Sunday, September 6, 2020

BUKU PAKET BAHASA INDDONESIA SMA/MA/SMK K13

BUKU BAHASA INDONESIA KELAS SMA/MA/SMK K 13

Selamat datang di blog saya. Kami akan berbagi sumber buku paket Bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat

Buku Paket Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK  Kelas XI File Pdf  bisa diunduh


Buku Paket Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK Kelas X Edisi Revisi  diunduh


Buku Paket Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK Edisi Revis K13 diunduh


Demikian yang dapat saya paparkan pada artikel sekarang ini. Selamat Belajar.



Thursday, September 3, 2020

Awal Perkembangan Bahasa Indonesia

 I.  Bahasa Melayu

Historis Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu . Perlu diingat bahwa bahasa Melayu merupakan salah satu dialek yang tersebar di Nusantara yang dipakai sejak jaman dulu, tetapi karena Melayu sudah merupakan lingua franca atau juga disebut Melayu Pasar, maka pemakaiannya lebih menonjol apabila dibandingkan dengan dialek-dialek melayu lain.
Untuk lebih mengetahui perkembangan serta asal-usul bahasa Indonesia sejak awalnya, maka kita perlu mengetahui beberapa fakta historis seperti di bawah ini, diantaranya.
a.    Bahasa Melayu Sebelum Masa Kolonial
Sesuai dengan bukti-bukti tertulis mengenai bahasa Melayu, namun dapat dipastikan bahwa bahasa Melayu sudah dipakai sejak jaman kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7.
Adapun berbagai batu tertulis (prasasti) yang ditemukan seperti berikut.
1)        Prasasti Kedukan Bukit di Palembang, tahun 683 M.
2)        Prasasti Talang Tuo di Palembang, tahun 684 M.
3)        Prasasti Kota Kapur di Bangka Barat, tahun 684 M.
4)        Prasasti Karang Brahi antara Jambi dan Sungai Musi, tahun 688 M.
Semua prasasti di atas beraksara Pallawa dan bahasanya bahasa  Melayu Kuno yang memberi petunjuk bahwa bahasa Melayu dalam bentuk bahasa Melayu Kuno sudah dipakai sebagai alat komunikasi pada zaman Sriwijaya.
Dan pada saat itu Bahasa Melayu telah berfungsi sebagai:
1)        Bahasa Kebudayaan, yaitu bahasa buku-buku yang berisi aturan-aturan hidup dan sastra.
2)        Bahasa Perhubungan (Lingua Franca) antar suku di Indonesia.
3)    Bahasa Perdagangan baik bagi suku yang ada di Indonesia maupun yang berasal dari luar Indonesia.
4)        Bahasa resmi kerajaan.

b.    Bahasa Melayu Pada Masa Kolonial
Ketika orang-orang Barat sampai ke Indonesia abad XVI mereka menemukan suatu kenyataan bahwa bahasa Melayu merupakan bahasa yang dipakai dalam kehidupan yang luas bangsa Nusantara. Hal ini dapat dibuktikan dari beberapa kenyataan, misalnya seorang Portugis bernama Pigefetta, setelah mengunjungi Tidore, menyusun semacam daftar kata bahasa Melayu pada tahun 1522. Jan Huvgenvan Linschoten, menulis buku yang berjudul “Itinerarium ofte schipvaert Naer Oost Portugels Indiens.” Dikatakan bahwa bahasa Melayu itu bukan saja sangat harum namanya, tetapi juga merupakan bahasa negeri Timur yang dihormati. Baik bangsa Portugis maupun bangsa Belanda yang datang ke Nusantara mendirikan sekolah-sekolah. Mereka terbentur dalam soal bahasa pengantar.
Kegagalan dalam mempergunakan atau menyebarkan bahasa-bahasa barat itu, memuncak dengan keluarnya keputusan pemerintah colonial, KB 1871 No. 104, yang menyatakan bahwa pengajaran di sekolah-sekolah bumi putera diberikan dalam bahasa daerah atau bahasa Melayu.
Perlu kita ketahui pula, bahwa pada waktu itu bahasa Melayu terbagi menjadi tiga golongan, yaitu:
1)        Melayu tinggi, yaitu bahasa Melayu sebagaimana dipakai dalam kitab sejarah Melayu.
2)        Melayu rendah, yaitu bahasa Melayu pasar atau pula bahasa Melayu campuran.
3)        Melayu daerah, yaitu bahasa Melayu yang dipengaruhi oleh dialek-dialek tertentu.
                                             
c.    Bahasa Melayu pada Masa Pergerakan Kemerdekaan
Tokoh pergerakan mencari bahasa yang dapat dipahami dan dapat dipakai oleh segenap lapisan suku bangsa yang ada. Pada mulanya memang sulit menentukan bahasa mana yang dapat dipakai itu.
Pemikiran terwujudnya bahasa persatuan, sebenarnya tumbuh sejak kesadaran kebangsaan, lebih memuncak lagi setelah Dewan Rakyat pada tahun 1918 berpikir tentang bahasa persatuan yang sangat diperlukan.
Dari hasil pemikiran para tokoh pergerakan dan Dewan Rakyat, akhirnya dipilih bahasa Melayu dengan pertimbangan bahwa bahasa telah dipakai hampir sebagian rakyat Indonesia pada waktu itu.
Tokoh pergerakan yang senantiasa memperkenalkan bahasa Melayu kepada seluruh rakyat dengan pertimbangan bahasa Melayu telah mempunyai ejaan resmi yang ditulis dalam Kitab Logat Melayu yang disusun oleh Ch. A. Van Ophuysen.
Sejarah telah mencatat bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah titik kulminasi bagi penentuan bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia, karena pada waktu itu pertama kali kita mengikrarkan sumpah yang berbunyi:
1)        Kami putra-putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu yaitu Tanah Air Indonesia.
2)        Kami putra-putri Indonesia mengaku berbangsa satu yaitu bangsa Indonesia.
3)        Kami putra-putri Indonesia mengaku menjunjung persatuan yaitu bahasa Indonesia.

II.  Bahasa Melayu Menjadi Bahasa Indonesia
Bahasa melayu dipakai dimana-mana diwilayah nusantara serta makin berkembang dengan dan bertambah kukuh keberadaannya. Bahasa melayu yang dipakai didaerah-daerah diwilayah nusantara dalam pertumbuhan dipengaruhi oleh corak budaya daerah. Bahasa melayu menyerap kosa kata dari berbagai bahasa, terutama dari bahasa sansekerta, bahasa Persia, bahasa Arab, dan bahasa-bahasa Eropa. Bahasa melayupun dalam perkembangannya muncul dalam berbagai variasi dan dialek.
Perkembangan bahasa melayu diwilayah nusantara mempengaruhi dan mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia. Komunikasi rasa persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia. Komunikasi antar perkumpulan yang bangkit pada masa itu menggunakan bahasa melayu menjadi bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928.
Untuk memperoleh bahasa nasionalnya, bangsa Indonesia harus berjuang dalam waktu yang cukup panjang dan penuh dengan tantangan. Perjuagan demikian harus dilakukan karena adanya kesadaran bahwa disamping fungsinya sebagai alat komunikasi tunggal, bahasa nasional sebagai salah satu cirri kultural, yang kedalam menunjukkan kesatuan dan keluar menyatakan perbedaan dengan bangsa lain.
Dengan kata lain, ada empat faktor yang menyebabkan bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia, yaitu:
1) Bahasa Melayu sudah merupakan lingua franca di Indonesia, bahasa kebudayaan, bahasa perdagangan, dan bahasa resmi kerajaan.
2)  Sistem bahasa Melayu sederhana, mudah dipelajari karena dalam bahasa Melayu tidak dikenal tingkatan bahasa (bahasa kasar dan bahasa halus).
3)  Suku Jawa, suku Sunda, dan suku-suku yang lainnya dengan sukarela menerima bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.
4)  Bahasa Melayu mempunyai kesanggupan untuk dipakai sebagai bahasa kebudayaan dalam arti yang luas.

SIMPULAN
    Demikian seputar sejarah awal perkembangan Bahasa Indonesia semoga pembaca menambah wawasan ,dan masih banyak pula penjelasan - penjelasan dari berbagai sumber lain.

1.    Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu.
2. Bahasa Indonesia secara resmi digunakan sebagai bahasa persatuan pada tanggal 28 Oktober 1928.
3. Bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia karena bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) di Nusantara dan bahasa Melayu sangat sederhana dan mudah dipelajari serta tidak memiliki tingkatan bahasa.
4.    Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.

SUMBER 

   -Junus, Umar. 1969. Sejarah dan Perkembangan Kearah Bahasa Indonesia dan Bangsa Indonesia. Jakarta: Bharata.
           -Departmen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3.
Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.
-Muhsin, Ahmadi. 1990. Sejarah dan Standarisasi Bahasa Indonesia. Bandung:  
Sinar Baru Algesindo.
- http://tokohsejarah.blogspot.co.id/2011/01/asal-usul-bahasa-indonesia.html

Monday, August 31, 2020

Rangkuman Materi Pertunjukan Musik dalam Permainan Musik Kelas X

Rangkuman Materi Seni Budaya BAB 4

 

Pertunjukan Musik dalam Permainan Musik

Pertunjukan sebuah karya seni, baik pertunjukan musik, tari, rupa, ataupun kolaborasi dari ketiga bidang seni itu, mempunyai arti penting dalam kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan karya seni dapat memberikan sebagian dari kebutuhan dasar hidup manusia.

Pertunjukan musik dapat difungsikan sebagai:

a.       media upacara,

b.       media hiburan,

c.        media komunikasi,

d.       media keagamaan,

e.       media sosial,

f.         media pendidikan,

g.       media berekspresi dan berkreasi.  

 

Dampak dari fungsi tersebut, pertunjukan seni musik dapat mengukur kompetensi dan merubah baik aspek kognisi maupun afeksi para apresiatornya. Pertunjukan sebuah karya seni, baik pertunjukan musik, tari, rupa, ataupun kolaborasi dari ketiga bidang seni itu, mempunyai arti penting dalam kehidupan manusia, karena dapat memberikan sebagian dari kebutuhan dasar hidup manusia. Pertunjukan musik dapat difungsikan sebagai media upacara, media hiburan, media komunikasi, media keagamaan, media sosial, media pendidikan, media berekspresi dan berkreasi.

 

Dampak dari fungsi tersebut, pertunjukan seni musik dapat;

·         mengukur kompetensi dan

·         merubah baik aspek kognisi maupun afeksi para apresiatornya.

Kolaborasi seni diharapkan dapat digunakan untuk menghadirkan gagasan dan ide para peserta didik dalam berkesenian, sebagai;

·         media hiburan,

·         memperindah,

·         merencanakan, dan

·         menata karya-karya seni yang fungsional dan ekspresif.

 

Kegiatan bereksperimen dan menciptakan seni berdampak pada kebahagiaan seumur hidup pada peserta didik dan dapat digunakan sebagai eksplorasi sumber bunyi yang dipandang penting karena dengan tersedianya beragam bunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi yang beragam, peserta didik dapat lebih termotivasi untuk melakukan kolaborasi seni sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan yang mereka miliki.

Eksplorasi sumber bunyi dapat dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di lingkungan sekitar dan memodifikasi alat-alat perkusif yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mengekspresikan gagasan atau ide para peserta didik di sekolah dalam bidang musik. Kolaborasi seni dalam permainan musik memperlihatkan bahwa dalam prosesnya, musik tidak dapat dilepaskan dari cabang seni lainnya, seperti seni tari dan seni rupa.

Kolaborasi musik dan gerak tubuh memperlihatkan keterkaitan yang erat di antara keduanya. Kenyataan memperlihatkan bahwa di dalam musik terdapat gerak dan di dalam gerak terdapat musik. Hal yang sama terjadi pula pada kolaborasi musik dengan seni rupa. Properti sebagai hasil dari seni rupa sangat dibutuhkan dalam permainan musik untuk memperkuat tema yang dipilih oleh peserta didik berdasarkan pengamatanyang ia lakukan dalam lingkungan sosialnya.

Properti yang digunakan seseorang juga dipandang penting untuk memperlihatkan nilai-nilai estetik masyarakatnya.

·         Kolaborasi seni dapat dipandang sebagai suatu aktivitas yang tidak hanya melatih ‘rasa’ (feeling) para peserta didik, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir secara logis pada peserta didik.

·         Kolaborasi seni dalam permainan musik juga dipandang dapat meningkatkan apresiasi para peserta didik terhadap nilai-nilai estetik dalam masyarakat lokal, seperti tampak pada pola ragam gerakan tubuh dan properti yang digunakan.

 Demikian rangkuman materi tentang Pertunjukan Musik dalam Permainan Musik semoga dapat bermanfaat.

 

 

Sumber : Buku Paket Seni Budaya Kelas X K13 Revisi 2017

 


Rangkuman Materi Teks Eksposisi Kelas X Semester 1

Rangkuman Materi Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah sebuah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat.

Tujuan

Tujuan teks eksposisi untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur penyusun teks eksposisi sebagai berikut:

1. Pernyataan Pendapat (tesis); bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) penulis.                    disebut juga bagian pembuka.

2. Argumentasi; bagian yang memuat alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam                         memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.

3. Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration); bagian yang berisi penegasan ulang pendapat penulis.

Ciri Ciri Teks Eksposisi

Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan

Gaya informasi yang mengajak

Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana

Berusaha menjelaskan tentang sesuatu

Gaya bersifat informatif

Fakta dipakai sebagai alat kontribusi

Singkat, Padat, Akurat

Berusaha menjelaskan sesuatu

Fakta juga dipakai sebagai alat konkritasi

Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku

Tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca

Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi

Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

Ciri kebahasaan yang ada pada teks ekposisi:

  • Menggunakan pronomina; jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
  • Memakai konjungsi; konjungsi dapat digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi.
  • Memakai kata leksikal tertentu (kata yang mengacu pada kamus); merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya gambar, meja, rumah, pisau.

Jenis Jenis Teks Eksposisi

  1. Teks Eksposisi Ilustrasi. Menggunakan penggambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu yang mempunyai kesamaan sifat. Menggunakan frasa penghubung.
  2. Teks Eksposisi Berita. Memberikan informasi dari suatu kejadian, sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.
  3. Teks Eksposisi Perbandingan.  Menerangkan ide atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.
  4. Teks Eksposisi Proses. Berisi mengenai panduan atau tata cara membuat sesuatu.
  5. Teks Eksposisi Definisi. Berisi tentang pengertian dari suatu obyek.
  6. Teks Eksposisi Pertentangan. Berisi pertentangan antara sesuatu obyek dengan obyek yang lain. biasa menggunakan frasa penghubung “meskipun begitu, akan tetapi, sebaliknya.”
  7. Teks Eksposisi Analisis Proses. memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, Kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.

Contoh Teks Eksposisi 

Tesis

Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siwi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.

Argumentasi:

Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan, petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid semakin akrab.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Sehingga kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

 

Demikian rangkuman materi Teks Eksposisi semoga dapat membantu.


Sumber; Buku Paket Bahasa Indonesia K 13 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan


Sunday, August 30, 2020

SOAL PILIHAN GANDA TEKS PROSEDUR KELAS XI SEMESTER 1

SOAL PILIHAN GANDA TEKS PROSEDUR

Berilah tanda X pada jawaban yang tepat!

 

SOAL PILIHAN GANDA TEKS PROSEDUR

1. Perhatikan kutipan teks prosedur kompleks berikut!

Ingin menanam pohon buah, tetapi tidak memiliki lahan Anda bisa mencoba sistem tabulapot (tanaman buah dalam pot). Tekniknya cukup sederhana dan mudah diaplikasikan. Tanaman pun lebih cepat berbuah. Pertama, siapkan media tanamanya berupa tong atau pot dan isi dengan tanah yang telat dicampur oleh kompos ….

Jika teks tersebut Anda ubah menjadi penggalan drama, maka tempat yang tepat untuk dijadikan latar adalah ….

A.      kelas

b.     kantin

c.      kebun

d.     Pasar

e.      laboratorium

Jawaban: c. kebun

Pembahasan:

Salah satu unsur intrinsik yang wajib dimasukan dalam prosa/narasi adalah latar. Latar adalah pendeskripsian keadaan tempat, waktu dan suasana. Latar tempat adalah di mana peristiwa terjadi. Jika teks prosedur tersebut bertemakan proses menanam buah dalam pot latar tempat yang paling cocok ada pada kebun.

2. Dalam mengabstraksi teks prosedur kompleks, hal yang harus tetap dipertahankan adalah ….

A. mempertahankan bahasa yang digunakan

b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan

c. mempertahankan bagian-bagian teks prosedur

d. mempertahankan judul teks

e. mempertahankan efektivitas bahasa teks

Jawaban: b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan.

Pembahasan:

Mengabstraksikan bisa dikatakan juga sebagai merangkum teks. Dalam mengabstraksikan, hal yang tetap harus diperhatikan adalah bagian-bagian dari teks itu sendiri serta kekhasannya. Dalam hal ini, hal harus diperhatikan antara lain struktur isi dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks.

 

3. Kelompok kata kerja imperatif adalah ….

A. saringan, pemanasan, berhenti

b. tambahkan, panaskan, ,masukkan

c. mencapai, berlangsung, menghilangkan

d. saringan, berlangsung, mencapai

e. pemanasan, masukkan, mencapai

Jawaban: b. tambahkan, panaskan, masukkan

Pembahasan:

Imperatif adalah kata yang memiliki makna memerintah, dalam teks tersebut dapat diketahui dengan imbuhan partikel-kan.

4. Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut!

(1) Perendaman.

(2) Pemilihan bahan.

(3) Pengupasan.

(4) Penggorengan.

(5) Perajangan/ Pemotongan.

Urutan langkah yang tepat adalah ….

A. (1), (2), (3), (5), (4)

b. (2), (1), (3), (4), (5)

c. (2), (3), (5), (1), (4)

d. (5), (1), (2), (3), (4)

e. (2), (3), (1), (4), (5)

Jawaban: c. (2), (3), (5), (1), (4)

Pembahasan:

Langkah-langkah tersebut termasuk pada teks prosedur, langkah-langkah tersebut yang benar adalah sebagai berikut.

(2) Pemilihan bahan.

(3) Pengupasan.

(5) Perajangan/ Pemotongan.

(1) Perendaman.

(4) Penggorengan.

 

5. Bacalah pernyataan berikut!

(1) Memiliki tempat persemaian

(2) Membuat bedeng persemaian

(3) Memberi atap tempat persemaian

(4) Menyemai benih

(5) Pemeliharaan benih

Bagian inti dari langkah pembibitan tanaman adalah ….

A. (1),(2),(5)

b. (1),(4),(5)

c. (2),(4),(5)

d. (2),(3),(5)

e. (2),(3),(5)

Jawaban: a. (1),(2),(5)

Pembahasan:

Langkah-langkah tersebut termasuk teks prosedur, inti dari teks prosedur adalah jawaban a.

6.  Cermatilah teks berikut.        

Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer

Teks di atas merupakan teks .... 

A. laporan 

B. eksposisi     

C. negosiasi     

D. prosedur      

E. anekdot

7. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.     

    1)  Selain itu, keyboard ini dapat juga digunakan untuk desktop PC (personal   

        computer) atau  laptop.

    2)   Dengan menggunakan teknologi sinar laser dan infra merah, keyboard ini 

        sangat berguna bagi setiap pengguna PDA.

    3)  Sekarang telah lahir Virtual Laser Keyboard, keyboard canggih yang telah 

        lama ditunggu-tunggu.   

Urutan yang tepat paragraf prosedur  di atas adalah….

A.        1 – 2 – 3

B.        2 – 1 – 3                                                          D.   3 – 1- 2

C.        3 – 2 – 1                                                          E.   2 – 3 – 1

 

8. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.          

  1. Setelah itu, diletakkan dalam sebuah wadah, diberi ragi dan terkadang diberi sedikit gula untuk mempermanis rasanya.
  2. Selain dari beras ketan, tape tebuat dari singkong yang telah dikupas kemudian  direbus. 
  3. Hal ini bertujuan agar terjadi fermentasi. 
  4. Pemberian ragi hendaknya rata. 
  5. Langkah terakhir menutup tape yang beragi dan diberi gula tadi dengan daun pisang serta penutup berupa kain hingga rapat.
  6. Setelah + 3 hari, singkong telah berubah menjadi tape yang enak rasanya dan siap disantap
  7. Selanjutnya tape diitutup selama + 3 hari dan tidak boleh dalam selang waktu tersebut, penutupnya dibuka.           

Urutan yang tepat paragraf prosedur di atas adalah….

A.   2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5 – 7                         

B.    2 – 1 -  3 – 6 – 7 - 5 – 4

C.    2 – 1 – 4 – 3 – 5 – 7 – 6

D.   2 – 1 – 4 – 5 – 3 – 7 – 6                         

E.    2 – 3 – 1 – 4 – 5 – 6 – 7 

9. Perhatikan wacana berikut dengan cermat! 

Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. 

Kalimat yang menyatakan tujuan terdapat dalam kalimat berikut ….

A. Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor.

B. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.

C. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.

D. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran.

E. Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.

10. Simaklah teks prosedur berikut dengan cermat! 

Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok ke kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.

            Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran.  Pernyataan  tersebut merupakan kalimat ….

A.      Imperatif

B.      Interogatif

C.      Deklaratif

D.      Berita

E.      Jawaban

11. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.

    Partisipan dalam kalimat tersebut adalah ….

a.      Melakukan pelanggaran

b.      Pengendara, pihak berwajib

c.      Akan menilangnya

d.      Tentu pihak berwajib

e.      Pengendara melakukan

12. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.

Verba “mengecek” dalam kalimat tersebut merupakan jenis ….

a.      Verba material

b.      Verba tingkah laku

c.      Verba objektif

d.      Verba preposisional

e.      Verba nominal

13. Perhatikan  prosedur berikut dengan cermat!

    Langkah-langkah membuat hiasan bordir pakaian.

1) Tentukan motif sebagai model

2) Tentukan bagian pakaian yang akan dibordir.

3) Buatlah gambar model pada bagian pakaian yang akan dibordir.

4) Tentukan kombinasi warna benang bordir agar terlihat lebih indah

5) Bordirlah bagian tersebut setelah pakaian jadi.

Perbaikan prosedur kerja yang tidak logis yang tepat adalah ... .

A. Jadikan pakaian terlebih dahulu agar rapi.

B. Bordirlah bagian tersebut sebelum pakaian jadi.

C. Kombinasi hiasan bordir siap dikerjakan.

D. Model ditentukan setelah membuat pola pakaian.

E. Penentuan kombinasi warna bersamaan saat membuat motif. 

14. Bacalah teks prosedur kompleks di bawah ini !

Di Indonesia masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Padahal dalam Undang Undang Lalu Lintas jika pengendara melakukan  pelanggaran, akan dikenakan  sanksi sesuai dengan kelengkapan surat yang dimiliki. Untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sangat mudah sekali, Anda dapat mengurus sendiri melalui kantor Samsat setempat.

Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi :

1. Siapkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing dua lembar.

2. Daftarkan diri Anda pada Samsat setempat.

3. Isilah formulir sesuai dengan kolom yang ditentukan.

4. Periksa kesehatan badan di tempat pemeriksaan.

5. Fotolah di tempat yang disediakan.

6. Laksanakan tes uji kendaraan.

Jika dinyatakan lulus uji kendaraan, Anda akan  memperoleh  tanda bukti untuk pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM). 

Kalimat 1, 2, dan 3 pada teks di atas merupakan struktur isi prosedur kompleks yang disebut

A.  judul                                           C.    ciri bahasa              E.    tahapan 

B.  abstrak                                        D.    daftar isi             

 

15. Jenis kalimat pada tahapan-tahapan prosedur di atas adalah kalimat ... . 

A. interogatif              

C. deskriptif

B. imperatif      

D. definitif   

E. deklaratif

 

16. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!

- Warga Negara Indonesia 

- Berusia 17 tahun 

- Membawa surat pengantar dari RT 

- Foto kopi kartu keluarga 

Bagian prosedur kompleks “Pembuatan KTP” di atas adalah .... 

A. langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemohon 

B. kegiatan yang harus dilakukan oleh pemohon 

C. syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon 

D. tujuan prosedur pembuatan KTP 

E. ciri-ciri pembuatan KTP

 

17.  Perhatikan teks prosedur berikut ini!

Cara menggunakan sabun cuci deterjen bubuk:

(1) Larutkan 1 sendok takar deterjen bubuk ke dalam 10 liter air.

(2) Rendam cucian dalam larutan deterjen selama 30 menit.

(3) Kucek cucian seperlunya dalam larutan deterjen.

(4) Bilas atau kocok cucian sampai bersih.

Maksud yang sesuai dengan petunjuk prosedur tersebut adalah ...

A. Cucian direndam lebih dahulu dengan air 10 liter, lalu dibilas sampai bersih

B. Cucian yang telah direndam 30 menit diberi deterjen 1 sendok, lalu dibilas.

C. Deterjen yang sudah dilarutkan digunakan untuk merendam cucian selama 30 menit, dikucek      seperlunya, lalu dibilas sampai bersih.

D. Cucian dikucek di tempat lain dengan air bersih, lalu dimasukkan ke dalam larutan deterjen.

E. Bilaslah cucian dengan air rendaman lalu dikucek sampai bersih.

 

18. Perhatikan prosedur pengisian tinta printer berikut!

(1) Keluarkan katrid dari printer.

(2) Suntikkan 15–20 cc tinta ke dalam katrid

(3) Buka tutup botol tinta, dan pasang jarum penyuntiknya.

(4) Bersihkan kepala cetak (print head) menggunakan kertas tisu basah. Katrid siap untuk digunakan.

(5) Gunakan alat yang tersedia untuk mengangkat sumbat lubang katrid atau besarkan ukuran  lubangnya

Urutan kalimat yang menjelaskan prosedur pengisian tinta printer adalah ….

A. (1), (5), (3), (2), (4)

B. (2), (4), (5), (3), (1)

C. (3), (2), (1), (4), (5)

D. (4), (5), (2), (1), (3)

E. (5), (1), (2), (3), (4)

19. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!

(1) Kenali si petugas 

(2) Pahami kesalahan Anda 

(3) Pastikan tudahan pelanggaran 

Kalimat prosedur kompleks di atas menggunakan kalimat … 

A. deklaratif 

B. imperative 

C. interogatif 

D. retoris 

E. pasif 

20. Bacalah paragraf di bawah ini!

Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai. 

Di atas adalah salah satu tahap pembuatan buku paspor. Dalam tahapan tersebut terdapat kegiatan yang termasuk prosedur adalah … 

A. Wawancara, membayar paspor, tanda tangan paspor

B. Bayar dan menandatangani buku paspor 

C. Wawancara, tanda tangan paspor, mencari informasi jadwal pengambilan 

D. Membayar paspor, tanda tangan paspor, minta informasi jadwal pengambilan paspor 

E. Wawancara, bayar dan tanda tangan paspor, memberi informasi jadwal pengambilan paspor

 

21. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!

1) Calon siswa mengisi formulir secara online 

2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online 

3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah 

4) Calon siswa megikuti tes 

Teks prosedur kompleks di atas adalah prosedur .... 

A. pendaftaran sekolah 

B. pendaftaran sekolah secara online 

C. pendaftaran sekolah secara manual 

D. pendaftaran anggota OSIS 

E. pendaftaran anggota Pramuka 

 

22. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!

1) Calon siswa mengisi formulir secara online 

2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online 

3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah 

4) Calon siswa megikuti tes 

Berdasarkan prosedur tersebut, pengumpulan berkas atau syarat-syarat terdapat pada tahap... 

A. mengisi formulir secara online 

B. mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online 

C. melakukan verifikasi di sekolah 

D. megikuti tes 

E. pada saaat daftar ulang

 

Bacalah paragraf berikut dengan tepat! (untuk soal 23-24)

Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! 

23. Konjungsi yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …

a. Syarat

b. Temporal

c. Tujuan

d. Sebab

e. akibat 

24. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. 

Kalimat kompleks tersebut dapat diubah menjadi kalimat sederhana. Kalimat sederhana tersebut adalah …

a. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK.

b. Kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana.

c. Pelanggaran itu mengakibatkan kematian

d. Pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK.

e. Utamakanlah SIM  sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! 

 

25. Cermati petunjuk kerja berikut!

1) Aktifkan blender hingga buah lumat dan homogen.

2) Masukkan buah dan bahan pelengkapnya ke dalam blender.

3) Siapkan bahan-bahan untuk membuat jus buah.

4) Hidangkan dengan dilengkapi garnis.

5) Tuangkan ke dalam gelas jus.

Urutan petunjuk kerja yang tepat adalah ….

A. 1-2-3-4-5

B. 5-4-3-2-1

C. 3-2-1-5-4

D. 1-3-2-4-5

E. 2-4-1-3-5

 

 Demikian contoh soal pilihan ganda Materi Teks Prosedur

Test kemapuan Latihan Soal >>>> Klik link >>> https://forms.gle/R8HFKdYRvXKf88RTA