan 4
24. Perhatikan teks negosiasi berikut!
1) |
Pembeli |
: |
“Bisa tidak Pak harga jadi Rp45.000,00 saja
Pak?” |
2) |
Penjual |
: |
“Buku ini sudah langka, jadi harga segitu
terlalu murah.” |
3) |
Pembeli |
: |
“Uang saya tidak cukup, bagaimana kalau
Rp48.000,00 saja? Saya harap Bapak mau membantu. Ini untuk tugas sekolah
saya.” |
4) |
Penjual |
: |
“Itu terlalu murah, bagimana kalau
Rp55.000,00 saja? Itu sudah termasuk murah. Mungkin kalau kamu cari di toko
buku lain tidak akan ada lagi.” |
5) |
Pembeli |
: |
“Tapi uang saya hanya Rp50.000,00.” |
6) |
Penjual |
: |
“Begini saja, saya akan berikan buku ini
seharga Rp50.000,00. Bagaimana? |
7) |
Pembeli |
: |
Baiklah Pak! Saya beli bukunya.” |
Kalimat yang menunjukkan persetujuan
ditunjukkan oleh nomor .....
A. 6
dan 7 D. 3 dan 4
B. 5
dan 6 E. 2 dan 1
C. 4
dan 5
25. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Pembeli |
: |
“Silakan mampir, lihat-lihat dulu Bu,
baju-baju di toko kami.” |
Penjual |
: |
“Siang Mbak. Mohon maaf boleh saya lihat
baju-baju di toko ini?” |
Pembeli |
: |
“Boleh Bu, baju-baju di sini ada beberapa
model terkini dengan harga yang murah.” |
Penjual |
: |
“Kalau yang model ini berapa harganya?” |
Pembeli |
: |
“Yang
ini harganya Rp250.000,00. Jika Ibu beli dua, saya berikan diskon. Jadi per
bajunya Rp235.000,00.” |
Penjual |
: |
“Wah
apa tidak bisa kurang lagi, Mbak?” |
Kalimat santun pada kutipan teks
tersebut adalah .....
A. "Silakan
mampir, lihat-lihat dulu Bu, baju-baju di toko kami.”
B. “Siang
Mbak. Mohon maaf boleh saya lihat baju-baju di toko ini?”
C. "Boleh
Bu, baju-baju di sini ada beberapa model terkini dengan harga yang murah.”
D. “Kalau
yang model ini berapa harganya?”
E. “Yang
ini harganya Rp250.000,00. Jika Ibu beli dua, saya berikan diskon. Jadi per
bajunya Rp235.000,00.”
26. Indonesia dan Malaysia menggencarkan
negosiasi untuk menyelesaikan masalah-masalah perbatasan kedua negara. Menteri
Luar Negeri kedua negara sepakat bahwa masalah perbatasan harus dirampungkan.
Komitmen itu disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi usai
bertemu Menteri Luar Negeri Malaysia Syaifuddin Abdullah di Jakarta. Retno
mengatakan, sebagai negara yang bertetangga, yang berbagi perbatasan baik darat
maupun laut, maka penyelesaian tapal batas harus diselesaikan untuk menghindari
konflik.
Gagasan pokok pada paragraf diatas
adalah .....
A. Penyelesaian
tapal batas Indonesia dan Malaysia.
B. Penyelesaian
sengketa perbatasan dengan negosiasi.
C. Negosiasi
Indonesia dan Malaysia terkait perbatasan.
D. Penyelesaian
sengketa batas laut Indonesia dan Malaysia.
E. Kunjungan
kenegaraan Mentri Luar Negeri Malaysia ke Indonesia.
27. Isu/ Permasalahan: Penerapan PSBB
(Pembatasan Sosial Berskala Besar) dalam menghambat penyebaran virus Covid 19
dinilai tidak efektif. Mosi menolak : PSBB tepat dijalankan di wilayah zona
merah penyebaran covid 19.
Argumen yang logis dari kalimat isu
penolakan debat tersebut adalah .....
A. PSBB
hanya bisa dilaksanakan di kota besar.
B. PSBB
tidak dapat diterapkan dengan baik di neraga kita.
C. PSBB
menyebabkan perekonomian di wilayah tersebut lumpuh.
D. Pelaksanaan
PSBB akan menimbulkan keresahan di masyarakat.
E. PSBB
mengurangi adanya kontak antar warga sehingga risiko penularan virus Covid 19
dapat diminimalisasi.
28. Sistem full day school yang diterapkan
pemerintah dilakukan untuk kebaikan siswa. Argumen yang sesuai dengan
pernyataan tersebut adalah .....
A. Siswa
akan lebih memahami materi pelajaran dengan baik.
B. Full
day school merupakan cara pemerintah untuk menyiapkan perbekalan yang tepat
untuk anak menyambut masa depan.
C. Full
day school sangat memberatkan orang tua siswa.
D. Siswa
akan memiliki banyak waktu untuk bersama keluarganya.
E. Orang
tua tidak perlu takut karena anak-anak berada di bawah pengawasan sekolah.
29. Mosi : Saat ini semakin banyak hutan yang
menjadi lahan pembuatan mal ataupun gedung modern lainnya. Semua ini dilakukan
untuk kepentingan modernisasi negara.
Argumen yang sesuai untuk menolak
mosi tersebut adalah .....
A. Pembangunan
mal dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman.
B. Negara
Indonesia adalah negara berkembang sehingga modernisasi penting dilakukan.
C. Penebangan
hutan merupakan salah satu cara menyesuaikan perkembangan zaman.
D. Pembangunan
mal patut didukung sebagai bentuk modernisasi agar sesuai dengan perkembangan
zaman.
E. Penebangan
hutan terkesan tidak memikirkan kehidupan manusia di masa depan. Jika hutan
ditebang, ekosistem akan terganggu.
30. Perhatikan ciri ciri berikut ini !
1. membandingkan
2. menghibur
3. mencapai kesepakatan
4. mencari penyelesaian
5. mencapai keberhasilan
Yang termasuk ciri teks negoisasi
adalah .....
A. 1,
2, 3 D. 2, 3
B. 1,
2, 4 E. 3, 4, 5
C. 2,
4, 5
31. Yang tidak termasuk struktur dari teks
negoisasi adalah .....
A. orientasi
D. persetujuan
B. permintaan
E. penghiburan
C. penawaran
32. Tujuan untuk mencapai dilakukan negoisasi
adalah
A. memberi
informasi
B. kesengan
semata
C. keuntngan
sendiri
D. kepentingan
orang lian
E. kesepakatan
bersama
33. Bahasa yang digunakan untuk menyatakan
sesuatu dalam teks negoisasi adalah .....
A. imperative
D. interogatif
B. ekspresif
E. deklaratif
C. persuasif
34. Kalimat yang digunakan untuk menanyakan
sesuatu dalam teks negoisasi adalah.
A. imperative
D. interogatif
B. ekspresif
E. deklaratif
C. persuasif
35. Struktur negoisasi secara umum adalah
A. pembukaan-isi
-penutup
B. pernyataan
umum -aspek yang dilaporkan
C. tujuan
- langkah mencapai tujuan
D. tesis
- argumentasi
E. abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-kode
36. Teks negoisasi biasanya mengandung
A. lelucon
D. berita
B. konflik
E. laporan
C. candaan
37. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah
debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato, namun dalam
membuat kerangka debat harus .....
A. terlihat
D. terencana
B. terstruktur
E. teramati
C. terakomodir
38. Dalam kegiatan debat kita diberi
kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau sanggahan yang ditujukan pada
.....
A. nara
sumber D. pembicara
B. lawan
debat E. penengag
C. moderator
39. Cermatilah penggalan puisi berikut!
Aku bicarakah ia di malam sepi -
Kala salju jatuh dan burung putih – putih
Sekali – sekali ingin menyerah hati
Dalam lindungan sembahyang bersih
A. takut
D. cemburu
B. khusuk
E. kecewa
C. ghelisah
40. Cermatilah kutipan puisi berikut!
Dua puluh tiga matahari
Bangkit dari pundakmu
Tubuhmu mengucapkan bau tanah
Imaji atau citraan yang dominan
dalam puisi tersebut adalah .....
A. pendengaran
D. gerak
B. penglihatan
E. peraba
C. penciuman
No comments:
Post a Comment