SOAL PAT BAHASA INDONESIA KELAS X
A. Teks
laporan observasi
B. Teks anekdot
C. Teks
diskusi
D. Teks negosiasi
E. Teks debat
2. Perhatikan struktur teks berikut!
1) orientasi 5) pemenuhan
2) persetujuan 6) pembelian
3) penawaran 7) permintaan
4) penutup
Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah....
A. 1 – 7 – 6
– 5
– 4 – 3 – 2
B. 1 – 3 – 2
– 5
– 6 – 7 – 4
C. 1 – 7 – 5
– 3
– 2 – 6 – 4
D. 1 – 7 – 3
– 5
– 2 – 6 – 4
E. 1 – 7 – 5
– 3
– 6 – 2 – 4
Perhatikan kutipan dialog
berikut untuk soal 3 – 5 !
3. Bagian (1), (2), (3), dan (4) pada teks menunjukkan
struktur negosiasi yaitu....
A. Orientasi, penawaran, pemenuhan
B. Orientasi, permintaan, penawaran
C. Orientasi, permintaan, pemenuhan
D. Orientasi, penawaran, persetujuan
E. Orientasi, penawaran, pemenuhan
4. Bagian inti dari teks negosiasi (tawar-menawar) dalam dialog
tersebut adalah....
A. (5) dan (6)
B. (6) dan (7)
C. (7) dan (8)
D. (8) dan (9)
E. (9) dan (10)
5. Pernyataan yang sesuai
dengan dialog di atas adalah....
A. Penawaran disetujui oleh penjual D. Kesepakatan harga Rp100.000
B. Tidak
terjadi kesepakatan
E. Penjual tidak menurunkan harga
C. Pembeli ingin mendapatkan Al-Ma’tsurat
6. Berikut merupakan ciri kebahasaan teks
negosiasi adalah....
A. Cerita kehidupan sehari-hari
D. Adanya kalimat deklaratif
B. Adanya konjungsi temporal
E. Bahasa persuasif dan santun
C. Adanya verba material
7. Cermati
penggalan teks di bawah!
Dialog di atas merupakan contoh
negosiasi bagian....
A. Orientasi
B. Permintaan
C. Pemenuhan
D. Penawaran
E. Persetujuan
8. Unsur-unsur yang harus ada dalam surat
penawaran adalah....
A. Kop
surat, logo, nomor, dan salam penutup
B. Tanggal surat, hal, lampiran, dan salam pembuka
C. Hal, salam pembuka, dan salam penutup
D. Kop
surat, salam pembuka, tubuh surat, dan salam
penutup
E. Kop
surat, hal, salam pembuka, dan tubuh surat
9.
Jika Anda melakukan negosiasi jual beli, kalimat yang tepat dan santun
untuk digunakan dalam penawaran adalah....
A. Wah, mahal, turunin lah harganya!
B. Mungkin kalau bisa, harganya diturunkan lagi Pak, boleh?
C. Apa? Mahal sekali? Anda merampok saya. Turunin
ya!
D. Toko
sebelah lebih murah. Kalau tidak diturunkan,
lebih baik saya membeli di sebelah saja.
E. Kemahalan, Pak. Turunin harganya ya? Ya! Ya!
Perhatikan kutipan teks berikut!
Sebaiknya, penggunaan internet pada anak-anak dibatasi
karena dapat merusak
pola pikir anak. Tidak hanya pola pikir anak yang rusak, masih banyak hal negatif lain yang dapat timbul apabila penggunaan
internet di kalangan anak tidak dalam
pengawasan orang tua, sehingga
anak-anak tidak
boleh dikenalkan dengan internet sebelum berumur 17 tahun.
10. Hal yang dibicarakan dalam kutipan teks di atas
adalah....
A. Pengenalan internet pada anak
B. Dampak
negatif dari internet
C. Umur
yang diperbolehkan dalam menggunakan
internet
D. Aturan penggunaan internet pada anak
E. Pembatasan penggunaan internet pada anak
Bacalah teks berikut!
Pendidikan
merupakan hal yang penting dalam memajukan
negara ini. Tanpa adanya pendidikan, negara ini tidak akan
maju dan tidak akan berkembang seperti negara maju lainnya.
Berbagai cara sudah ditempuh pemerintah untuk
meningkatkan
pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah
Program Indonesia Mengajar.
11. Berikut mosi yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah....
A. Pemerintah akan mengembalikan pendidikan di Indonesia
B. Pendidikan sangat penting bagi bangsa Indonesia
C. Pentingnya pendidikan di Indonesia
D. Kegagalan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan
E. Kurangnya pemahaman
masyarakat tentang
pendidikan
12. Salah satu cara menyusun
pendapat
yang
disertai argumen adalah....
A. Mencari informasi yang berkaitan dengan isu atau permasalahan tersebut
B. Menggali informasi berdasarkan satu sumber saja
C. Menentukan mosi secara kuat
D. Merumuskan esensi debat
E. Menindaklanjuti informasi
yang berkaitan dengan isu
13. Cermati penggalan teks di bawah!
Pernyataan
ini merupakan sanggahan dari tim....
A. Afirmasi
B. Oposisi
C. Netral
D. Pendukung
E. Moderator
14. Sebuah teks yang menyajikan riwayat hidup
seorang tokoh disebut....
A. Biografi
B. Autobiografi
C. Riwayat hidup
D. Biodata
E. Riwayat pekerjaan
Bacalah kutipan teks berikut untuk
soal 15 – 16!
15. Tokoh yang dibahas pada teks di atas
adalah....
A.Abdul Muthalib bin Hasyim
B.Abu Thalib bin Abdul Muthalib
C.Khadijah binti Khuwailid
D.Abdullah bin Abdul Muthalib
E.Muhammad bin Abdullah
16. Keistimewaan tokoh dalam biografi
tersebut adalah....
A. Menjadi yatim sejak masih dalam kandungan ibunya
B. Yatim
piatu dalam usia yang amat muda
C. Ketika
kecil bekerja
sebagai pengembala kambing dan ikut berdagang ke negeri yang jauh
D. Ketika
berumur 40 tahun,
menerima
wahyu yang pertama
E. Berdakwah secara terbuka kepada penduduk
Makkah
Bacalah kutipan biografi berikut!
Masa kecil Habibie
dilalui
bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan.
Sifat tegas
dan selalu
memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie
sejak kanak-kanak.
Habibie yang punya kegemaran
menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas sejak masih menduduki sekolah dasar.
17. Hal yang dapat diteladani dari biografi tokoh pada kutipan di atas
adalah....
A. Masa kecil yang dilalui bersama saudara-saudara
B. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip
C. Punya kegemaran menunggang kuda
D. Terkenal karena suka membaca
E. Sikap suka berhemat
18. Kutipan di atas termasuk struktur
teks biografi....
A. Reorientasi
B. Peristiwa dan masalah
C. Orientasi
D. Koda
E. Reaksi
19. Hal yang diceritakan dalam teks biografi adalah....
A. Cita-cita seseorang
B. Keinginan seseorang
C. Jalan hidup seseorang
D. Keadaan ekonomi seseorang
E. Permasalahan politik seseorang
20. Bagian yang berisi sebuah latar belakang peristiwa yang akan
diceritakan dalam teks biografi
disebut....
A. Orientasi
B. Peristiwa
C. Reorientasi
D. Koda
E. Simpulan
Bacalah kutipan puisi berikut!
1.
21. Kata petang
pada larik ketiga puisi
tersebut
mempunyai
makna lambang....
A. Waktu
sore hari
B. Kehidupan manusia
C. Suasana senja
D. Masa tua
E. Perasaan manusia
22. Maksud
bait kedua puisi tersebut adalah....
A. Seseorang
yang lengah di
pagi hari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
B. Seseorang yang
menderita
hidupnya karena
tidak
memiliki ilmu dan harta
C. Seseorang
yang miskin harta dan miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
D. Seseorang
yang telah
menyia-nyiakan
masa mudanya dalam
menuntut ilmu sehingga hidupnya menderita di hari
tua
E. Seseorang yang melalaikan
waktu di masa muda karena dia tidak memiliki ilmu dan harta
23. Persamaan bunyi yang terdapat pada baris pertama puisi tersebut adalah....
A. Hilang dan melayang
B. Pagiku dan hilang
C. Pagiku dan melayang
D. Sudah dan melayang
E. Pagiku dan tinggi
24. Tema
dari puisi tersebut
adalah....
|
A. |
Kelalaian |
|
|
B. |
Harapan |
|||
C. |
Kemiskinan |
|||
D. |
Kepergian |
|||
|
E. |
Penyesalan |
|
|
25.
Kata yang tidak bermakna sebenarnya karena
telah mengalami penambahan-penambahan baik berdasarkan pengalaman, kesan,
dan imajinasi disebut.
A. Majas B. Diksi C. Konotasi D. Sinopsis E. Khayalan
II
1.
Cermatilah
teks negosiasi berikut!
Tuliskan struktur bagian penawaran dan persetujuan berdasarkan teks tersebut!
2.
Perhatikan cuplikan biografi berikut!
Tuliskan hal yang
dapat diteladani dari tokoh biografi di atas?
3. Bacalah puisi berikut!
Tuliskan makna pada puisi tersebut!
JAWABAN:
1 |
D |
11 |
C |
21 |
D |
2 |
D |
12 |
A |
22 |
D |
3 |
C |
13 |
B |
23 |
A |
4 |
C |
14 |
A |
24 |
E |
5 |
E |
15 |
E |
25 |
C |
6 |
E |
16 |
D |
|
|
7 |
A |
17 |
B |
|
|
8 |
D |
18 |
B |
|
|
9 |
B |
19 |
C |
|
|
10 |
E |
20 |
A |
|
|
No comments:
Post a Comment