Soal PAT Bahasa Indonesia XI
PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING BENAR!
1. Bacalah dengan saksama teks prosedur berikut!
1) Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri, Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.
2) Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain, Anda akan terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa minder atau sedih.
3) Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah mengenali diri sendiri.
4) Gambarkan diri Anda dalam kata-kata seperti pintar, kuat, baik, tekun, visioner, dan lain-lain.
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah....
A. 2), 3), 1), dan 4)
B. 2), 3), 4), dan 1)
C. 3), 1), 2), dan 4)
D. 3), 2), 4), dan 1)
E. 4), 1), 2), dan 3)
2. Ciri kebahasaan teks prosedur adalah banyak menggunakan kalimat imperatif. Berikut ini yang merupakan contoh kalimat imperatif adalah....
A. Para ilmuwan itu telah berhasil menunjukkan keberhasilan penelitian mereka.
B. Proses terjadinya gempa tersebut mendapat perhatian serius dari ilmuwan di daerah ini.
C. Pembuatan KTP bisa dilakukan di Kantor Catatan Sipil daerah masing-masing.
D. Kenaikan harga BBM akan memengaruhi harga sembako di pasaran.
E. Tunjukkan bahwa Anda bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat di sekolah.
3. Perhatikan kalimat berikut!
Siasati dengan mendahului pekerjaan yang menjadi prioritas hari itu.
Kata yang perlu diperbaiki agar kalimat menjadi efektif adalah....
A. siasati
B. mendahului
C. pekerjaan
D. menjadi
E. prioritas
4. Perhatikan kutipan teks eksplanasi berikut!
Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin yang terdiri atas kata bio yang berarti “hidup”, teknos yang berarti “teknologi”, dan logos yang berarti “ilmu”. Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains.
Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian....
A. Pernyataan umum
B. Urutan sebab-akibat
C. Proses kejadian
D. Interpretasi
E. Ulasan
5. Perhatikan kutipan teks eksplanasi berikut!
Gempa yang terjadi dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat. Hal ini kemudian akan memicu ketidakseimbangan pada air laut yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.
Teks tersebut termasuk jenis teks eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya fenomena....
A. sosial
B. budaya
C. alam
D. ekonomi
E. masyarakat
6. Berikut komentar yang berbentuk sanggahan adalah....
A. Bagus sekali paparan yang dikemukakan di dalam teks yang kita baca tadi. Banyak hal baru yang sebelumnya tidak saya ketahui. Saya kira, pendapat-pendapat penulis di dalam teks itu perlu ditindaklanjuti.
B. Benarkan dengan banyaknya membaca novel populer akan mengganggu minat belajar siswa? Pendapat tersebut perlu dikonfirmasi lagi kebenarannya dengan cara mencari pendapat lainnya dari sumber yang berbeda.
C. Saya kira paparan yang disampaikan dalam teks itu perlu kita pertimbangkan dengan serius.
D. Saya kira pemateri sudah jelas dalam menyampaikan proses terjadinya interaksi sosial di kota-kota besar. Dikatakan bahwa pada umumnya, interaksi di kota-kota besar jarang terjadi dikarenakan orang kota bersifat individualis. Kalaupun ada interaksi, sifatnya adalah interaksi golongan, yaitu si kaya dengan si kaya, begitu pula sebaliknya, si miskin dengan si miskin.
E. Data yang diungkapkan pemateri belum begitu jelas. Saya masih meragukan kebenaran data-data tersebut. Dikatakan bahwa proses pemahaman isi sebuah buku dapat dilakukan dengan membacanya hanya sekali. Padahal, fakta yang terjadi tidak selalu demikian. Ada beberapa orang yang harus membaca berkali-kali untuk memahami isi sebuah buku, apalagi jika yang dibacanya bukanlah hal yang dia sukai.
7. Perhatikan kutipan ceramah berikut!
Pada kesempatan yang bahagia ini, kami menyambut kedatangan kembali saudara-saudara seusai bertanding. Kami selaku pengurus wilayah dan masyarakat di sini mengucapkan selamat datang dan selamat bertemu kembali.
Sungguh, kami merasa berbahagia dan berbangga hati untuk prestasi yang telah Saudara-Saudara perlihatkan saat bertanding di Surabaya sehingga Saudara-saudara dapat menjadi juara.sudah tentu kami semua merasa bersyukur.
Kami sepenuhnya menyadari bahwa semua juga berkat rahmat Tuhan. Tentu ini pun hasil kegigihan serta semangat Saudara-Saudara lakukan dengan tekun dan rajin sebelum atau menjelang pertandingan.
Saudara-saudara yang kami hormati.
Demikianlah ungkapan kebahagian kami. Semoga Tuhan memberi pertolongan kepada kita sehingga pada masa mendatang kita masih tetap menduduki posisi teratas. Amin.
Pokok informasi yang terdapat pada paragraf kedua adalah....
A. Kami bahagia dan bangga atas prestasi Saudara-Saudara.
B. Kemenangan itu selain berkat rahmat Tuhan, juga berkat kegigihan Saudara-saudara.
C. Harapan semoga tetap bisa menduduki posisi teratas pada masa mendatang.
D. Kemenangan itu adalah perjuangan Saudara-Saudara sendiri.
E. Kemenangan itu harus kita syukuri.
8. Berikut contoh penutup ceramah yang efektif adalah....
A. Demikian yang dapat saya sampaikan. Terima kasih banyak untuk perhatiannya.
B. Saya akhiri ceramah saya kali ini, apabila ada ucapan, sikap, maupun perbuatan saya yang kurang berkenan di hati Saudara, saya memohon maaf sebesar-besarnya.
C. Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya.
D. Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
E. Sekian dari saya. Kurang lebihnya mohon maaf.
9. Cermati kutipan ceramah berikut!
Selama ini, nama madrasah kita harum di masyarakat. Prestasi kita selalu unggul, baik bidang intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Saya merasa bangga dengan prestasi-prestasi itu. Tapi, sekarang kalian tentu sudah tahu bahwa banyak siswa terlambat datang ke madrasah. Bahkan, jumlahnya di atas dua puluh siswa. Banyak siswa tertangkap sedang merokok di madrasah, tidak masuk tanpa izin, serta meninggalkan jam pelajaran untuk pergi ke kantin. Apakah itu wajar?
Isi kutipan ceramah tersebut adalah....
A. Keterlambatan siswa hadir di madrasah
B. Penurunan prestasi siswa di madrasah
C. Kebanggaan guru terhadap prestasi siswa
D. Penghargaan terhadap prestasi siswa
E. Keharuman prestasi di masyarakat
10. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Aku terus berkeliling menawarkan puding yang aku bawa. Orang yang kedua aku tawari menolak dengan alasan ia tidak suka makanan manis. Aku berpindah ke orang disebelahnya dan mulai saat itu aku sudah tidak memerhatikan baki yang aku bawa karena aku berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh rekan-rekan kerja ayahku.
Sudut pandang yang terdapat pada cerita tersebut adalah....
A. Orang kedua pelaku utama
B. Orang ketiga pelaku utama
C. Orang pertama pelaku utama
D. Orang pertama pelaku sampingan
E. Orang ketiga pelaku sampingan
11. Cermati penggalan cerpen “Robohnya Surau Kami” karya A.A Navis di bawah ini!
…
Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bus, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahkan kaki menyusuri jalan raya arah ke Barat, maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah Tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, simpang yang kelima membelok ke jalan sempit itu. Dan di ujung jalan itu nanti akan Tuan temui sebuah surau tua. Di depannya ada kolam ikan, yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.
…
Unsur intrinsik yang menonjol pada penggalan cerita tersebut adalah.…
A. Latar
B. Alur
C. Tema
D. Penokohan
E. Sudut pandang
12. Cermati pendapat berikut!
Ada beberapa diksi yang asing didengar orang Indonesia yang tinggal di daerah lain. Susunan kalimat dan partikel yang kurang pas membuat pembaca kadang-kadang harus membaca ulang satu kalimat lengkap.
Aspek resensi yang berkaitan dengan pendapat tersebut adalah....
A. Judul buku
B. Penulis buku
C. Penerbit buku
D. Isi buku
E. Kebahasaan
13. Perhatikan kutipan teks berikut!
Bukan hal baru bahwa peningkatan kualitas layanan pendidikan sekolah didiskusikan secara intensif dalam beberapa forum nasional maupun internasional. Banyak juga masyarakat individu ataupun korporasi yang turut berpartisipasi dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui program-program seperti pemberian beasiswa, penelitian, pelatihan, pengembangan tenaga pendidik, dan kependidikan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial mereka. Kualitas layanan pendidikan sangat ditentukan oleh strategi dan tindakan yang dilakukan. Sekolah yang terus belajar selalu melakukan evaluasi dan terus mengembangkan strategi dan tindakan belajar siswa.
Hal yang dibahas dalam kutipan teks tersebut adalah....
A. Diskusi dalam forum nasional dan internasional
B. Mutu pendidikan
C. Evaluasi belajar
D. Peningkatan kualitas layanan pendidikan
E. Program-program pemberian beasiswa, penelitian, pelatihan, pengembangan tenaga pendidik, dan kependidikan
14. Cermati penggalan proposal berikut ini.
Perkembangan media sosial di kalangan remaja tumbuh sangat pesat. Hampir tidak ada remaja yang tidak memiliki akun media sosial. Mereka aktif di media sosial untuk bercerita, curhat, mengungkapkan pendapat, atau hanya untuk ramai-ramai saja. Sayangnya, hanya sedikit kalangan remaja yang menggunakan media sosial untuk keperluan positif, seperti untuk pembelajaran ataupun untuk bisnis.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, tujuan proposal yang sesuai adalah ....
A. Mengadakan diskusi media sosial agar siswa mampu memanfaatkan media sosial untuk hal positif.
B. Mengadakan acara yang membahas media sosial dengan tujuan agar siswa terus aktif dan lupa aktivitas sehari-hari.
C. Memberi pengetahuan siswa tentang pentingnya media sosial untuk eksis di dunia maya.
D. Memberikan pelajaran penting bahwa pelajaran sekolah lebih baik dibandingkan menggunakan media sosial.
E. Memberikan pengetahuan untuk memiliki banyak akun media sosial.
15. Anggaran dana biasanya berisi tiga hal. Hal yang dimaksud secara berurutan adalah.…
A. pengeluaran-pemasukan-sisa dana
B. pengeluaran-sisa pengeluaran-pemasukan
C. pengeluaran-pemasukan-dana yang dibutuhkan
D. pemasukan-pengeluaran-dana yang dibutuhkan
E. dana yang dibutuhkan-pengeluaran-pemasukan
16. Sapir dan Whorf mengatakan bahwa kehidupan suatu masyarakat sebagian didirikan di atas tabiat dan sifat bahasa itu. Karena itulah, tidak ada sebuah bahasa yang benar-benar sama dengan bahasa lain. Lebih lanjut, kedua ahli bahasa ini beranggapan bahwa apa yang kita dengar, alami, dan kita perbuat sekarang berdasarkan sifat bahasa. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita mengajarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada generasi muda agar mereka mengetahui karakter dan budaya bangsa.
Cuplikan di atas termasuk ke dalam proposal bagian….
A. Dasar pemikiran
B. Tema kegiatan
C. Tujuan kegiatan
D. Latar belakang kegiatan
E. Sasaran kegiatan
17. Menjadikan ajang lomba membaca puisi sebagai wadah pengenal sastra Indonesia kepada anak.
Bagian proposal yang sesuai dengan kalimat di atas adalah….
A. Pendahuluan
B. Latar belakang
C. Tujuan kegiatan
D. Sasaran kegiatan
E. Target kegiatan
18. Cermatilah proposal berikut!
Maksud kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk:
1) Mempererat silaturahmi siswa MA;
2) Memacu kreativitas siswa dalam bidang seni;
3) Membentuk kegiatan siswa yang positif.
Proposal di atas terdapat pada bagian….
A. Latar belakang
B. Dasar pemikiran
C. Anggaran
D. Kepanitiaan
E. Tujuan
19. Untuk melaksanakan program kesiswaan, OSIS akan melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Proposal kegiatan tersebut telah disusun untuk dibahas bersama sebelum diajukan kepada pembina kesiswaan dan kepala sekolah guna mendapatkan persetujuan dan bantuan. Dalam proposal memuat hal-hal:
1) latar belakang dan dasar penelitian
2) jenis kegiatan
3) pembiayaan
4) waktu dan tempat pelaksanaan, dan
5) susunan panitia
Bagian yang belum tercantum dalam proposal tersebut adalah ....
A. nama sekolah yang akan diajak kerja sama
B. maksud dan tujuan kegiatan
C. nama siswa yang menjadi bagian lapangan
D. pembagian tugas dalam permainan outdoor
E. bentuk kegiatan yang memacu kepemimpinan
20. Perhatikan bagian proposal di bawah ini!
.... Keadaan ini tentu sangat memprihatinkan para guru dan kepala sekolah. Oleh karena itu, pertandingan futsal akan diadakan. Pertandingan tersebut diadakan untuk mengatasi permasalahan berikut.
a. Bagaimana cara membina kerukunan antarsiswa MA yang tidak berada dalam satu lokasi?
b. Bagaimana cara mencari pemain futsal yang muda dan berbakat?
Bagian proposal yang tercantum dalam proposal tersebut adalah....
A. latar belakang
B. landasan teori
C. manfaat
D. rumusan masalah
E. tujuan
21. Perhatikan petikan proposal berikut ini!
Memiliki kemampuan berbicara tidaklah mudah. Siswa seringkali dapat mengeluarkan pendapatnya dalam tulisan, tetapi kesulitan ketika menyampaikannya secara lisan. Mengingat hal tersebut, kegiatan lomba debat tingkat MA ini perlu diadakan. Siswa dapat melatih keterampilan berbicara sekaligus mengeluarkan pendapatnya .…
Bagian proposal yang sesuai penggalan di atas adalah….
A. pendahuluan
B. sasaran
C. tema
D. dasar pemikiran
E. perkiraan anggaran
22. Tema : Daur Ulang Sampah di Sekolah
Rumusah masalah : Bagaimana cara untuk menanggulangi masalah sampah di lingkungan sekolah?
Latar belakang masalah yang tepat untuk rumusan masalah di atas adalah .…
A. Sampah adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan kesehatan terganggu.
B. Masalah sampah masih menjadi masalah besar yang perlu dipecahkan.
C. Seluruh warga sekolah harus membuang sampah pada tempatnya.
D. Masalah sampah bisa diminimalisasi dengan kegiatan daur ulang sampah.
E. Masalah sampah menjadi tanggung jawab pihak sekolah.
23. Seseorang akan menulis karya tulis ilmiah tentang bisnis di kalangan remaja dengan tujuan untuk memberikan informasi penting mengenai cara untuk mencapai kesuksesan berbisnis di kalangan remaja.
Judul yang tepat untuk karya tulis ilmiah tersebut adalah .…
A. Bisnis di Kalangan Remaja
B. Pentingnya Bisnis untuk Remaja
C. Kiat Sukses Berbisnis untuk Remaja
D. Bisnis Remaja
E. Remaja Pun Bisa Berbisnis
24. Seorang siswa kelas XII akan melakukan penelitian untuk tugas akhirnya. Ia memilih topik tentang suasana baru di sekolah baru.
Objek atau sasaran pengamatan yang sesuai untuk penelitian tersebut adalah .…
A. Kelas X MA
B. Kelas XI MA
C. Kelas XII MA
D. Kelas XI SMK
E. Kelas XII SMK
25. Penulisan judul yang tepat untuk judul karya ilmiah adalah .…
A. Kedekatan Remaja Dengan Orangtua
B. Seberapa pentingnya pengaruh bimbel terhadap prestasi siswa
C. Siswa & Lingkungan sekolah
D. Pentingnya Pelatihan Wirausaha untuk Siswa
E. Sampah Organik dan Non-Organik
26. Seorang siswa harus membuat sebuah karya ilmiah dengan topik “Internet Masuk Desa”. Ia kemudian mencari informasi ke perpustakaan. Ia menemukan sebuah penelitian tentang pentingnya masyarakat “melek” internet.
Berdasarkan ilustrasi di atas, rumusan masalah yang dirumuskan oleh siswa tersebut adalah .…
A. Apa gunanya internet?
B. Pentingkah internet masuk desa?
C. Bisakah internet masuk desa?
D. Apa program internet masuk desa berasal dari pemerintah?
E. Bisakah warga berjualan di internet?
27. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
a) Semua orang tahu merokok sangat membahayakan kesehatan.
b) Di dalam rokok terdapat zat-zat yang membahayakan kesehatan seperti nikotin, tar, dan sebagainya yang membuat kecanduan.
c) Bukan hanya membahayakan kesehatan perokok sendiri tapi juga membahayakan orang yang ada di sekitarnya.
d) Karbonmonoksida yang dihembuskan perokok aktif akan tercium oleh orang di sekelilingnya.
e) Hal inilah yang membahayakan perokok pasif.
Susunan kalimat yang benar adalah .…
A. a)-b)-c)-d)-e)
B. a)-c)-b)-d)-e)
C. a)-c)-d)-b)-e)
D. a)-c)-d)-e)-c)
E. a)-d)-c)-b)-e)
28. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Buku ini menyampaikan masalah mental anak di negara yang masih sering berperang. Perang tersebut terjadi karena masalah politik dan toleransi beragama. Perang melenyapkan banyak korban dan anak-anak kehilangan orangtua. Anak-anak harus menerima kenyataan pahit ketika seharusnya ia belajar dan asyik di taman bermain. Realitas tersebut menjadi bahan penulis untuk membuat cerita dan menyampaikan pandangannya. Ada pun penulis bukan penulis biasa. Ia seorang ilmuwan, dosen, dan akitivis yang telah menulis banyak buku. Karya-karyanya sudah diterjemahkan ke dalam lima belas bahasa yang berbeda. Prestasi luar biasa karena karyanya mampu menarik dan dibaca oleh banyak orang.
Selain menjelaskan unsur isi, cuplikan resensi tersebut memaparkan ....
A. kekurangan buku
B. kelebihan buku
C. sosok penulis
D. identitas buku
E. ringkasan cerita
29. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Ketika Jenderal datang untuk menagih pajak, Imam sudah ada di barisan depan untuk mencegahnya bertindak sewenang-wenang pada warga. Jenderal merasa kesal karena banyak warga yang tidak mampu membayar pajak. Ia pun memaksa warga dengan kekerasan. Lalu, Imam menahannya. Jenderal menyuruh prajuritnya untuk melawan. Imam bertarung dengan hebat dan prajurit pun kalah. Akhirnya, Jenderal pergi dan berjanji akan membalas dendam.
Selain unsur penokohan, penggalan resensi tersebut memaparkan ....
A. tema cerita
B. gaya cerita
C. latar cerita
D. amanat cerita
E. jalan cerita
30. Perhatikanlah teks berikut ini!
Judul buku : Yang Maha Kecil
Judul asli : The God of Small Things
Pengarang : Arundhati Roy
Aspek lain yang tidak penting untuk dicantumkan sebagai identitas buku, adalah ....
A. penerjemah
B. nama penerbit
C. tahun terbit
D. jumlah halaman
E. profil pengarang
31. Penggalan kalimat resensi buku nonfiksi terdapat dalam pernyataan....
A. Secara keseluruhan, buku ini memaparkan dengan lengkap cara berbisnis bagi seorang pemula tanpa perlu menggunakan banyak modal.
B. Buku ini mengisahkan tentang seorang anak yang mencari orangtuanya. Sang anak harus merasakan perpisahan karena perang yang melanda negara mereka.
C. Gadis Pantai lahir dan tumbuh di sebuah kampung nelayan di Jawa Tengah, Kabupaten Rembang. Gadis Pantai menjadi gadis manis yang memikat hati seorang pembesar.
D. Pramoedya Ananta Toer menulis roman yang mengkritik feodalisme Jawa dan jiwa kemanusiaan yang dimiliki oleh para priyayi.
E. Buku ini dinobatkan sebagai buku fiksi terbaik di Eropa pada awal tahun ini.
32. Berikut ini paragraf dalam resensi yang menunjukkan sosok kepengarangan adalah ....
A. Cerita dalam novel ini mampu menghujam hati pembaca. Pengarang sangat cerdas dalam mengolah emosi pembaca melalui karakter tokoh yang diceritakannya. Selain itu, pembaca dapat dengan mudah memahami pesan yang hendak disampaikan oleh pengarang.
B. Tema dalam cerita ini sangatlah menarik. Jarang sekali ada orang yang mengangkat tema sosial yang sangat sensitif dalam masyarakat tetapi sayang pengarang kurang mendalam dalam membentuk karakterk tokoh ceritanya.
C. Hanya dua kata, luar biasa. Film ini sama seperti bukunya. Latar yang ada dalam buku sama persis divisualisasikan dalam film. Film ini adalah salah satu film yang berhasil mengemas karya sastra dengan sempurna.
D. Sitor Situmorang memang lebih dikenal sebagai penyair tetapi ia mendapatkan penghargaan nasional pertama justru dari kumpulan cerpennya, Pertempuran dan Salju di Paris (Pustaka Rakyat, 1956). Sitor memang penulis yang kompeten dan banyak pengamat yang menyatakan bahwa ia pantas memperoleh tempat dalam sebuah antologi cerita pendek modern Barat.
E. Hanung sudah bosan berbaring di atas tempat tidur. Ia terpaksa harus cuti bekerja dan tinggal di rumah beberapa hari. Dokter memintanya istirahat agar luka akibat kecelakaan motor kemarin dapat lekas sembuh.
33. Perhatikanlah teks berikut ini!
Identitas buku 1
Judul : Gadis Pantai
Pengarang : Pramoedya Ananta Toer
Penerbit : Lentera Dipantara, Jakarta, 2007, 272 halaman
Identitas buku 2
Judul : Gadis Pantai
Pengarang : Pramoedya Ananta Toer
Penerbit : Lentera Dipantara
Cetakan : Keempat, 2007
Tebal buku : 272 halaman
Identitas buku dalam resensi perlu diperhatikan dengan baik terutama saat hendak mengirimkannya ke surat kabar. Dengan melihat dua karakteristik identitas buku tersebut, dapat disimpulkan bahwa....
A. identitas buku yang kedua lebih tepat digunakan dalam penulisan resensi
B. identitas buku yang pertama lebih tepat digunakan dalam penulisan resensi karena lebih singkat
C. karakter penulisan unsur resensi dapat berbeda karena tidak ada pakem yang baku dan bergantung pada pihak redaksi surat kabar
D. karakteristik identitas buku, baik yang pertama maupun kedua tidak sesuai untuk penulisan resensi
E. karakteristik penulisan resensi yang benar masih dipertanyakan
34. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Gilang : Galih, lebih baik kamu yang bicara kepada Bu Ani. Aku takut.
Galih : Tapi, Lang. Aku masih ragu. Aku bahkan belum setor uang jualanku dari kemarin.
Gilang : Apa lebih baik kita tidak usah setor saja ke rumah Bu Ani? Kita cari kerja di tempat lain saja.
Galih : Jangan, Lang. Ini kan tanggung jawab, kita harus penuhi itu.
Gilang : Galih, lihat ada Bu Ani. Ayo kita lari!
Galih : Jangan, Lang. Oke, aku yang bilang ke Bu Ani semuanya.
Watak tokoh Gilang pada drama tersebut adalah ….
A. pemalas
B. pengadu
C. pendendam
D. pemarah
E. pengecut
35. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Mifka : Hai, kalian lihat di sana. Sepertinya, Ali jatuh dari sepedanya!
Dani : Oh iya, ayo kita bantu dia.
Radit : Ah, ini kan sudah hampir jam 7. Nanti kita terlambat masuk sekolah.
Dani : Tapi, Dit, Ali kan teman kita. Sebaiknya kita bantu dulu.
Mifka : Iya, Dit. Nanti kita bilang ke Bu Guru.
Radit : Ah, tidak. Kalian saja yang yang bantu, aku pergi dulu!
Tokoh antagonis di dalam cuplikan drama tersebut adalah ….
A. Mifka
B. Dani
C. Ali
D. Radit
E. Bu Guru
36. Cermati teks drama berikut!
1) Hardi : Duh, sandal kita berdua hilang, Ris!
2) Risman : Wah, tadi kita lupa titip sandal di tempat penitipan.
3) Hardi : Iya, Ris. Ah, tenang, aku pakai dulu saja sandal yang ada. Mumpung sepi, gak ada orang.
4) Risman : Hus, jangan! Gak boleh pakai barang milik orang lain tanpa sepengetahuan orang lain.
5) Hardi : Tapi, kan, ini mendesak, Ris. Aku hanya pinjam sebentar ke warung untuk membeli sandal untuk kita. Nanti juga dikembalikan.
6) Risman : Jangan, tunggu saja ada orang yang lewat atau sini, biar aku yang beli sandal ke warung tanpa harus pakai sandal.
Konflik dalam cuplikan drama tersebut ditunjukkan oleh percakapan nomor….
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 1) dan 4)
D. 3) dan 1)
E. 4) dan 5)
37. Cermati teks drama berikut!
Suatu sore, beberapa anak berkumpul di lorong rumah sakit. Mereka menunggu teman mereka, Suci, yang sedang ditangani oleh dokter akibat mengalami kecelakaan.
Yudi : ” (Tangan dikepal di dada) Mudah-mudahan Suci baik-baik saja, ya, Teman-teman. Kita doakan yang terbaik.”
Adis : “(Memegang pundak Yudi) Semoga saja, Yud. Aku gak sabar menunggu kabar terbaru dari dokter. Rasanya lama sekali.”
Yusni : ” (Dengan mata berkaca-kaca) Semoga Suci baik-baik saja. Andai saja aku tidak minta dia datang cepat-cepat, mungkin kejadian ini tidak akan terjadi.”
Abas : “(Menepuk-nepuk pundak Yusni pelan) Sudahlah, Yus. Semua sudah takdir. Kita harus tetap doakan yang terbaik untuk Suci.”
Kalimat yang menunjukkan rasa penyesalan dalam cuplikan drama tersebut diungkapkan oleh tokoh ….
A. Yudi
B. Adis
C. Yusni
D. Abas
E. Suci
38. Perhatikan penggalan drama berikut ini!
A : “Di mana Anda menyadari kalau dompet Anda sudah hilang?”
B : “Sekitar area tempat makan di dalam mal, Pak.”
A : “Apa saja isi dompetnya?”
B : “Kartu identitas, kartu ATM, dan sejumlah uang tunai.”
B : “Baik, saya proses dulu surat keterangan hilangnya.”
Latar tempat yang sesuai dengan situasi penggalan drama tersebut adalah ….
A. kantor polisi
B. gelanggang olahraga
C. toko aksesoris
D. bank
E. restoran
39. Perhatikan penggalan drama berikut ini!
Adit : Jagung yang ditanam ayahku daunnya menguning. Kenapa ya?
Romi : Bisa jadi tanamannya kekurangan unsur hara dalam tanah.
Adit : Lalu, bagaimana solusi mengatasinya?
Romi : Daun yang kuning biasanya disebabkan kekurangan unsur kalium dan kalium bisa didapatkan dari pupuk NPK.
Profesi yang tidak tepat untuk tokoh Romi dalam drama di atas adalah….
A. pedagang pupuk
B. penyuluh pertanian
C. petani
D. teknisi mesin
E. mahasiswa agronomi
40. Perhatikan penggalan drama berikut!
Gugun : Sudah hampir satu jam, lebih baik kita berangkat!
Yunus : Tunggulah beberapa menit lagi.
Helmi : Tapi kita terlalu lama menunggu. Janjinya kan jam 8, sekarang sudah jam 9.
Yunus : Tapi, kan, Yuda juga teman kita. Jangan egois dong!
Gugun : (dengan nada meninggi) Hei, siapa yang egois? Kita sudah lama menunggu di pinggir jalan dari tadi, siapa yang salah kalau ditinggalkan?
Pelajaran yang didapatkan dari drama di atas adalah ….
A. menunggu teman adalah kebaikan
B. pentingnya menghargai waktu
C. jangan egois kepada teman
D. saling menghargai pendapat
E. membela teman adalah keharusan
Kunci Jawaban
1 |
D |
11 |
A |
21 |
D |
31 |
A |
|
2 |
E |
12 |
E |
22 |
B |
32 |
D |
|
3 |
B |
13 |
D |
23 |
C |
33 |
C |
|
4 |
A |
14 |
A |
24 |
A |
34 |
E |
|
5 |
C |
15 |
D |
25 |
D |
35 |
D |
|
6 |
E |
16 |
D |
26 |
B |
36 |
E |
|
7 |
B |
17 |
C |
27 |
B |
37 |
C |
|
8 |
A |
18 |
E |
28 |
C |
38 |
A |
|
9 |
B |
19 |
B |
29 |
E |
39 |
D |
|
10 |
C |
20 |
D |
30 |
A |
40 |
B |
|
No comments:
Post a Comment