Monday, January 22, 2024

 

SEJARAH SMP NEGERI 3 CIMAHI



SEJARAH SINGKAT 

SMP Negeri 3 Cimahi didirikan pada tahun 2007 atas dasar usulan masyarakat diwilayah Kecamatan Cimahi yang bertujuan agar wajib belajar sembilan tahun diwilayah Rayon 3 Cimahi dapat dicapai dengan mudah karena jarak yang tidak terlalu jauh. Ada beberapa faktor yang menjadi landasan masyarakat disamping faktor jarak dengan didirikannya Sekolah Menengah Pertama di lingkungannya, antara lain:

-        Mengurangi Resiko kecelakaan lalulintas, karena lokasi sekolah yang tidak perlu menggunakan kendaraan bermesin dan tidak dekat dengan jalan raya.

-        Keamanan anak didik lebih terjamin

-        Dapat mengurangi biaya transportasi anak didik

Harapan Masyarakat akan adanya sekolah yang sangat dekat dengan lingkungannya disetujui oleh pemerintah, terbukti dengan didirikannya SMP Negeri 3 Cimahi. Sehingga sekarang antusias masyarakat di Kecamatan Cimahi untuk dapat menyekolahkan anak -anaknya dengan harapan-harapan diatas dapat terwujud.

KEADAAN SISWA

Angkatan ke-1 dari SMP Negeri Cimahi yaitu pada lulusan tahun  2010 berjumlah 73 siswa dan mengalami peningkatan jumlah pada angkatan ke-2 yaitu tahun 2011 yang berjumlah 116 siswa, angkatan ke-3 Tahun 2012 berjumlah 162. Peningkatan jumlah siswa yang sangat signifikan dari tahun ke tahun membuktikan bahwa para orang tua semakin antusias untuk dapat menyekolahkan anaknya di SMP Negeri 3 Cimahi.

Pada Tahun 2023 semester genap 2023/2024 jumlah siswa  semakin meningkat siswa laki -laki 606 dan siswa Perempuan 612 total jumlah siswa 1.218

KEADAAN PERSONIL 

Pada Tahun 2012 SMP Negeri 3 Cimahi  dibawah kepemimpinan Anugrah Hernawan, S.Pd. sebagai Kepala Sekolah yaitu sebanyak 18 orang dibantu tenaga administrasi sebanyak 4 orang dan 2 orang Penjaga Sekolah.


Pada tahun 2023 SMP Negeri 3 Cimahi di bawah kepemimpinan Ibu Niken Apriani, S.Pd sekolah semakin maju  dan terus berkembang. Guru dan Tendik berjumlah 65 orang, Tenaga guru berjumlah 53 orang dan Tendik berjumlah 12.



Referensi : Sejarah SMP Negeri 3 Cimahi | fahmyourspirit (wordpress.com)

                  Data Pokok SMP NEGERI 3 CIMAHI - Pauddikdasmen (kemdikbud.go.id)

Saturday, June 10, 2023

Latihan Soal PAT Seni Budaya Kelas X

 I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada pilihan A, B, C, D dan E di bawah ini!

 

1. Kegiatan mempertunjukan karya seni terbaik seseorang pada suatu waktu dan tempat tertentu disebut .....

A. Pameran kelompok

B. Pameran tunggal

C. Pameran bersama

D. Pementasan

E. Pergelaran

2. Pameran yang biasanya berlangsung dalam waktu yang ditentukan secara tetap disebut pameran .....

A. Permanen D. Tetap

B. Insidental E. Monoton

C. Rutin

3. Apabila karya seni yang dipamerkan tidak tergantung jumlah seniman yang berpameran akan tetapi berdasarkan salah satu cabang seni rupa disebut pameran .....

A. kelompok D. homogen

B. tetap E. tunggal

C. heterogen

4. Salah satu tujuan umum pameran adalah adanya suatu kesadaran diri terhadap nilai-nilai karya seni berdasarkan pengertian tentang kedalaman suatu bentuk dan isinya disebut .....

A. prestasi D. komunikasi

B. pendidikan E. apresiasi

C. rekreasi

5. Untuk kepentingan pelestarian, pembinaan nilai-nilai dan pengembangan hasil karya seni budaya yang dimiliki oleh masyarakat, merupakan tujuan .....

A. Sosial D. Kemanusiaan

B. Komersil E. Kelompok

C. Organisasi

6. Kegiatan pameran karya seni di sekolah akan memberikan nilai-nilai ajaran terhadap masyarakat terutama apresiator adalah .....

A. Fungsi edukasi D. Fungsi prestasi

B. Fungsi apresiasi E. Fungsi organisasi

C. Fungsi rekreasi

7. Kegiatan pameran memberikan rasa senang sehingga dapat memberikan nilai psikis dan spiritual terutama hiburan adalah .....

A. Fungsi prestasi D. Fungsi edukasi

B. Fungsi organisasi E. Fungsi apresiasi

C. Fungsi rekreasi

8. Sebelum dilaksanakan pameran diperlukan kegiatan .....

A. publikasi

B. persiapan dan perencanaan

C. penataan

D. pembentukan panitia

E. evaluasi

9. Untuk menguji kembali kesiapan dari seluruh elemen pameran, sebelum acara pembukaan dimulai merupakan tujuan dari .....

A. Pengadaan kelengkapan pameran

B. Penataan ruang dan karya

C. Pemajangan karya

D. Gladi bersih

E. evaluasi

10. Pameran seni rupa yang diharapkan mendapat apresiasi dari pengunjung sehingga senimannya mampu meningkatkan kualitas berkaryanya merupakan pameran seni rupa yang bertujuan .....

A. Pertukaran kebudayaan

B. pendidikan

C. komersil

D. politis

E. sosial dan kemanusiaan


Thursday, June 8, 2023

Soal Prediksi PAT Seni Budaya Kelas X

 PETUNJUK PENGERJAAN : 

1. Bacalah Basmalah sebelum menjawab pertanyaan

2. Kerjakanlah soal yang mudah terlebih dahulu

3. Bacalah Hamdallah setelah selesai menjawab semua soal

4. Bekerjalah dengan penuh kejujuran dan rasa tanggung jawab


I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada pilihan A, B, C, D dan E di bawah ini!

 

1. Kegiatan mempertunjukan karya seni terbaik seseorang pada suatu waktu dan tempat tertentu disebut .....

A. Pameran kelompok

B. Pameran tunggal

C. Pameran bersama

D. Pementasan

E. Pergelaran

2. Pameran yang biasanya berlangsung dalam waktu yang ditentukan secara tetap disebut pameran .....

A. Permanen D. Tetap

B. Insidental E. Monoton

C. Rutin

3. Apabila karya seni yang dipamerkan tidak tergantung jumlah seniman yang berpameran akan tetapi berdasarkan salah satu cabang seni rupa disebut pameran .....

A. kelompok D. homogen

B. tetap E. tunggal

C. heterogen

4. Salah satu tujuan umum pameran adalah adanya suatu kesadaran diri terhadap nilai-nilai karya seni berdasarkan pengertian tentang kedalaman suatu bentuk dan isinya disebut .....

A. prestasi D. komunikasi

B. pendidikan E. apresiasi

C. rekreasi

5. Untuk kepentingan pelestarian, pembinaan nilai-nilai dan pengembangan hasil karya seni budaya yang dimiliki oleh masyarakat, merupakan tujuan .....

A. Sosial D. Kemanusiaan

B. Komersil E. Kelompok

C. Organisasi

6. Kegiatan pameran karya seni di sekolah akan memberikan nilai-nilai ajaran terhadap masyarakat terutama apresiator adalah .....

A. Fungsi edukasi D. Fungsi prestasi

B. Fungsi apresiasi E. Fungsi organisasi

C. Fungsi rekreasi

7. Kegiatan pameran memberikan rasa senang sehingga dapat memberikan nilai psikis dan spiritual terutama hiburan adalah .....

A. Fungsi prestasi D. Fungsi edukasi

B. Fungsi organisasi E. Fungsi apresiasi

C. Fungsi rekreasi

8. Sebelum dilaksanakan pameran diperlukan kegiatan .....

A. publikasi

B. persiapan dan perencanaan

C. penataan

D. pembentukan panitia

E. evaluasi

9. Untuk menguji kembali kesiapan dari seluruh elemen pameran, sebelum acara pembukaan dimulai merupakan tujuan dari .....

A. Pengadaan kelengkapan pameran

B. Penataan ruang dan karya

C. Pemajangan karya

D. Gladi bersih

E. evaluasi

10. Pameran seni rupa yang diharapkan mendapat apresiasi dari pengunjung sehingga senimannya mampu meningkatkan kualitas berkaryanya merupakan pameran seni rupa yang bertujuan .....

A. Pertukaran kebudayaan

B. pendidikan

C. komersil

D. politis

E. sosial dan kemanusiaan

11. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penataan karya seni pada ruang pameran, kecuali .....

A. Dalam memasang karya seni hendaknya harus berkesan saling berebut perhatian

B. Memasang karya seni hendaknya jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah

C. Setiap karya seni diberi nomor identitas sesuai pada buku katalog

D. Karya seni yang dipamerkan juga berfungsi sebagai hiasan di dalam ruangan

E. Karya seni dikumpulakan dengan jenis yang sama pada suatu ruang

12. Hasil karya seni yang termasuk ke dalam bentuk seni dua dimensi adalah .....

A. cetakan D. instalasi

B. keramik E. grafis

C. patung

13. Hasil karya seni yang termasuk ke dalam bentuk seni tiga dimensi adalah .....

A. lukisan D. patung

B. foto E. kaligrafi

C. relief

14. Urutan pertama yang perlu direncanakan dalam kegiatan pameran seni rupa adalah .....

A. membeli karya

B. menentukan tema

C. memamerkan karya

D. membuat hidangan

E. pengumpulan karya

15. Perlengkapan pameran yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan pameran yang akan dilaksanakan adalah .....

A. poster D. sound sistem

B. kalender E. folder

C. catalog

16. Acara peresmian yang menandai dimulainya kegiatan pameran adalah .....

A. Pelaksanaan pameran

B. Pembukaan pameran

C. Penataan ruang dan karya

D. Gladi bersih

E. Evaluasi

17. Pameran seni rupa yang hasil penjualan karya seninya dinikmati oleh perupa dan manajemennya merupakan pameran seni rupa yang bertujuan .....

A. Pertukaran kebudayaan

B. Pendidikan

C. Politik

D. Sosial

E. Komersil

18. Pameran seni rupa yang diharapkan mendapatkan apresiasi dari pengunjung sehingga senimannya mampu meningkatkan kualitas berkaryanya merupakan pameran seni rupa yang bertujuan .....

A. Pertukaran kebudayaan

B. Pendidikan

C. Komersil

D. Politis

E. Sosial

19. Seksi yang berkewajiban membantu ketua dalam pencarian dana atau sumbangan dari berbagai pihak, untuk menutupi biaya pameran yaitu .....

A. Seksi usaha D. Seksi perlengkapan

B. Seksi publikasi E. Seksi keamanan

C. Seksi dekorasi

20. Sebagai penanggung jawab terlaksananya kegiatan pameran di kelas atau sekolah, baik yang menyangkut urusan ke dalam maupun ke luar adalah .....

A. ketua D. wakil ketua

B. guru kesenian E. sekretaris

C. kepala sekolah

21. Rencana kegiatan pameran yang di buat secara tertulis disebut .....

A. agenda D. jadwal

B. proposal E. laporan

C. landasan

22. Perbedaan yang utama antara pameran tunggal dengan pameran kelompok dapat dilihat dari .....

A. Jumlah seniman yang berpameran

B. Bentuk karyanya

C. tempatnya

D. waktunya

E. ragam dan jenis karyanya

23. Berikut hal yang tidak perlu diperhatikan dalam menilai suatu karya seni adalah .....

A. konsep

B. kepribadian

C. kreasi

D. corak atau gaya

E. keunikan atau keindahan

24. Salah satu aspek dari apresiasi yang berkaitan dengan kegiatan memberi resensi (ulasan) suatu pameran atau karya seni adalah .....

A. kecaman D. pesan

B. tanggapan E. kritik

C. kesan

25. Fungsi kritik seni yang pertama dan utama ialah .....

A. Evaluasi dalam proses pembelajaran seni

B. Melatih peserta didik menanggapi berbagai persoalan secara kompresif

C. Mendeteksi kelemahan, mengupas kedalaman, serta memperbaiki kekurangan pada karya seninya

D. Menjembatani persepsi dan apresiasi artistik dan estetik karya seni rupa antara pencipta, karya seni dan penikmat seni

E. Membantu memahami karya, meningkatkan wawasan dan pengetahuannya terhadap karya seni yang berkualitas

26. Musik diciptakan untuk mendukung proses belajar mengajar merupakan fungsi musik sebagai .....

A. pengiring D. religi

B. pendidikan E. terapi

C. hiburan

27. Suatu kegiatan dalam rangka mempertunjukkan karya seni kepada orang lain masyarakat umum agar mendapat tanggapan dan penilaian disebut .....

A. rekaman D. tontonan

B. pameran E. hiburan

C. pagelaran

28. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertunjukan/pergelaran musik, kecuali .....

A. Perlengkapan musik

B. publikasi

C. geladi bersih

D. latihan

E. membuat notasi

29. Bagian-bagian dalam musik yang merupakan suatu kesatuan guna membuat penciptaan lagu atau komposisi karya musik adalah .....

A. Nilai-nilai musik

B. Prinsip-prinsip musik

C. Azas-azas musik

D. Manfaat musik

E. Unsur-unsur musik

30. Di bawah ini maksud dan tujuan geladi bersih adalah .....

A. promosi

B. agar penonton puas

C. publikasi

D. agar pertunjukan dan berhasil

E. keamanan

31. Orang yang bertugas mengkoordinir tugas panitia, sehingga pelaksanaan pertunjukan sukses sesuai tujuan yang diinginkan adalah .....

A. ketua D. keamanan

B. koordinator E. penanggung jawab

C. sekertaris

32. Pencipta lagu disebut .....

A. koreografer D. komponis

B. sinematografi E. sutradara

C. vokalis

33. Orang yang menggunakan musik sebagai hiburan, dengan cara mendegarkan musik atau melihat pentas musik .....

A. Pemain musik D. Komposer

B. Pencipta lagu E. Arranger

C. Penikmat musik

34. Musik yang dimainkan dengan alat musik saja, tanpa ada penyanyinya disebut .....

A. musik modern D. musik kreasi

B. instrumentalia E. musik tradisional

C. konser


35. Kelompok orang yang bertanggung jawab mengatur persiapan dan pelaksanaan pertunjukan musik adalah .....

A. Dialog D. Promotor

B. Panitia E. Agensi

C. Manager

36. Orang yang biasa menata tari adalah .....

A. motivator D. seniman

B. koreografer E. apresiator

C. kreator

37. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan pada pergelaran tari, kecuali .....

A. busana D. tata rias

B. asesoris E. saweran

C. musik iringan

38. Melatih dengan sungguh dan teratur agar setiap penari dapat melakukan .....

A. gerakan yang kompak dan harmonis

B. kegiatan yang kompak dan harmonis

C. apresiasi yang kompak dan harmonis

D. evaluasi yang kompak dan harmonis

E. analisa yang kompak dan harmonis

39. Jenis kritik Tari yang diterapkan dalam proses pembelajaran disebut .....

A. kritik jurnalistik D. kritik pedagogis

B. kritik akademis E. kritik ilmiah

C. kritik populer

40. Perlengkapan yang dipakai untuk mendukung tari disebut .....

A. aksesori D. tata panggung

B. tata busana E. properti

C. tata dekorasi


Wednesday, June 7, 2023

Soal Prediksi PAT Basa Sunda Kelas X

 

PETUNJUK PENGERJAAN :

1.      Bacalah Basmalah sebelum menjawab pertanyaan

2.      Kerjakanlah soal yang mudah terlebih dahulu

3.      Bacalah Hamdallah setelah selesai menjawab semua soal

4.      Bekerjalah dengan penuh kejujuran dan rasa tanggung jawab

 

I.         Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada pilihan A, B, C, D dan E di bawah ini!


1.        Guneman teh mangrupa salah sahiji wangun .....

            A.     asimilasi                     D.     komunikasi

            B.     birokrasi                    E.      transportasi

            C.      inpormasi

           

2.        Sakabeh jalma oge moal aya nu bisa hirup sosoranganan, geus jadi sunatullah yen manusa teh makhluk .....

            A.     sosial                           D.     homogen

            B.     normal                        E.      homosapien

            C.      penomenal

           

3.        Ucap, volume sora, jeung lentong nalika guneman kudu .....

            A.     tarik                             D.     sopan

            B.     merenah                     E.      gancang

 

            C.      leuleuy

           

4.        Tugas guru mah mulya lantaran .....

            A.     loba muridna            D.     minterkeun murid

            B.     loba duitna                E.      loba amalana

            C.      ngamalkeun elmu

           

5.        Jejer guneman kudu pantes, saluyu jeung kapentingan .....

            A.     panglipur                   D.     donatur

            B.     batur                            E.      panyatur

            C.      pangatur

           

6.        Nanya nembal, atawa ngajawab dina guneman kudu make kalimah nu jentre jeung sopan sangkan ..... tur hade katarimana ku jalma nu di ajak nyarita.

            A.     kapake                        D.     kataji

            B.     kapuji                          E.      kadenge

            C.      kaharti

           

7.        Gabungan dua konsonan ataa leuwih anu diucapkeun babarengan tur sawaktu dina hiji engang, bari teu kaselapan ku vokal ngarana .....

            A.     vokal                            D.     konsonan

            B.     benter                         E.      rajekan

            C.      kluster

           

8.        Umumna kluster dina basa sunda di wangun ku.....

            A.     dua konsonan           D.     tilu vokal

            B.     dua vokal                   E.      opat konsonan

            C.      tilu konsonan

           

9.        Conto kecap anu ngandung kluster nyaeta .....

            A.     buntu                           D.     congkrang

            B.     rampak                       E.      domba

            C.      bemper

           

10.      Conto kluster anu asalna tina basa kosta nyaeta.....

            A.     nambru                       D.     nyingsring

            B.     cengklik                      E.      tamplok

            C.      inspeksi

           

11.      Kecap anu teu ngandung kluster nyaeta .....

            A.     anjrek                          D.     demplon

            B.     bemper                       E.      engkle

            C.      kampret

           

12.      Conto kluster anu asli tina basa Sunda, nyaeta .....

            A.     transkrip                    D.     komprontasi

            B.     stimulus                     E.      transpor

            C.      crungcreng

           

13.      Hubungan timbal balik antara dua jalma atawa leuwih disebut .....

            A.     birokrasi                    D.     transportasi

            B.     asimilasi                     E.      inpormasi

            C.      komunikasi

           

14.      Sinom jeung Kinanti kaasup rumpaka .....

            A.     Lalaguan                     D.     Tembang

            B.     Kakawihan                E.      Wawacan

            C.      Pupuh

           

15.      Rumpaka kawih teh saenyana mah sarua jeung sajak pedah sok dihaleuangkeun. Ieu di handap anu henteu kaasup kana unsur-unsur lahir rumpaka kawih, nyaeta .....

            A.     tema                             D.     purwakanti

            B.     tipografi                      E.      imaji

            C.      gaya basa

           

16.      Ieu di handap kaasup unsur citraan dina rumpaka kawih, iwal citraan .....

            A.     swara (pangdenge), panempo, pangrasa

            B.     panempo, pangrasa, pangrampa

            C.      pangrasa, pangrampa, pangdenge

            D.     pangrampa, pangdenge, pangambeu

            E.      bahasa raga, pangambeu, pangrasa, pangdenge

           

17.      Aya tilu jenis tata basa, nyaeta kasar, lemes jeung .....

            A.     Loma                           D.     Sopan

            B.     Leuleus                       E.      Teu resmi

            C.      Resmi

           

18.      Kekayaan budaya daerah merupakan kekayaan bangsa.

           

            Kecap kekayaan ditarjamahkeun kana basa Sunda nyaeta .....

            A.     Kabeungharan          D.     Harta

            B.     Bogaanna                   E.      Kabogaan

            C.      Kakayaan

           

19.      Perhatikeun gambar di handap ieu!


 


           

            Gambar di luhur  aya dina dongeng

            A.     parabel                       D.     mite

            B.     pabel                            E.      sasakala

            C.      pamuk

           

20.      Unsur-unsur anu kudu aya dina laporan kagiatan teh nyaeta 5 W + 1 H.

           

            How dina basa Sunda hartina .....

            A.     Naon                            D.     Kumaha

            B.     Saha                             E.      Naha

            C.      Iraha

           

21.      Laporan kagiatan anu ditulisna make struktur anu kaku, biasana aya dina .....

            A.     makalah                      D.     siaran radio

            B.     koran                           E.      youtube

            C.      berita TV

22.      Ieu kagiatan teh dilakukeun ku sakumna siswa ti unggal kelas jeung jurusan, kalayan wawakil anu kadaptar pikeun unggal kelompok ti unggal kelas jumlahna aya 60 urang.

           

            Kalimah di luhur mangrupa conto dadaran ..... laporan kagiatan.

            A.     Bubuka                       D.     Pamilon

            B.     Waragad                     E.      Panutup

            C.      Hasil Kagiatan

           

23.      Ieu dihandap kaasup unsur citraan dina rumpaka kawih, iwal citraan .....

            A.     swara (pangdenge), panempo, pangrasa

            B.     panempo, pangrasa, pangrampa

            C.      pangrasa, pangrampa, pangdenge

            D.     pangrampa, pangdenge, pangambeu

            E.      bahasa raga, pangambeu, pangrasa, pangdenge

           

24.      Lagam basa anu digunakeun nalika biantara nyaeta

            A.     loma                             D.     lemes

            B.     hormat                        E.      halus

            C.      kasar

           

25.      Kagiatan nyarita hareupeun balarea, kalawan eusina luyu jeung tujuan nu rek ditepikeun

            A.     biantara                      D.     tarjamahan

            B.     wawaran                    E.      sisindiran

            C.      pedaran

           

26.      Lamun keur teu dipake, lampu kudu .....

            A.     Dihurungkeun          D.     Ditingalikeun

            B.     Diantepkeun             E.      Dilencangkeun

            C.      Dipareuman

           

27.      ..... teh sumber energi panas.

            A.     Panonpoe                   D.     Bumi

            B.     Bulan                           E.      Langit

            C.      Bentang

           

28.      Sangkan cai angger mayeng urang kudu miara .....

            A.     Sasatoan                     D.     Tatangkalan

            B.     Kabersihan                E.      Kaindahan

            C.      Katertiban

           

29.      Sisindiran asal kecapna tina .....

            A.     Sindir                           D.     Pasindir-sindir

            B.     Sindiran                      E.      pasindiran

            C.      Kasindiran

           

30.      Dihandap ieu anu lain kaasup wangun sisindiran nyaeta .....

            A.     Paparikan                  D.     Pupujian

            B.     Rarakitan                   E.      panghormatan

            C.      Wawangsalan

           

31.      Mawa peti dina sundung, dibawa ka Nusa Jawa.

            Pangarti teu beurat nanggung, kabisa teu beurat mawa.

           

            Sisindiran di luhur mibanda sifat .....

            A.     silih asih                     D.     silih asah

            B.     sésébréd                     E.      silih asuh

            C.      piwuruk

           

32.      Mana nu teu ka asup kana biantara resmi!

            A.     biantara rapat          D.     biantara ulang tahun

            B.     biantara upacara     E.      biantara pernikahan

            C.      biantara agustusan

           

33.      Naon ari metode impromptu teh!

            A.     biantara ku cara ngomong langsung tanpa teks

            B.     biantara ku cara nyiapkeun teks pikeuh diapalkeun

            C.      biantara ku cara nulis rangkay omongan

            D.     biantara ku cara maca naskah

            E.      biantara ku cara maca lisan

           

34.      Mana struktur biantara anu bener!

            A.     bubuka, eusi, panutup

            B.     bubuka mukadimah, panutup

            C.      bubuka, kacindekan, panutup

            D.     bubuka, salam bubuka, panutup

            E.      bubuka, penutup ,isi

           

35.      Maksud jeung tujuan biantara ilaharna aya dina....

            A.     eusi                              D.     panutup

            B.     salam bubuka           E.      salam penutup

            C.      bubuka

           

36.      Sanduk-sanduk darta kacindekan tina biantara ilaharna aya dina .....

            A.     bubuka                        D.     mukadimah

            B.     eusi                              E.      eusi dan penutup

            C.      panutup

           

37.      Salam panghormat ka hadirin ilaharna aya dina.....

            A.     bubuka                        D.     inti

            B.     eusi                              E.      bubuka dan penutup

            C.      panutup

           

38.      Dumasar kana eusina, sisindiran téh bisa dibédakeun jadi tilu rupa, nyaéta .....

            A.     paparikan, rarakitan, wawangsalan

            B.     piwuruk, sésébréd, silih asih

            C.      cangkang, eusi, wangsal

            D.     wawangsalan, tatarucingan, paparikan

            E.      tatarucingan, wawangsalan, rarakitan

           

39.      Ramo deukeut indung leungeun

            Sing tumut kana piwuruk

           

            Wangsalna nya eta .....

            A.     Jempol                         D.     Jari manis

            B.     Curuk                          E.      Cinggir

            C.      Jajangkung

           

40.      Perhatikeun sisindiran di handap ieu!

            Miara marmot di tepas

            Diparaban daun sampeu

            Ngajajap kelas dualas

            Anu lulus taun ieu

           

            Sisindiran di luhur asup kana jenis sisindiran?

            A.     Piwuruk

            B.     Paparikan

            C.      Wawangsalan

            D.     Rarakitan

            E.      wawansalan dan piwuruk



JAWABAN

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

E

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


JAWABAN

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40

A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

E